MENGENAL MOTOR 4 TAK

Mengenal Motor 4 Tak - Istilah tak yang dipakai dalam sepeda motor adalah jarak atau langkah atau gerakan piston dalam silinder, yang dimulai dari bagian paling atas rata dengan blok silinder hingga bagian paling bawah. Batas gerakan piston sebelah atas disebut dengan Titik Mati Atas atau TMA, sedangkan batas gerakan pada bagian bawah disebut Titik Mati Bawah atau TMB. Proses pembakaran gas bakar akan terjadi pada ruang bagian atas piston.

Mengenal Motor 4 Tak

Sementara itu, istilah motor 4 tak adalah jenis motor yang membutuhkan gerakan piston sebanyak empat kali dan putaran kruk as sebanyak dua kali untuk memperoleh satu kali usaha atau energi. Pada empat kali gerakan piston tersebut juga disetai dengan satu kali terbukanya klep masuk dan klep buang. Sekali gerakan piston dihitung dari gerakan piston yang dimulai dari TMA ke TMB atau sebaliknya. Sedangkan satu kali gerakan kruk as bisa dihitung dari dua kali gerakan piston bolak balik, yaitu dari TMA ke TMB dan kembali ke TMA.

Prinsip Kerja Motor 4 Tak

Secara teknis terdapat empat gerakan atau langkah piston pada motor empat tak ini. Dimana untuk setiap langkah atau gerakan piston memiliki fungsi dan peran sendiri-sendiri. Berikut ini uraian dari 4 langkah atau gerakan piston.

Langkah pertama atau langkah hisap




Prinsip kerja dari langkah pertama atau langkah hisap ini adalah penghisapan gas bakar ke dalam silinder dimana akan terjadi kondisi terbukanya katup masuk dan tertutupnya katup buang. Piston mengawali gerakan dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB), sehingga terjadi kondisi vakum atau hampa pada ruang di atas piston. Perbedaan tekanan udari dari luar dengan ruang hampa tersebut akan mengakibatkan terjadinya aliran udara yang kemudian bercampur dengan bensin di dalam karburator untuk membentuk gas. Gas tersebut akan mengalir ke dalam silinder melalui saluran masuk (intake manifold) dan katup masuk yang terbuka.

Langkah kedua atau langkah kompresi

Prinsip kerja dari langkah kedua atau langkah kompresi ini adalah pengompresan gas di dalam silinder, dimana akan terjadi kondisi tertutupnya katup masuk dan tertutupnya katup buang. Piston bergerak kembali ke atas, yaitu dari TMB ke TMA. Gerakan piston kembali ke atas tersebut mengakibatkan menyempitnya ruang hampa di atas piston, sehingga gas menjadi padat dengan tekanan dan suhunya naik. Sebelum torak mencapai TMA akan terjadi percikan bunga api listrik dari busi yang selanjutnya gas akan terbakar.

Langkah ketiga atau langkah usaha

Prinsip kerja dari langkah ketiga atau langkah usaha ini adalah proses perolehan tenaga mesin, dimana akan terjadi kondisi baik katup masuk maupun katup buang masih tertutup. Proses pembakaran gas di atas akan menyebabkan tekanan ke segala arah sehingga mendesak piston kembali bergerak dari TMA ke TMB. Terdesaknya piston ini akan menimbulkan kelangsungan kerja mesin dan terpolehan tenaga mesin. Tenaga yang dihasilkan ini merupakan proses pengubahan dari tenaga rotasi ke tenaga translasi

Langkah keempat atau langkah buang

Prinsip kerja dari langkah keempat atau langkah buang ini adalah proses pembuangan gas sisa pembakaran, dimana akan terjadi kondisi terbukanya katup buang sedangkan katup masuk masih tetap tertutup. Setelah menghasilkan energi mesin, piston akan kembali bergerak ke atas, yaitu dari TMB ke TMA. Gerakan piston ini akan mendesak gas sisa pembakaran, sehingga gas akan keluar melalui takup buang yang terbuka.

Demikian informasi singkat yang kami sajikan tentang Mengenal Motor 4 Tak, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER