CARA MERAWAT MOBIL YANG BAIK

Merawat mobil merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara teratur, tentu saja jika Anda menginginkan umur ekonomis mobil lebih lama. Namun tidak semua orang yang memiliki mobil bisa merawatnya sesuai dengan prosedur perawatan yang benar. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa mobil tidak perlu dirawat secara teratur jika jarang digunakan. Anggapan seperti ini tidak benar. Kalau toh harus mengistirahatkan mobil dalam waktu lama, harus diperhatikan beberapa hal, sehingga mobil Anda tetap dalam kondisi yang sehat. Bagaimana cara merawat mobil yang benar? Di bawah ini akan kami uraikan mengenai cara merawat mobil yang benar.

  1. Jangan gunakan mobil sebelum kondisi mesin panas. Hal ini disebabkan dalam kondisi dingin, oli belum melumasi seluruh komponen, jika dipaksakan untuk jalan, maka mesin akan bekerja dengan berat. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga lebih tinggi, sehingga terjadi pemborosan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Selain itu, jika mesin dalam dalam keadaan dingin, akan menghasilkan uap air yang biasanya akan terakumulasi di dalam knalpot. Hal ini tentu akan mempengaruhi proses pembuangan.
  2. Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, Anda harus melakukan pemanasan secara rutin, meskipun hanya di dalam garasi. Mobil yang terlalu lama tidak digunakan akan mengakibatkan cairan-cairan dalam mobil tersebut mengental, dan bisa terjadi penyumbatan. Sehingga Anda harus melakukan pengurasan atau bleeding. Jika memang harus mengistirahatkan mobil dalam waktu lama, atau di atas dua minggu, maka Anda perlu mengeluarkan semua cairan dalam mobil, seperti bensin, oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli power stering, dan air radiator.
  3. Lakukan pengecekan pada cairan-cairan mobil tersebut secara teratur. Jangan sampai oli dalam kondisi kekurangan atau di bawah level minimal. Pengecekan juga dilakukan terhadap warna dan tingkat kekentalan fisik oli. Misalnya oli mesin yang masih bagus akan berwarna bening dan agak encer.
  4. Lakukan penggantian oli secara teratur, ikuti buku manual service yang ada untuk menentukan parameter penggantian masing-masing oli. Saat melakukan penggantian oli mesin, lakukan juga penggantian filter oli.
  5. Penggantian juga harus dilakukan pada filter udara. Jika filter udara ini terlalu kotor, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat sehingga mobil Anda lebih boros.
  6. Cek ketebalan kampas rem setiap periode tertentu, tergantung penggunaan dan medan yang ditempuh. Jangan sampai kampas rem tidak terkontrol hingga terlalu tipis karena dapat merusak rotor atau disc rem. Bahkan kampas rem yang sudah habis dan terus dipaksakan, akan merusan kaliper. Perlu diketahui, baik harga rotor maupun kaliper jauh lebih mahal dibanding harga kampas rem.
  7. Agar kaki mobil lebih tahan lama, lakukan penggantian ban secara berkala meskipun sudah seimbang. Hal ini disebabkan medan yang dilewati tidak sama, biasanya kondisi jalan sebelah kiri lebih rusak dibanding kondisi jalan sebelah kanan. Oleh karena itu, perlu penggantian secara menyilang. Ban depan kiri dengan belakang kanan, dan ban depan kanan dengan belakan kiri. Namun Anda perlu hati-hati saat melakukan penggantian ban. Beberapa tipe ban hanya berputar satu arah, oleh karena itu, harus dilihat tanda yang terdapat pada sisi ban.
  8. Jaga kondisi ban sesuai dengan kondisi yang ditentukan pada buku manual. Jagan gunakan kebiasaan saat menentukan tekanan angin pada ban.
  9. Lakukan pengecekan untuk mengetahui apakah poros ban sudah lurus atau belum. Pengecekan harus dilakukan secara berkala. Jika poros tidak lurus, maka kendaraan akan goncang, terutama saat dipakai untuk kecepatan tinggi. Selain itu, sisi ban yang tipis juga tidak merata.
  10. Pastikan mengaktifkan rem tangan saat Anda memarkir mobil, baik menggunakan transmisi otomatis maupun manual. Hal ini tentu saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  11. Jaga kebersihan mobil dengan pencucian yang teratur. Mobil yang bersih selain memperindah penampilan juga untuk menghindari munculnya karat terutama pada body bagian bawah pintu.
Demikian informasi yang kami sajikan mengenai Cara Merawat Mobil Yang Baik, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER