MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER

Feed atau umpan pada sebuah web, adalah suatu representasi format data yang memungkinkan isi suatu web untuk ditampilkan pada suatu tempat yang dikenal sebagai agregasi. Pada prakteknya, publisher menyediakan feed atau umpan web yang dipublikasikan pada perangkat feed atau alat-alat informasi agregasi lain yang dapat diakses oleh para pengguna yang berlangganan, menggunakan program pembaca feed dari masing-masing komputer pengguna atau pelanggan.

Feedburner merupakan satu layanan situs agregasi yang disediakan gratis oleh google untuk mempublikasikan feed atau umpan sebuah web. Secara default blog yang berplatform blogger atau blogspot memiliki feed seperti http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default atau http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss. File tersebut dalam format xml yang tidak bisa diakses jika tidak bisa dibaca oleh pengguna atau pelanggan Anda. Melalui layanan feedburner, feed defaul pada blogspot bisa diagregasikan dan diakses oleh pengguna. Oleh karena itu, agar bisa mengaktifkan layanan agregasi yang diberikan feedburner, maka harus dilakukan pengubahan arah, dari url feed di atas menjadi http://feeds.feedburner.com/NamaBlogAnda. Bagaimana cara melakukan pengubahan arah feed default blog Anda ke feedburner? Di bawah ini akan kami uraikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pengubahan arah feed default Anda.

Untuk melakukan pengubahan arah feed, terlebih dahulu Anda harus membuat agregasi feed pada feedburner. Cara membuat feed pada feedburner adalah:



  1. Login ke feedburner menggunakan akun google Anda, http://feedburner.google.com. Masukkan domain blog Anda pada kotak yang disediakan, misalnya bloganda.blogspot.com, kemudian klik Next. Dihat gambar di bawah ini.

    MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER
  2. Pilih tipe feed yang Anda kehendaki, bisa memilih Atom atau RSS, bebas, pilih salah satu dengan mengklik lingkaran yang disediakan di sebelah kiri pilihan, kemudian klik Next. Lihat gambar di bawah ini.

    MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER
  3. Akan terbuka tampilan layar baru, ucapan selamat datang dari feedburner. Pada jendela atau layar ini, Anda dapat mengisi dua kolom yang disediakan, yaitu kolom Feed Title diisi nama blog Anda, dan kolom Feed Address diisi alamat url feed Anda, misalnya diisi dengan NamaBlogAnda. Jika sudah, klik Next. Lihat gambar di bawah ini:

    MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER
  4. Terbuka tampilan jendela baru yang menyatakan bahwa feed Feedburner Anda telah aktif. Copy alamat url feed Feedburner yang tertera pada tampilan layar, untuk digunakan sebagai url pengubah arah pada setting blogger Anda. Agar lebih paste atau tempelkan url yang telah dicopy tersebut ke tempat lain, misalnya notepad. Kemudian klik Next untuk proses selanjutnya, atau Anda bisa memilih klik Skip directly to feed management. Lihat gambar di bawah ini.
    MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER
Proses pembuatan feed Feedburner telah selesai dan aktif sebagai tempat agregasi feed blog Anda. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengubahan arah feed default ke feed Feedburner yang telah dibuat. Pengubahan arah dilakukan melalui blogger Anda. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Masuk ke akun blogger Anda, kemudian klik Setting atau Setelan.
  2. Akan muncul tab menu baru di bawah Setting atau Setelan, kemudian klik Other atau Lainnya.
  3. Pada bagian umpan situs, isi kolom Posting URL Pengubahan Arah Feed dengan URL feed Feedburner yang telah dicopy. Paste atau tempelkan URL feed Feedburner tersebut, kemudian klik Simpan setelan. Lihat gambar di bawah ini.

    MEMBUAT FEED FEEDBURNER DAN SETTING PENGUBAHAN ARAH FEED DEFAULT PADA BLOGGER

Proses pengubahan arah feed default ke feed Feedburner telah selesai, sekaran Anda bisa melakukan pengecekan dengan membuka URL http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default atau http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss pada browser Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan tentang Pembuatan Feed Feedburner dan Setting Pengubahan Arah Feed Default Pada Blogger, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER