ANEKA MENU MAKANAN SEHAT YANG PALING DIREKOMENDASIKAN

Tidak bisa dipungkiri, bahwa menu makanan sangat berperan dalam menopang kesehatan manusia. Menu makanan yang tidak teratur dalam kurun waktu tertentu akan menimbulkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh, sehingga sangat beresiko terhadap kesehatan seseorang. Oleh karena itu, pilihlah menu makanan sehat sebagai menu sehari-hari untuk mendukung pola hidup sehat yang telah dicanangkan.

ANEKA PILIHAN MENU MAKANAN SEHAT

Pilih jamur sebagai menu makanan sehat

Menurut beberapa penelitian, jamur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan gizi sangat lengkap. Disamping itu, jamur juga merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dibilang bebas dari paparan bahan kimia, karena kemampuannya dalam menyerap racun. Pada era modern ini, sangat sedikit bahan makanan yang bebas dari bahan kimia, oleh karena itu, mengkonsumsi jamur secara rutin sangat disarankan untuk menopang pola hidup sehat. Bagaimana kelebihan-kelebihan pada menu jamur dapat dilihat pada artikel Kandungan Dan Manfaat Jamur. Selain kandungan dan manfaatnya yang sangat besar, untuk menghindari kebosanan dalam mengonsumsi, jamur juga dapat dimasak dalam berbagai cara dengan aneka resep sesuai dengan selera. Lihat beberapa referensi pada artikel Aneka Menu Dan Resep Masakan Jamur. Karena kelebihan-kelebihan inilah, para ahli merekomendasikan jamur sebagai menu makanan sehat paling super.

Pilih susu kedelai sebagai penyempurna menu makanan sehat




Beberapa waktu yang lalu, masyarakat masih menganggap nilai gizi susu kedelai jauh lebih rendah dibanding dengan susu sapi. Seiring berjalannya waktu, berbagai penelitian terhadap susu kedelai telah dilakukan oleh berbagai pihak. Susu kedelai memiliki kandungan gizi dan kualitas yang tidak kalah baik dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan susu kedelai memiliki beberapa keunggulan tersendiri, salah satunya adalah susu kedelai tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri patogen, sehingga sangat bermanfaat bagi aktivitas sistem pencernaan Anda. Untuk mengetahui lebih detail mengenai kelebihan dan keunggulan susu kedelai, bisa dilihat pada artikel Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai. Oleh karena itu, memasukkan susu kedelai sebagai menu makanan sehat sehari-hari sangat disarankan.

Bawang putih sebagai bumbu utama dalam menu makanan sehat

Hampir semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan bawang putih. Hampir setiap hari bawang putih digunakan sebagai bumbu masak oleh ibu-ibu rumah tangga. Meskipun mereka tidak menyadari bahwa kandungan bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bawang putih memiliki khasiat yang ampuh dalam melawan berbagai macam penyakit. Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung antibiotik alami sangat tinggi, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bahkan bakteri ecolipun dapat ditangkal menggunakan bawang putih. Kandungan zat alicin pada bawang putih juga dapat bekerja sebagai zat antiperadangan dan berperan dalam penurunan kadar kolesterol. Bawang putih juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit darah tinggi. Berdasarkan pengalaman pribadi, saat terserang penyakit tipus, saya hanya mengandalkan bawang putih sebagai obat. Pernah juga sekali waktu saya terserang penyakit maag kronis, dan hanya memakan bawang putih sebanyak dua butir sehari tiga kali. Dalam waktu tiga hari, sakit maag saya sudah sembuh total. Kini saya sudah bisa menikmati kopi tanpa ketakutan terserang maag, ya sehari saya minum kopi bisa sampai 12 gelas .... jangan dicontoh, ini bukan pola hidup sehat, sekedar ingin berbagi pengalaman pribadi mengenai khasiat bawang putih. Jika penasaran dengan kopi, silahkan lihat di Kandungan Dan Manfaat Kopi.

Buah naga, menu makanan sehat dengan khasiat yang ampuh

Tanaman kaktus yang satu ini memang sedang naik daun, popularitasnya sangat mentereng di dalam dunia kesehatan. Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan khasiat buah naga ini begitu ampuhnya hingga sering dijadikan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai buah naga, baca artikel Manfaat Buah Naga Sebagai Tanaman Obat Tradisional Yang Berkhasiat Ampuh.

Pilih pisang sebagai buah dalam menu makanan sehat

Pisang merupakan sumber energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain kandungan kalorinya yang tinggi, pisang juga memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Untuk melihat lebih detail mengenai kelebihan-kelebihan pisang, lihat pada artikel Kandungan Dan Manfaat Pisang. Oleh karena itu, memilih pisang sebagai buah untuk melengkapi menu harian Anda sangat disarankan, sehingga pola hidup sehat yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

Alpukat, sebagai buah sekaligus makanan pengenyang dalam menu makanan sehat

Asumsi kita selama ini mengatakan bahwa alpukat akan meningkatkan obesitas. Bernarkah? Benar, jika mengonsumsi alpukat ditambah dengan susu, apalagi susu full cream. Namun, jika Anda mengonsumsi buah alpukat tanpa susu, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi. Lemak dalam alpukat berdasarkan penelitian para ahli dinyatakan sebagai lemak yang sehat dan berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 22%. Selain itu, satu buah alpukat mengandung 50% serat sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Sebutir alpukat juga mengandung 40% folat yang dapat berperan untuk menekan resiko serangan penyakit jantung. Kelebihan lain dari buah alpukat adalah kandungan omega-3, omega-6, omega-9, dan vitamin E yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak Anda. Jika rutin mengonsumsi buah alpukat, Anda akan mengalami peningkatan kemampuan berpikir secara signifikan. Untuk melihat informasi selengkapnya mengenai buah alpukat, lihat artikel Kandungan Dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah mangga, berperan penting dalam menu makanan sehat

Buah mangga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mendukung pola hidup sehat. Selain kandungan gizinya yang tinggi, buah mangga juga memiliki beberapa manfaat yang istimewa untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah mangga juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan dan terapi berbagai macam penyakit. Untuk melihat lebih detail mengenai buah mangga, lihat artikel Kandungan Dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan.

Ubi merah, makanan tradisional sebagai menu makanan sehat

Sebutir ubi merah dengan ukurang kurang lebih 15 cm dan diameter kurang lebih 5 cm, mengandung kurang lebih 66 mikrogram folat pembentuk sel. Jumlah tersebut setara dengan kandungan folat yang terdapat dalam 30 gram bayam atau 91 gram brokoli. Selain itu, dalam sebutir ubi merah juga mengandung vitamin A sebanyak delapan kali lipat dari kebutuhan vitamin A sehari-hari. Vitamin A berperan dalam melawan sel kanker dan membangun sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya ubi merah dikonsumsi dalam keadaan dingin setelah direbus. Hal ini akan membantu membakar lemak dalam tubuh sebanyak 25% setelah makan. Angka yang cukup signifikan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Ikan salmon sebagai lauk dalam menu makanan sehat

Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3 yang berkhasiat untuk menurunkan resiko serangan penyakit jantung, depresi atau stres berkepanjangan, dan menghambat tumbuhnya sel kanker. Dengan mengonsumsi 85 gram ikan salmon, Anda sudah memberikan asupan niacin sebesar 50% dari kebutuhan tubuh. Niacin sangat berperan memberikan perlingungan terhadap penyakit pikun atau demensia. Selain itu, niacin juga melindungi serangan alzheimer atau sejenis sindrom yang mengakibatkan sel-sel otak menjadi mengerut atau mengecil.

Terong sebagai sayuran yang baik dalam menu makanan sehat

Terong merupakan sayuran dari keluarga Solanaceae, masih satu kerabat dengan cabai, tomat, kentang, tembakau, cepokak, atau ciplukan. Tanaman ini mengandung banyak vitamin, gizi, dan zat-zat lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh serta bermanfaat untuk menopang kesehatan Anda. Bahkan tanaman ini diketahui dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai terong, baca artikel Kandungan Dan Manfaat Terong Bagi Kesehatan Kesehatan

Demikian informasi mengenai Aneka Menu Makanan Sehat ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER