PETUNJUK UMUM MENGATASI GANGGUAN PADA MOBIL

Petunjuk umum mengatasi gangguan pada mobil bertujuan untuk membantu bagi Anda pemula dalam hal service mobil untuk mendeteksi kerusakan jika mobil Anda mengalami gangguan. Tentu saja materi artikel ini tidak ditujukan bagi mekanik-mekanik yang sudah profesional, karena kami hanya akan membahas penanganan sederhana terhadap gangguan yang paling sering dialami pada mobil. Kami tidak akan menguraikan secara teknis untuk masing-masing jenis gangguan, sebatas memberikan petunjuk untuk mendeteksi gangguan pada mobil Anda.

Jenis gangguan mobil : mesin mobil tidak bisa berputar saat distart

Gangguan tersebut disebabkan oleh :
  1. Sakelar pengapian yang rusak, sehinga mengakibatkan pembakaran awal tidak berjalan. Untuk mengatasi gangguan tersebut Anda bisa menyambungkan aki dengan terminal starter menggunakan kabel langsung. Jika setelah disambungkan terdengan bunyi “klik” pada kumparan, berarti kontak mobil mengalami kerusakan. Sebaiknya ganti kontak tersebut dengan kontak baru.
  2. Daya dari aki tidak terhubung, kemungkinan sambungan aki putus atau longgar atau aki kosong. Jika hal ini yang menjai penyebab, segera tangani sesuai dengan kondisi pada aki.
  3. Pada mobil-mobil bertransmisi, kemungkinan juga terjadi kerusakan pada sakelar pengaman netral, segera perbaiki sakelar tersebut.
  4. Jika relay pada starter berbunyi klik, tetapi mesin tetap tidak berputar, maka periksalah sambungan starter tersebut. Kemungkinan sambungan starter rusak atau terputus.

Jenis gangguan mobil : mesin mobil berputar saat distart tetapi mobil tidak mau hidup




Gangguan tersebut disebabkan oleh:

  1. Jika mobil menggunakan platina, kemungkinan platina rusak atau terbakar, segera periksa bagian platina, jika ditemukan kerusakan, segera ganti dengan yang baru.
  2. Terjadinya konsleting atau hubungan pada menara-menara atau terminal distributor. Bersihkan distributor tersebut, atau Anda bisa mengantinya dengan distributor yang baru.
  3. Koil atau kabel-kabel bertegangan tinggi mengalami disfungsi, biasanya diakibatkan karena basah, bersihkan bagian-bagian tersebut, atau jika tetap tidak bisa digunakan, ganti dengan yang baru.
  4. Kebocoran pada kondensor, untuk memastikannya, periksa bagian distributor dan kondensor menggunakan multitester. Pastikan seluruh sambungannya dalam keadaan baik. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti dengan kabel baru.
  5. Kerusakan pada kumparan koil, jika hal ini terjadi, maka pengapian akan terhambat. Untuk mendeteksi kerusakan tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mencabut kap distributor, kemudian dekatkan dengan blok mesin dengan jarak kurang lebih satu centimeter. Jika tidak ditemukan lompatan api saat mobil distart, atau ditemukan lompatan api tapi terlalu kecil atau lemah, kemungkinan terjadi kerusakan pada sirkuit primer ataupun koil.
  6. Tahanan primer tidak tepat, pemeriksaan dilakukan pada kabel atau balast tahap primer menggunakan alat pengetes multitester. Periksa apakah terjadi penurunan voltage atau tidak. Lihat standar voltage pabrik pada merk yang digunakan. Untuk melakukan pemeriksaan cepat apakah unit tahanan primer rusak atau tidak dapat dilakukan dengan menyambukan sirkuti primer dengan kabel langsung tanpa melalui tahanan tersebut. Jika unit tahanan primer rusak, ganti dengan yang baru.

Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart

Gangguan tersebut disebabkan oleh:
  1. Pengapian busi lemah, bersihkan dan stel busi atau ganti dengan busi yang baru. Periksa juga bagian platina dan kawat sirkuti primer, kemungkinan terjadi kerusakan.
  2. Sirkuit koil terjadi korsleting dengan massa, kemungkina diakibatkan oleh kabel yang terbuka. Untuk mengatasi gangguan tersebut dilakukan dengan menyambungkan lampu penguji 110 volt pada terminal primer koil. Jika lampu tersebut menyala, berarti sirkuit koil primer dalam kondisi baik. Namun, jika tidak menyala, kemungkinan terjadi korsleting akibat kabel terbuka atau bisa juga kaber putus. Segera ganti denga yang baru.
  3. Kabel busi rusak, biasanya terjadi kebocoran pada kabel busi, sehingga pengapian yang dihasilkan lemah. Untuk memastikannya, ukur tahanan pada kabel busi tersebut. Jika terlalu tidak sesuai dengan standar pabrik, segera ganti dengan yang baru.
  4. Aki kekurangan daya atau terlalu lemah, ganti dengan yang baru, atau bisa diisi ulang.
  5. Starter atau selenoid rusak, perbaiki atau isi baru.
  6. Suplai bahan bakar ke karburator kurang, perbaiki karburator atau ganti dengan karburator baru.

Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart jika mesin dalam keadaan panas

Gangguan tersebut disebabkan oleh:
  1. Kebocoran pada kabel busi, periksa dan ganti dengan yang baru.
  2. Cuk dalam kondisi tertutup, kemungkinan bisa macet tidak kembali ke posisi semula. Periksa dan perbaiki.
  3. Kerusakan pada motor starter atau kebel-kabel penghubungnya, periksa dan perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  4. Mesin mobil terlalu panas, sehingga tidak bisa berputar, periksa bagian pendingin atau radiator.

Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart jika mesin dalam keadaan dingin

Gangguan tersebut disebabkan oleh:
  1. Salah satu komponen pengapian tidak berfungsi maksimal, periksalah seluruh bagian pengapian. Jika ditemukan kerusakan, segera perbaiki atau bisa diganti.
  2. Daya aki kurang, atau lemah, segera isi kembali aki, jika sudah tidak memungkinkan, ganti dengan yang baru.
  3. Cuk macet, periksa dan lepas.
  4. Oli mesin terlalu kental, ini sangat berbahaya bagi mesin mobil Anda. Segera ganti dengan oli baru.

ARTIKEL POPULER