ANEKA MENU DAN RESEP MASAKAN JAMUR, SEHAT DAN BERGIZI TINGGI

Merebaknya usaha budidaya jamur yang merupakan salah satu subsektor agribisnis telah membuka wacana baru dalam dunia bisnis. Ya, aneka menu dan resep masakan jamur menjadi sebuah pilihan bisnis untuk memberikan nilai tambah pada produk jamur. Aneka masakan jamur selain memiliki cita rasa yang lezat, juga bernilai gizi tinggi, sehingga banyak diburu oleh konsumen.

Salah satu kelebihan menu masakan jamur ini adalah minimnya penggunaan pestisida selama proses budidaya, sehingga menu masakan jamur menjadi alternatif pangan untuk mengurangi resiko paparan pestisida atau bahan kimia. Kelebihan dan keunggulan jamur bisa Anda lihat pada artikel Kandungan Dan Manfaat Jamur Tiram. Pada artikel ini, kami akan menyajikan informasi tentang berbagai menu dan resep masakan jamur yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Namun, berhubung menu dan resep masakan jamur ini dapat dibuat dengan berbagai variasi cita rasa, maka kami tidak akan menyajikan komposisi atau takaran masing-masing bahan, sehingga pembaca harus membuat dengan gaya dan kebiasaan memasak masing-masing agar cita rasa yang diperoleh tetap sesuai dengan selera.

Menu Dan Resep Masakan Spagheti Jamur

Menu dan resep masakan spagheti jamur memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Selain kelezatannya, konsumen juga mendapatkan asupan nilai gizi yang luar biasa. Bagaimana cara membuat menu dan resep masakan spagheti jamur ini?

Bahan untuk resep masakan spagheti jamur




Jamur tiram putih, jamur kuping, spagheti, margarin, daging cincang, bawang bombai, bawang putih, saus tomat, dan saus spagheti.

Cara membuat resep masakan spagheti jamur

Spagheti direbus hingga betul-betul matang, kemudian buang air rebusan atau dengan cara ditiriskan. Panaskan margarin untuk mengganti minyak goreng, kemudian bawang bombay dan bawang putih ditumis menggunakan minyak margarin tersebut. Setelah cukup matang, masukkan semua bahan dan dibiarkan hingga matang. Tingkat kematangan tergantung selera masing-masing. Kemudian angkat dan tuangkan di atas spagheti yang sudah siap. Masakan jamur spagheti siap dihidangkan.

Menu Dan Resep Masakan Sate Jamur

Menu dan resep masakan sate jamur merupakan salah satu menu yang sedang ngetrend di beberapa daerah. Aroma khas jamur bakar ini sangat khas dan mengundang selera makan. Bagi Anda yang sedang diet menghindari daging, pilihan sate jamur ini sangat cocok. Berikut langkah-langkah membuat resep masakan sate jamur.

Bahan membuat resep masakan sate jamur

Jamur tiram putih, jamur kuping, bambu tusuk sate, bumbu kacang, bawang merah, bawang putih, gula jawa, ketumbar, garam, dan gula pasir.

Cara membuat resep masakan sate jamur

Jamur tiram putih dan jamur kuping dipotong-potong dengan bentuk persegi panjang. Potongan jangan terlalu kecil agar memudahkan dalam menusuk. Haluskan bambu tusuk sate, kemudian basahi menggunakan air agar proses penusukannya mudah. Jamur tiram putih dan jamur kuping ditusuk secara berseling. Panjang tusukan tergantung selera masing-masing. Haluskan semua bumbu, kemudian beri air secukupnya. Rendam sate jamur yang masih mentah ke dalam bumbu selama beberapa saat. Setelah diperkirakan bumbu meresap ke dalam jamur, bakar sate jamur tersebut. Hidangkan masakan sate jamur dengan bumbu kacang yang telah disiapkan.

Menu Dan Resep Masakan Lumpia Jamur

Lumpia jamur tak kalah menterengya dengan sate jamur. Resep masakan lumpia jamur ini biasa disajikan sebagai makanan ringan dalam acara-acara rapat keluarga, rapat RT, arisan, bahkan banyak dihidangkan pada perjamuan-perjamuan besar. Berikut ini langkah-langkah pembuatan masakan lumpia jamur.

Bahan membuat resep masakan lumpia jamur

Bahan membuat kulit lumpia jamur:
Tepung terigu, telur ayam atau telur bebek, garam, air.

Bahan membuat isi lumpia jamur:
Jamur tiram putih dan jamur kuping, daging cincang, telur ayam atau telur bebek, margarin.

Cara membuat resep masakan lumpia jamur

Semua bahan kulit lumpia dicampur dan diaduk hingga rata. Campur dan tumis semua bahan isi lumpia hingga betul-betul matang. Bahan kulit lumpia yang sudah diaduk rata kemudian dibuat dadar menggunakan wajan penekuk kemudian dihamparkan dan diberi isi lumpia. Gulung hamparan kulit lumpia tersebut dan dirapatkan menggunakan putih telur kemudian digoreng dengan api sedang. Resep masakan lumpia jamur telah siap dihidangkan.

Menu Dan Resep Masakan Burger Jamur

Menu dan resep masakan burger jamur merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan oleh beberapa pengusaha jamur. Selain menambah kecikmatan cita rasa burger, burger jamur juga menambah nilai gizi pada makanan yang cukup mewah ini. Burger jamur merupakan salah satu resep masakan jamur yang dikombinasikan dengan makanan elit. Berikut ini langkah-langkah membuat masakan burger jamur.

Bahan membuat resep masakan burger jamur

Jamur tiram putih dan jamur kuping, roti burger, daging cincang sesuai selera, keju, putih telur, margarin, bawang bombai, bawang putih, garam, merica bubuk, biji pala bubuk, daun seledri, kecap manis, minyak wijen, irisan tomat, daun selada, mayonaise.

Cara membuat resep masakan burger jamur

Jamur tiram dan jamur kuping diiris sesuai dengan ukuran atau selera. Campurkan dengan irisan daging kemudian disangrai hingga airnya habis. Jamur dan daging yang telah disangrai dicampur dengan irisan daun seledri, irisan bawang bombai dan bawang putih, merica bubuk, biji pala bubuk garam, dan minyak wijen. Adonan dibuat dengan bentuk bulat pipih setebal kurang lebih 3 mm dengan ukuran menyesuaikan roti burger. Kemudian dicelupkan dalam putih telur yang telah dikocok. Goreng adonan tersebut menggunakan margarin dengan api yang tidak terlalu besar hingga matang. Masukkan burger jamur ke dalam roti yang telah disiapkan, kemudian tambahkan irisan tomat, keju, daun selada, dan mayonaise. Resep masakan burger jamur siap disajikan. Lebih nikmat dimakan hangat-hangat.

Menu Dan Resep Masakan Pizza Jamur

Menu dan resep masakan pizza jamur merupakan salah satu produk olahan jamur sebagai makanan berkelas. Kombinasi antara pizza dan jamur ini dapat memberikan cita rasa yang sangat khas. Anda pasti penasaran dengan resep masakan pizza jamur ini, mari kita lihat bagaimana cara membuat masakan pizza jamur.

Bahan membuat resep masakan pizza jamur

Jamur tiram putih, jamur kuping, sosis, pizza siap pakai, margarin.

Bumbu yang diperlukan untuk membuat resep masakan pizza jamur

Bawang bombai, bawang putih, keju parut, saos tomat dan saos sambal pedas, cabai merah dan cabai hijau, garam, gula


Cara membuat resep masakan pizza jamur

Potong jamur tiram putih dan jamur kuping dengan ukuran kecil-kecil, kemudian digoreng menggunakan minyak margarin. Potong cabai merah, cabai hijau dan sosis dengan ukuran sesuai selera. Kemudian cincang dan tumis bawang bombai, tambahkan saos tomat dan saos sambal pedas. Tambahkan potongan cabai merah dan cabai hijau, lalu diaduk hingga matang. Masukkan jamur goreng dan potongan sosis, aduk-aduk sebentar. Angkat dan bubuhkan bumbu jamur tersebut di atas pizza. Tambahkan kkeju parut, kemudian bakar sebentar. masakan pizza jamur siap dihidangkan, lebih nikmat nikmat disajikan hangat-hangat.


Dukungan Teknis : Rois Efendi - 0852 3875 5088

ARTIKEL POPULER