SUMBER DAYA INTERNAL PADA KOMPUTER

Sumber daya internal pada komputer secara umum terletak pada unit pengolah pusat atau CPU. Jadi, CPU (Central Processing Unit) merupakan inti dari sebuah komputer. Bagi kebanyakan orang, memahami CPU adalah pada kotak CPU yang di dalamnya terdapat elemen-elemen periperal lain, seperti hardis maupun DVD/CD ROM. Namun, yang dimaksud CPU yang sebenarnya adalah hanya elemen yang terdapat pada sistem board atau mother board. Sehingga periperal lain merupakan komponen atau perangkat yang dihubungkan secara elektronis ke CPU. Sebagian orang justru memahami CPU sebagai komponen yang lebih spesifik lagi, yaitu hanya pada satu komponen yang terdapat pada mother board yang dinamakan mikroposesor.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai rangkaian kerja secara umum beberapa komponen penting yang terdapat pada CPU yang memiliki peranan besar dalam menunjang kinerja komputer itu sendiri. Komponen-komponen tersebut saling bekerja sama sehingga berperan sebagai sumber daya sebuah komputer. Jadi, kecepatan unjuk kerja pada sebuah komputer sangat diperngaruhi oleh seberapa jauh unjuk kerja sumber daya ini.

Beberapa komponen penting tersebut adalah mikroprosesor, ruang memori, slot ekspansi, input/output port, unit catu daya. Semua komponen sumber daya tersebut membentuk rangkaian proses kerja komputer dengan siklus Input-Proses-Output yang dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan dimulai saat komputer dioperasikan dan selesai setelah komputer dimatikan.



Bisa diibaratkan bahwa semua komponen sumber daya dalam sistem board sebuah komputer adalah robot yang menerima seluruh perintah yang diberikan oleh pengguna sebagai input, kemudian mengolah perintah-perintah tersebut dengan melakukan proses, dan menampilkannya sebagai sebuah output. Kegiatan ini berjalan tanpa henti, hingga komputer dimatikan. Robot tersebut bekerja dengan kecerdasan tinggi dan kekuatan fisik yang prima.

Sebagai gambaran, perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna akan disimpan dalam ruang penampung besar yang selanjutnya disebut dengan ruang memori. Ruang memori ini bekerja dengan kekuatan listrik dan pengolahan data atau perintah tersebut dilakukan di dalamnya oleh sebuah robot. Diantara ruang penyimpan tersebut terdapat pintu-pintu yang dilalui dengan saluran penghubung.

Robot yang bekerja sebagai pengolah data atau perintah di dalam ruang memori merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem board yang disebut mikroprosesor. Jadi, di oleh mikroprosesor ini semua perintah yang ditampung di dalam ruang memori diproses. Saluran penghubung pada mikroprosesor ini berperan sebagai bus data yang memberikan fasilitas lalu-lintas diantara pintu-pintu input/output antara ruang memori dengan komponen-komponen lain. Semua saluran tersebut bermuara pada pintu masuk dan pintu keluar, yang selanjutnya disebut dengan I/O slot atau slot ekspansi. Sedangkan pintu keluaran atau pintu pemasukan disebut dengan I/O port.

Sementara itu, unit catu daya berperan dalam mensuplai kebutuhan listrik yang diperlukan untuk menjalankan kinerja seluruh sistem. Tanpa adanya catu daya, seluruh sistem tidak akan bekerja, sehingga komponen ini merupakan sumber energi bagi komponen-komponen lain. Bisa dibayangkang, bagaimana jika sumber energi listrik tidak ada, tentu sebagus apapun spesifikasi komputer yang Anda miliki tidak akan mampu untuk bekerja bagi penggunanya.

Kelima komponen sumber daya yang telah disebutkan di atas sangat mempengaruhi kecepatan dan kecerdasan sebuah komputer. Karena itulah, dalam memilih komputer untuk pekerjaan sehari-hari, sebaiknya memperhatikan kelima komponen tersebut di atas.

Demikian informasi pendek yang bisa kami sajikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER