CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN KACA MOBIL

Kaca mobil memiliki fungsi dan peran yang penting baik bagi pengemudi maupun terhadap performa mobil itu sendiri. Kaca yang berjamur dan buram tentu akan mengganggu visibilitas pengemudi, terutama saat perjalanan dilakukan pada malam hari. Oleh karena itu, merawat dan membersihkan kaca mobil merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara rutin. Tetapi, dalam prakteknya, perawatan kaca mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Jamur pada kaca mobil biasanya timbul karena kotoran atau debu, polutan industri, air hujan atau getah tanaman yang menempel dan dipercepat dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Oleh karena kendaraan sering berada di luar ruangan, sehingga harus dilakukan perawatan dan pembersihan secara rutin, agar debu atau kotoran yang menempel tidak mempercepat timbulnya jamur. Tetu saja Anda tidak ingin mobil kesayangan terlihat kusam hanya karena kaca mobil yang berjamur. Ikuti beberapa petunjuk untuk merawat dan membersihkan kaca mobil kesayangan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan dan merawat kaca mobil.

Gunakan shampo pH balance untuk merawat dan membersihkan kaca mobil

Gunakan shampo pH balance untuk membersihkan kaca dan membilas setelah terkena air hujan. Penggunaan shampo pH balance secara teratur akan mencegah munculnya jamur pada kaca mobil Anda. Setelah membersihkan kaca, usahakan dilap sekering mungkin, jangan sampai tersisa butiran air pada kaca, karena akan menimbulkan water spot setelah butiran air tersebut mengering.

Gunakan temmbakau atau minoman soda untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil




Tembakau dan minuman bersoda dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Namun, hal ini dilakukan jika dalam keadaan darurat saja, misalnya sedang dalam berjalanan di daerah yang berkabut atau hujan lebat. Tembakau bisa digosokkan pada kaca mobil yang berjamur, kemudian dilap hingga bersih. Perlu diketahui, bahwa tembakau merupakan salah satu bahan organik yang efektif untuk mengendalikan jamur. Jika menggunakan soda, maka bisa dilakukan dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu. Kemudian kaca dilap hingga betul-betul kering. Setelah itu ambil kanebo atau lap lain yang dibasahi dengan minuman bersoda. Gosok kaca mobil menggunakan kanebo atau lap tersebut.

Hindari menggunakan bahan kimia acid untuk membersihkan kaca mobil

Jika kaca mobil sudah terlanjur terkena jamur, maka Anda bisa melakukan beberapa penanganan. Bersihkan mobil Anda hingga bersih. Setelah seluruh body mobil bersih, kemudian ulangi pencucian tersebut hanya pada bagian kaca mobil saja. Gunakan shampoh pH balance untuk membersihkan bagian kaca tersebut. Setelah itu, ulangi lagi pembersihan kaca mobil, kali ini tidak menggunakan shampo pH balance, tetapi menggunakan bahan pembersih jamur untuk kaca. Teknik pembersihan menggunakan pembersih kaca ini bisa dilakukan dengan teknik scrubing dengan cara digosok-gosokkan pada bagian yang berjamur, atau bisa juga pembersihan dilakukan menggunakan clay.

Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan saat membersihkan jamur pada kaca mobil menggunakan bahan kimia, pilihlah bahan kimia yang tidak mengandung acid. Hal ini disebabkan bahan kimia yang mengandung acid dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan UV pada kaca mobil. Terkikisnya lapisan UV oleh bahan kimia yang mengandung acid tersebut dapat mengganggu pandangan pengemudi, terutama saat terkena sinar matahari yang dapat menimbulkan semacan flare.

Sekali lagi, lakukan perawatan dan pembersihan kaca mobil kesayangan Anda dengan teratur. Mobil yang bersih dan mengkilap, dengan kaca yang jernih, akan memberikan penampilan yang elegan. Apalagi jika Anda adalah seorang pengusaha yang sangat membutuhkan performa tinggi dalam pekerjaan sehari-hari, tentu performa kendaraan tidak bisa diabaikan.

Demikian informasi singkat mengenai Cara Merawat Dan Membersihkan Kaca Mobil, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER