CARA MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT DI KANTOR

Cara menerapkan pola hidup sehat di kantor tidaklah sulit, yang terpenting harus Anda lakukan adalah kemauan untuk menerapkan pola hidup sehat tersebut. Kesibukan dan kepadatan pekerjaan di kantor sering menyebabkan seseorang mengabaikan kesehatannya. Ditambah lagi dengan besarnya tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang karyawan terhadap pekerjaan yang ditanganinya. Beberapa kebiasaan yang sering terjadi di kantor adalah waktu makan siang yang tidak teratur, bahkan tidak jarang karyawan yang sering lupa untuk makan siang karena menumpuknya pekerjaan, menu makan siang yang tidak sehat, misalnya mengandung kolesterol tinggi, hingga kebiasaan mengemil yang sebetulnya bukan merupakan pola hidup sehat.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya Anda menerapan pola hidup sehat di kantor, dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak mendukung kesehatan Anda. Mulailah disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat, kapan lagi kalau tidak sekarang waktunya. Semakin menunda menerapkan pola hidup sehat, maka semakin berlarut-larut kebiasaan yang tidak mendukung kesehatan Anda. Jika kesehatan Anda terganggu, maka tanggung jawab terhadap pekerjaan juga akan mengalami kendala. Pada prinsipnya, dengan menerapkan pola hidup sehat, maka pekerjaan Anda justru semakin ringan, sehingga tanggung jawab pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai pola hidup sehat di kantor.

Hindari kebiasaan mengemil untuk menerapkan pola hidup sehat

Kebiasaan mengemil sering dilakukan oleh orang-orang pada saat di kantor. Apalagi kebanyakan makanan cemilan adalah makanan yang berminyak yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan Anda. Belum lagi cemilan yang mengandung bahan pengawet maupun bahan pewarna. Kandungan bahan pengawet dan bahan pewarna kebanyakan menggunakan bahan kimia yang dapat meningkatkan serapan bahan kimia oleh tubuh. Perlu diingat, bahwa kebanyakan makanan pada era modernisasi ini sudah mengandung bahan kimia, jika kita tidak mengurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, tentu akan menambah asupan bahan kimia oleh tubuh. Maka, kurangilah kebiasaan mengemil di kantor, sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat.

Jangan terlalu banyak minum kopi atau teh karena akan mengganggu pola hidup sehat Anda




Bukan tidak boleh minum kopi atau teh, bagaimanapun, kopi atau teh mengandung bahan-bahan tertentu yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Namun, jika minum terlalu banyak juga tidak baik baik tubuh Anda. Teh atau kopi memang menjadi minuman paling digemari di kantor-kantor. Kebanyakan para pegawai kantoran selalu menyanding antara kopi atau teh. Kopi atau teh, jika diminum untuk menemani Anda bekerja dan pada saat yang sama Anda mengkonsumsi makanan lain, maka teh atau kopi tersebut akan mengurangi serapan zat besi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Hal ini tentu tidak baik bagi tubuh Anda.

Jangan biasakan terlambat makan siang untuk menerapkan pola hidup sehat

Pekerjaan kantor yang menumpuk, tanggung jawa yang harus dipikul sangat besar, dan persoalan-persoalan lain di kantor sering membuat seseorang menjadi lupa untuk makan siang. Akibatnya, makan siang menjadi terlambat. Keterlambatan makan akan merusak sistem kerja dari jaringan dan sistem pencernaan seseorang. Apalagi jika Anda banyak mengeluarkan energi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di kantor. Tentu saja, aktivitas pencernaan Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu, biasakanlah makan siang tepat waktu. Hal yang perlu diperhatikan saat makan siang di kantor adalah memilih menu yang benar-benar sehat. Kurangi menu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Apalagi menu makan siang biasanya jajan di warung makan atau restauran yang tidak kita kontrol menu dan resepnya.

Pola hidup sehat harus didukung dengan banyak minum air mineral atau air putih

Meskipun bekerja di kantor tidak mengeluarkan banyak keringat, tetapi Anda sebaiknya tetap minum air mineral atau air putih biasa yang lebih banyak. Jika Anda kekurangan air, maka tubuh Anda akan lemas tidak bergairah karena mengalami dehidrasi, meningkatkan rasa lapar, dan kulit akan kusam. Minum air putih yang banyak hanya menyebabkan resiko kecil, yaitu harus balak-balik ke kamar mandi untuk buang air. Namun, manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Demikian informasi pendek ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER