CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGGER

Bagaimana cara membuat blog gratis? Sebelum menguraikan langkah-langkah membuat blog gratis, terlebih dahulu akan kami uraikan sekilas tentang blog. Blog merupakan nama pendek dari web blog, yaitu sebuah aplikasi web yang berupa tulisan atau gambar atau perpaduan tulisan dan gambar yang dimuat atau dipublikasikan dalam bentuk posting, pada sebuah halaman web umum. Biasanya posting terbaru dimuat pada bagian awal yang diikuti posting lebih lama. Namun, urutan tersebut tidak baku, tidak selamanya posting terbaru berada pada halaman depan. Beberapa blog menempatkan posting tertentu sebagai halaman pertama. Web Blog, biasanya dapat diakses oleh seluruh pengguna internet, dengan berbagai topik. Sejumlah blog ditulis dengan topik atau tema yang spesifik, sejumlah blog lain ditulis dalam bentuk kumpulan beberapa topik. Beberapa fungsi umum sebuah web blog adalah sebagai catatan harian penulis, media promosi sebuah produk atau program-program tertentu, misalnya dalam bidang politik, penyampaian program dan media interaksi perusahaan, pemuatan berita, bahkan akhir-akhir ini blog sering berfungsi sebagai media komersial yang bisa mendatangkan pendapatan. Terdapat sejumlah layanan pembuatan blog secara gratis di dunia maya, namun dengan berbagai pertimbangan dan keunggulannya, pada artikel kali ini, hanya akan dibahas cara membuat blog gratis di Google, dengan fasilitas blogger.

Kenapa Membuat Blog Gratis di Blogger?

Semenjak tahun 2002, penyedia layanan blog yang paling populer ini telah diakuisisi oleh Google. Di bawah kendali naungan dan kendali Google, kini blogger dilengkapi dengan berbagai fitur yang menakjubkan, diantaranya adalah layanan fasilitas jejaring sosial yang sedang naik daun, yaitu Google Plus, fasilitas email yang dinaungi Google, dan yang lebih heboh lagi adalah fitur monetisasi atau penghasilan, yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan ekstra besar melalui afiliasi Google Adsense. Untuk itulah artikel kali ini membahas cara membuat blog gratis di blogger, bukan lainnya.

Cara Membuat Blog Gratis di blogger




Sebelum menuju pada cara membuat blog di blogger, Anda terlebih dahulu harus membuat akun atau email di Google, gratis juga. Jika sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung membuka halaman http://www.blogger.com, namun, jika Anda belum memiliki akun Google, maka Anda harus membuat email atau akun terlebih dahulu, cara mudahnya klik saja link cara buat email. Setelah membuat akun google, langsung saja menuju halaman blogger, klik link blogger> agar lebih cepat. Jika baru pertama kali bergabung dalam blogger, halaman pertama akan menampilkan Selamat datang di blogger, yang memberikan pilihan kepada pengguna untuk melakukan pengaturan profil. Pilih sesuai dengan keinginan Anda. Lebih disarankan untuk memilih profile G+. Pada halaman ini Anda juga diberi pilihan melakukan pengaturan bahasa yang terdapat pada sisi kanan atas. Agar komunikasi lebih mudah, sebagai orang Indonesia saya menyarankan untuk memilih Bahasa Indonesia. Lihat gambar di bawah ini:
Halaman Pertama Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
Halaman Pertama Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Cara Membuat Blog Baru

Akan terbuka tampilan jendela baru yang biasa disebut dengan dashboard blogger. Daftar blog Anda masih kosong. Bagaimana cara membuat blog baru? Untuk membuat blog baru, klik tombol Blog Baru yang terletak pada sisi kiri browser Anda. Lihat Gambar di bawah ini:
Cara Membuat Blog Gratis
Gambar Jendela Cara Membuat Blog Baru di dashboard Blogger.
Cara Membuat Blog Baru di dashboard Blogger dengan mengeklik tombol Blog Baru. Blog Anda masih kosong, karena belum membuat blog sama sekali.

Cara Membuat Judul dan Alamat Blog Baru


Setelah klik pada tombol Blog Baru, akan terbuka jendela Daftar Blog > Buat blog baru
Langkah pertama adalah membuat judul blog, Isi kolom Judul dengan topik blog baru yang akan dibuat, misalnya Anda ingin membuat blog dengan topik ilmu nujum, maka judul yang diisikan pada kolom adalah ILMU NUJUM, hanya contoh hehehe. Membuat judul blog sebaiknya berhubungan dengan materi blog yang akan Anda buat, sehingga pengguna akan lebih mudah mengingat nama sekaligus topik blog.

Untuk kolom Alamat, diisi dengan alamat url blog yang dikehendaki. Sebaiknya membuat alamat url blog menggunakan kata yang mudah diingat, sehingga memudahkan pengunjung saat mengetikkan url pada browsernya. Misalnya nujum2013, sehingga alamat url blog Anda adalah http://nujum2013.blogspot.com. Saat pengguna menuliskan nujum2013.blogspot.com pada browsernya, akan langsung diarahkan pada url blog tersebut di atas.

Langkah selanjutnya adalah membuat blog tampil menarik, bagaimana cara membuatnya? Tidak usah khawatir, cara membuat tampilan blog menarik di blogger tinggal memilih template blog yang sudah disediakan. Pilih template blog sesuai keinginan dan selera Anda. Atau bisa asal pilih saja, gampang diatur setelah Anda selelsai membuat blog. Jika sudah, klik tombol Buat blog yang terdapat pada bagian bawah jendela. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Blog Gratis
Gambar jendela pendaftaran cara membuat blog gratis di blogger. Pada jendela ini Anda diminta mengisikan judul blog baru, alamat blog baru, dan memilih template blog baru.

Cara membuat blog baru telah selesai, tinggal mengatur template blog

Cara membuat blog baru telah selesai. Cara selanjutnya adalah mengatur template blog baru Anda sesuai dengan yang dikehendaki. Untuk mengatur template blog, klik panah kecil yang terdapat disebelah kiri tombol Lihat blog dan disebelah kanan icon dua lember kertas. Setelah muncul submenu, kemudian pilih Template. Selain itu, Anda juga bisa langsung membuat artikel atau pos/entri baru, dengan mengeklik tombol dengan gambar pensil. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Blog Gratis
Gambar jendela dashboard blogger sudah terisi blog baru.
Cara membuat blog baru di dashboard blogger telah selesai. Cara selanjutnya mengatur template blog atau membuat posting baru pada blog.

Akan muncul jendela baru pada browser Anda, kemudian klik tombol Sesuaikan untuk melakukan pengaturan template blog. Lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Blog Gratis
Untuk mengatur template blog baru Anda, klik tombol Sesuaikan.

Akan tampil jendela pengaturan template blog. Ada beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk pengaturan template blog, dari sebelah kiri terdapat menu Latar belakang yang berfungsi untuk mengatur background blog, dibawahnya terdapat Sesuaikan lebar yang berfungsi untuk mengatur berapa lebar blog Anda. Kemudian menu Tata letak untuk mengatur tata letak blog, di dalamnya terdapat beberapa pilihan tata letak yang bisa diaplikasikan. Di bawahnya lagi terdapat pengaturan Tingkat Lanjut, yang memungkinkan Anda mengatur detail template blog, mulai dari warna huruf, ukuran huruf, dan sebagainya.

Bergeser sedikit ke kanan, terdapat menu Langsung di Blog yang menandakan template yang sedang digunakan saat ini pada blog Anda.

Bergeser lagi kesebelah kanan, pada bagian atas terdapa beberapa pilihan template blog yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah Sederhana, Tampilan Dinamis, Jendela Gambar, PT. Keren Sekali, dan lain-lain. Jika ingin mengubah template, pilih salah satunya. Di bagian bawahnya terdapat pilihan Subtemplate.

Jika pengaturan template blog sudah sesuai, klik tombol Terapkan ke Blog, kemudian untuk kembali ke dashboard blogger Anda klik tombol Kembali ke Blogger. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Blog Gratis
Gambar jendela pengaturan template blog, rangkaian proses cara membuat blog baru.

Cara Membuat Posting/Entri Baru pada Blog

Cara membuat posting atau entri baru pada blog sangat mudah, cukup klik tombol Cara membuat blog baru atau tombol Cara membuat blog baru pada dashboard blogger Anda. Kemudian Anda akan diarahkan langsung pada tampilan layar posting atau layar pembuatan entri. Isi dengan artikel yang sudah direncanakan, kemudian klik Publikasikan jika sudah selesai. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:
Cara Membuat Posting Blog
Cara membuat pos pada blog, rangkaian proses cara membuat blog baru.

Optimasi Blog Anda Dengan Trik SEO

Setelah Anda membuat blog baru, cara selanjutnya adalah melakukan optimasi SEO, agar blog yang telah Anda buat memperoleh kunjungan tinggi dari mesin pencari. Jika tidak mengandalkan mesin pencari, mustahil blog kita akan ramai pengunjung, meskipun Anda aktif mempromosikan blog melalui jejaring sosial maupun forum-forum sosial. Agar blog kita mendapatkan pengunjuk dalam jumlah besar dari mesin pencari, tentu saja blog kita harus memiliki kualitas yang baik, sehingga bisa berada dalam posisi strategis pada hasil penelusuran mesin pencari. Beberapa langkah sederhana perlu Anda lakukan untuk mengoptimasi blog yang telah Anda buat agar mampu memenangkan persaingan dengan blog lain pada hasil penelusuran. Lihat selengkapnya materi tentang cara optimasi blog dalam artikel Trik Mudah SEO, Cara Optimasi Blog Anda

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Cara Membuat Blog Gratis, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER