MANFAAT SEMANGKA DAN KHASIATNYA SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Manfaat Semangka Dan Khasiatnya Sebagai Obat Tradisional - Semangka merupakan salah satu jenis buah yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bentuk buahnya secara umum bulat, dengan warna kulit hijau tua hingga hijau muda. Beberapa diantaranya terdapat garis-garis berwarna putih kekuningan hingga hijau gelap. Warna daging buahnya secara umum merah, tetapi ada beberapa varietas semangka dengan daging buah berwarna kuning. Dengan teknik pemuliaan tanaman yang dikembangkan, kini sudah banyak dibudidayakan semangka tanpa biji. Semangka tanpa biji ini memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibanding dengan semangka berbiji. Buah semangka memiliki rasa manis dan segar dengan kadar air yang tinggi. Tanaman semangka merupakan jenis tanaman yang bertipe menjalar. Namun, beberapa teknik budidaya yang dikembangkan telah berhasil memanipulasi arah pertumbuhan tanaman ini dengan cara mengikatkan pada ajir atau lanjaran, sehingga arah pertumbuhannya menjadi tegak. Dengan demikian, produktivitas lahan yang digunakan akan lebih optimal.

Buah ini sangat cocok dimakan saat musim kemarau atau setelah beraktivitas tinggi dan saat tubuh mengalami dehidrasi. Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, buah semangka ternyata banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga buah ini bermanfaat besar bagi kesehatan. Bahkan tidak jarang masyarakat yang memanfaatkan buah semangka sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Dan secara empiris, buah ini memang memiliki khasiat yang cukup ampuh sebagai obat tradisional.

Kulit dan daging buah semangka yang bersifat dingin, dalam teori pengobatan China, dinyatakan berhubungan dengan beberapa meridian fital dalam tubuh, diantaranya adalah meridian jantung, lambung, dan kandung kemih. Karena itulah, buah semangka bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk penyejuk tubuh, peluruh kencing, pelumas lambung dan usus, serta obat antiradang.

Pada pengobatan tradisional China, buah semangka sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gejala penyakit seperti suhu tubuh tinggi dengan mengeluarkan keringat dingin dan disertai diare. Selain itu, karena kemampuannya sebagai obat tradisional peluruh kencing, buah semangka juga berperan untuk membersihkan ginjal, sehingga ginjal menjadi lebih sehat. Juga untuk mengobati radang kandung kemih.



Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam daging buah semangka diantaranya adalah karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Sedangkan kandungan senyawa lain yang juga diperlukan oleh tubuh dalam buah semangka adalah asam amino sitrulin, likopen, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, asam amino asetat, karoten, bromine, natrium, kalium, lisin, silvit, fruktosa, dekstrosa, sukrosa.

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah semangka bermanfaat untuk membantu kerja jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh dan mengontrol tekanan darah agar lebih stabil. Sementara kandungan sitrulin dan arginin berkhasiat untuk meningkatkan jumlah urin yang dikeluarkan, dengan demikian kesehatan ginjal akan lebih terjaga. Sedangkan likopen berperan sebagai antioksidan yang memiliki keunggulan-keunggulan bila dibanding peran antioksidan dari vitamin C dan vitamin E.

Khasiat Buah Semangka Sebagai Obat Tradisional

Kandungan likopen yang cukup tinggi pada buah semangka sangat berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi serangan penyakit kanker prostat. Sementara kandungan asam amino sitrulin yang juga cukup tinggi berkhasiat sebagai obat tradisional untuk megatasi gangguan fungsi ereksi pada pria. Diketahui bahwa asam amino sitrulin mampu meningkatkan produksi nitroksida dalam tubuh, sedangkan nitroksida sendiri berfungsi untuk meningkatkan kemampuan ereksi pada pria. Asam amino sitrulin tergolong mudah diserap, sehingga kandungan yang tinggi pada buah semangka dapat mencukupi konsentrasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Semangka Untuk Menghaluskan Kulit Secara Alami

Kulit semangka dikeringkan telebih dahulu, kemudian digiling menjadi tepung. Campurkan dengan satu batang lidah buaya dan satu buah timun yang berukuran sedang. Haluskan campuran tersebut dengan cara diblender, kemudian digunakan sebagai masker pada kulit wajah. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu hingga kulit wajah Anda tampak halus dan lebih cerah. Ramuan tersebut juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

Semangka Sebagai Obat Penyakit Kencing Manis

Ambil kulit semangka sebanyak 40 gram dan jambu biji setengah matang atau dalam kondisi mengkal sebanyak satu buah. Potong kecil-kecil kulit semangka dan jambu biji tersebut, lalu rebus dengan air sebanyak 750 ml hingga air tersisa kurang lebih 250 ml. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari sampai penyakit sembuh.

Selain itu, sebagai obat tradisional kencing manis juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan biji semangka. Kumpulkan satu genggam biji semangka, kemudian rebus dengan air mendidih sebanyak satu liter selama 45 menit. Minum air rebusan biji semangka tersebut setiap hari sampai penyakit kencing manis sembuh.

Semangka Sebagai Obat Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Sebagai obat tradisional darah tinggi, dapat dengan memanfaatkan daging buah atau kulit buah. Untuk memanfaatkan daging buah, buat jus semangka, minum secara rutin 2 gelas setiap hari. Selain itu, obat tradisional ini juga dapat memanfaatkan kulit buah semangka. Ambil 40 gram kulit buah semangka dan 40 gram gambir. Seduh dengan 200 ml air mendidih. Minum dalam keadan hangat setiap hari hingga penyakit hilang.

ARTIKEL POPULER