BISNIS ONLINE, PELUANG USAHA RUMAHAN ATAU USAHA SAMPINGAN

Peluang usaha bisnis online semakin besar, pasalnya kemajuan teknologi dan komunikasi telah membuka berbagai transaksi perdagangan secara online. Jika Anda tertarik untuk membidik peluang usaha bisnis online dan menjadikannya sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Ya, tanpa sebuah persiapan yang matang, usaha seperti apapun tidak akan berkembang dengan baik.

Apa keuntungan membidik peluang usaha bisnis online?

Pertanyaan itu sering muncul dari masyarakat yang tidak mengetahui seluk beluk dunia online, atau orang yang sekedar memanfaatkan dunia online sebagai sarana hiburan saja. Secara umum, peluang usaha bisnis online ini cukup memikat dan menggiurkan, terutama bagi kalangan remaja atau angkatan kerja muda dan ibu-ibu rumah tangga. Keuntungan membidik peluang usaha bisnis online ini disamping tidak membutuhkan modal yang besar, juga bisa dilakukan oleh siapapun, tidak membutuhkan keahlian atau keterampilan khusus, tidak membutuhkan sertifikasi atau ijazah dari lembaga pendidikan manapun, bisa dilakukan sebagai usaha rumahan, dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Untuk menjalankan bisnis online sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan, Anda tidak perlu berlama-lama berada dalam bangku pendidikan, atau tidak perlu mengajukan proposal usaha dari satu bank ke bank lain hanya untuk mendapatkan modal besar. Kenapa? Karena bisnis online ini dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh anak kelas 6 SD sekalipun. Dan tentu saja Anda tidak perlu mengadakan infestasi yang besar atau biaya operasional yang besar. Kantor bisa menggunakan kamar kost atau ruang tamu, atau bahkan dapur sekalipun. Biaya operasional? Praktis Anda hanya mengeluarkan biaya operasional untuk bayar koneksi internet bulanan dan listrik.

Apakah peluang usaha bisnis online tidak membutuhkan tenaga kerja?




Tergantung bagaimana konsep bisnis online yang dipilih dan bagaimana Anda mengelolanya. Hal ini tidak berbeda jauh dengan praktik-praktik usaha lainnya. Sejauh kapasitas usaha masih bisa ditangani sendiri, tentu saja tidak membutuhkan tenaga kerja. Untuk memulai dan merintis bisnis online sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan, kebanyakan orang melaluinya tanpa peran tenaga kerja. Hal ini juga sama ketika Anda membuka usaha warung makan di rumah, atau membuka usaha kecil-kecilan di kios sewa, kebanyakan yang melalui ini juga belum membutuhkan tenaga kerja. Jadi, hal ini sangat tergantung bagaimana konsep bisnis online yang akan dikembangkan.

Bagaimana persiapan memulai bisnis online dan menjadikannya sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan?

Anda harus memulainya dengan memahami bagaimana peluang usaha bisnis online dapat dijalankan. Secara umum, peluang usaha bisnis online dapat berjalan dan berkembang dengan baik jika kita memiliki jaringan online yang kuat. Sehingga, strategi utama yang nantinya harus dikembangkan dalam menjalankan bisnis online ini adalah membangun sebuah jaringan yang kuat. Jaringan yang kuat bisa dibangun dari berbagai jejaring sosial yang ada, misalnya Google Plus, Facebook, Twitter, LinkedIn, dll. Selain itu, membangun jaringan juga bisa dilakukan melalui forum-forum sosial yang ada, misalnya forum detik, forum kaskus, forum kompas, dll.

Langkah selanjutnya adalah persiapan mental. Betul, mengelola usaha bisnis online meskipun hanya sebatas usaha rumahan atau usaha sampingan, tetapi betul-betul membutuhkan mental yang kuat. Pasalnya, peluang usaha ini tidak akan bisa direalisasikan dalam waktu hanya satu atau dua bulan saja. Mental yang kuat akan mengarahkan dan menggerakkan konsistensi kita untuk tetap mengelolanya, meskipun secara finansial belum menghasilkan. Memahami bagaimana peluang usaha ini dapat dijalankan, akan membantu menumbuhkan kesadaran, bahwa konsistensi tetap harus terjaga hingga Anda bisa menikmatinya. Tanpa persiapan mental yang kuat, mustahil konsistensi dapat terbangun dalam diri Anda. Tanpa konsistensi, mustahil peluang usaha bisnis online dapat direalisasikan.

Setelah memahami dan mempersiapkan mental Anda untuk membidik peluang usaha bisnis online, maka langkah selanjutnya adalah keputusan untuk memulai. Hanya itu. Ingat, langkah pertama Anda akan menentukan ribuan langkah ke depan. Begitu Anda memulainya, cari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis online. Bagaimana konsep yang akan dikembangkan, dan bagaimana bentuk usaha yang akan dijalankan. Setelah itu, tentukan pilihan dan bekerjalah dengan konsistensi Anda.

Bagaimana saya membuat konsep untuk merealisasikan peluang usaha tersebut?

Ada beberapa jenis peluang usaha bisnis online yang bisa menjadi target Anda, dan sesuaikan dengan kemampuan, hobi, dan potensi yang Anda miliki. Setelah memilih jenis peluang usaha tersebut, maka dengan sendirinya Anda bisa membuat konsep yang paling sesuai dengan potensi. Beberapa jenis peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan dalam bisnis online diantaranya adalah blogging, program paid to click (PTC), pengetikan captcha, jasa pemasaran online, penjualan barang online, penjualan jasa online, dll.

Apa yang saya butuhkan untuk memulai bisnis online sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan?

Pertanyaan yang sangat normatif, dan wajar, karena bagi pemula, informasi tentang bisnis online memang sangat minim. Tidak banyak perangkat yang dibutuhkan untuk membidik peluang usaha bisnis online tersebut. Paling tidak Anda harus memiliki satu unit komputer atau laptop yang dilengkapi jaringan internet. Itu saja, selebihnya adalah kemauan Anda untuk memulainya.

Bagaimana tips membangun jaringan untuk mengembangkan peluang usaha bisnis online?

Membangun jaringan berfungsi untuk mempromosikan usaha bisnis online Anda. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun jaringan tersebut. Jika Anda seorang pengguna Facebook, jejaring sosial ini memiliki pengguna yang sangat tinggi, bahkan reputasi pengguna Facebook hampir menyamai pengguna google. Anda bisa bermain dan memanfaatkan Facebook untuk membangun jaringan dan mempromosikan bisnis online Anda. Selain Facebook, jejaring sosial lain yang memiliki reputasi tinggi adalah Twitter. Manfaatkan keberadaan Twitter, sehingga bisnis Anda bisa dikenal lebih luas lagi. Masih ada lagi yang tidak boleh Anda tinggalkan, jika ingin membangun jaringan dan mempromosikan peluang usaha yang sedang Anda bangun untuk mengembangkan bisnis online, yaitu Google Plus. Jejaring sosial yang dikelola oleh Google ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah jaringan yang sangat luas dan tidak ada pembatasan jumlah orang yang mengikuti Anda. Dengan fasilitas Google Plus, Anda tidak terbatas memperkenalkan bisnis online yang sedang dirintis hanya pada teman-teman dalam lingkaran yang Anda miliki saja, tetapi bisa lebih luas lagi. Pengguna Google Plus juga lebih melebur dalam satu wadah, sehingga saat Anda mempromosikan produk atau usaha Anda, maka ribuan bahkan jutaan orang yang akan melihat posting Anda. Segudang kelebihan yang dimiliki oleh jejaring sosial yang satu ini. Tetapi perlu diingat, jangan terlalu vulgar dan berlebihan dalam bermain Google +, karena akan dianggap spam oleh sang admin. Untuk membuat dan memulai bergabung dalam Google Plus, Anda bisa masuk melalui url https://plus.google.com/.

Secara pribadi, hingga artikel ini dibuat, saya hanya mengandalkan Google Plus untuk mendongkrak reputasi bisnis online saya. Bukan mengabaikan jejaring sosial lain, tetapi memang waktu yang saya gunakan untuk bermain di Google Plus sangat besar, jadi hampir tidak ada waktu untuk bermain di jejaring sosial lain. Maklum, usaha bisnis online yang saya kembangkan masih dikelola sendiri di rumah. Jangan biarkan peluang usaha yang besar ini berlalu begitu saja. Tangkap dan realisasikan peluang usaha tersebut.

Peluang Usaha Bisnis Online

Ada banyak sekali pilihan peluang usaha bisnis online yang bisa Anda jalankan. Di bawah ini beberapa contoh peluang usaha yang bisa dijadikan pilihan.
  1. Blogging, dengan sasaran pendapatan dari program periklanan atau adsense. Jika Anda memiliki keahlian dan kegemaran untuk menulis, maka blogging menjadi pilihan yang tepat. Disamping menyalurkan hobi menulis, juga dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit.
  2. Forex atau trading, jenis usaha ini agak membutuhkan keahlian khusus, terutama ketajaman dan akurasi analisa kita untuk memperkirakan pergerakan mata uang internasional. Jika Anda memiliki ketajaman dalam analisa, pilihan bisnis online ini sagat cocok.
  3. Toko online, Anda bisa membuat blog yang khusus untuk menawarkan barang-barang dagangan Anda. Jika memilih bisnis ini, tentu saja harus mempertimbangkan barang dagangan yang tepat, yaitu sesuai untuk kiriman jarak jauh.
  4. Jasa desainer, Jika Anda memiliki kemampuan dan kreatifitas tinggi dalam desain, maka pilihan ini sangat cocok. Sesuaikan dengan kemampuan Anda. Beberapa peluang usaha jasa desainer yang bisa jalankan antara lain, jasa pembuatan web desain, jasa perancangan desain pakaian, jasa pembuatan grafik desain, dll.
  5. Pengetikan captcha, ada banyak situs yang menyediakan peluang usaha untuk pengetikan captcha, Anda tinggal browsing dan cari informasi yang lebih lengkap. Usaha ini dibutuhkan kebiasaan Anda dalam mengetik. Semakin terampil dan cepat tangan Anda mengetik, semakin besar Anda akan memperoleh bayaran. Usaha ini banyak digeluti oleh kaum wanita.
  6. Jasa Penjualan VCC (virtual credit card), usaha ini pada dasarnya menyediakan fasilitas kartu kredit virtual yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi rekening paypal.
  7. Jasa penyewaan kantor virtual, secara pribadi saya belum tahu banyak tentang jenis usaha yang satu ini, oleh karena itu, Anda bisa mencarinya dengan browsing di internet.

Demikian informasi singkat yang dapat kami sajikan, semoga dapat menggugah semangat dan kemauan Anda dalam menangkap peluang usaha. Untuk informasi selengkapnya tentang jenis dan bentuk peluang usaha yang ada, silahkan Anda browsing sendiri sesuai dengan tingkat kebutuhan informasi yang diperlukan. Terima kasih, selamat memulai usaha bisnis online dan semoga sukses! Salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER