TIPS MEMERIKSA BODY MOBIL SAAT MEMILIH MOBIL BEKAS

Bagi yang tidak pernah bergelut di bidang otomobil, tentu saja memilih dan membeli mobil bekas menjadi hal yang beresiko. Pasalnya, tidak jarang mobil bekas yang dijual pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan yang parah sebelumnya. Oleh karena itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih dan membeli mobil bekas. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih dan membeli mobil bekas adalah keutuhan atau standah body mobil bekas yang baik. Jika salah memilih, bisa dipastikan mobil bekas yang Anda beli memiliki body yang tidak ideal, dan tidak jarang body yang sudah tidak layak akan mengurangi fungsi dan kenyamanan mobil Anda.

Bagaimana cara menentukan standar body mobil bekas yang baik?

Untuk memilih mobil bekas dengan standar body yang masih layak, Anda harus melakukan beberapa pengamatan pada body mobil yang akan dibeli. Di bawah ini kami akan menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengamati body mobil, saat Anda memilih mobil bekas.



  1. Body belum pernah didempul atau dicat ulang atau dikenteng. Lihat Kondisi body pada siang hari dan terkena sinar matahari langsung, karena akan memudahkan untuk melihat apakah mobil pernah dicat ulang atau belum. Untuk melihat apakah body mobil pernah didempu atau belum, Anda harus melihat kondisinya dari samping sisi yang dilihat. Amati, jika terdapat lekukan, segera diraba atau dielus dengan tangan. Untuk mengamati cat body, Anda harus memperhatikan cat pada semua bagian, apakah cat tersebut masih sama atau warnanya berbeda. Untuk memastikan apakah cat pernah diubah atau belum Anda bisa melihatnya pada kompartemen mesin yang letaknya berada di dekat master rem, biasanya terdapat plat yang menunjukkan jenis dan tipe cat yang digunakan.
  2. Perhatikan celah sambungan pintu dengan body atau spakbor, Anda bisa melihatnya dari belakang. Apakah masih simetris atau tidak, jika tidak, kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami benturan. Jangan lupa, pengamatan seperti ini juga dilakukan pada celah kap mesin, dan dudukan lampu depan atau belakang. Selain itu, posisi bumper depan dan belakang juga harus diperhatikan. Lihat dari jarak agak jauh, jika terlihat miring, berarti mobil tersebut pernah mengalami benturan.
  3. Coba buka dan tutup kembali semua pintu dengan tekanan normal. Jika pintu dalam kondisi baik, tentunya tekanan yang dibutuhkan untuk membuka maupun menutup tidak begitu besar. Tidak semua jenis mobil memiliki tekanan yang sama, jadi Anda membutuhkan feeling untuk yang satu ini.
  4. Setelah itu, sekarang giliran melakukan pengontrolan pada kap mesin, penutup bensin, dan pintu bagasi. Coba dibuka dari handle mobil tersebut, apakah masih memiliki tekanan yang normal atau tidak, jika terlalu berat, atau sulit membuka, kemungkinan pernah terjadi kerusakan pada bagian tersebut. Selain itu, coba buka penutup bensin dan bagasi menggunakan kunci, perhatikan apakah masih normal atau tidak. Jika pernah dilakukan penggantian, biasanya akan sedikit keras saat memutar kunci. Jangan lupa perhatikan juga bagian dalamnya, apakah sudah terdapat karat atau belum.
  5. Jika mobil bekas yang akan dibeli menggunakan remote control maupun alarm, coba untuk membuka dan mengunci pintu mobil tersebut. Lakukan beberapa kali dengan waktu jeda, apakah masih bisa mengunci atau membuka dengan normal atau tidak. Selain itu, Anda juga haru mencoba untuk mengunci dengan posisi pintu terbuka. Jika remote alarm masih dalam kondisi yang bagus, idealnya saat dikunci akan membuka lagi secara otomatis.
Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam memilih mobil bekas. Semoga informasi yang kami sajikan ini dapat memberikan manfaat yang besar. Salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER