PELUANG USAHA BISNIS BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu, jamur tiram memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Peluang usaha jamur tiram memiliki prospek yang sangat bagus. Selain itu, peluang usaha ini juga memiliki berbagai subsektor yang bisa disesuaikan dengan minat, bakat, kondisi permodalan, serta potensi lain yang Anda miliki.

Selain itu, peluang usaha jamur tiram juga bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, baik pada subsektor budidaya, pemasaran, hingga subsektor pengolahan hasil. Secara teknis, ketiga subsektor usaha jamur tiram tersebut tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan. Budidaya jamur tiram bisa dilakukan dengan teknik yang sangat sederhana, pemasaran juga masih terbuka sangat besar, mengingat konsumen jamur tiram semakin hari kian meningkat. Untuk subsektor pengolahan hasil, banyak yang telah melakukan berbagai inovasi untuk memberikan nilai tambah terhadap produk jamur tiram. Kebanyakan produk olahan jamur tiram sangat disukai oleh masyarakat, dengan demikian, menggeluti peluang usaha jamur tiram pada subsektor pengolahan hasil juga tidak ada salahnya.

Potensi Usaha Jamur Tiram

Produksi jamur tiram banyak dilakukan di daerah Jawa Barat, yang tercatat kurang lebih sekitar 10 ton produksi jamur tiram setiap hari. Dengan potensi sebesar itu, inovasi pengolahan hasil untuk jamur tiram juga banyak dilakukan oleh masyarakat di daerah Jawa Barat. Beberapa daerah penghasil jamur tiram di Jawa Barat antara lain Karawang, Bogor, Bandung, dan Sukabumi, dengan pemasaran yang dilakukan baik dalam bentuk segar maupun olahan. Dari seluruh produksi jamur tiram di Indonesia, baru mampu memenuhi kurang lebih 50% permintaan pasar dalam negeri. Potensi peluang usaha jamur tiram ini masih sangat terbuka lebar, dimana permintaan pasar luar negeri belum mampu terpenuhi oleh produksi dalam negeri. Dengan demikian, menangkap peluang usaha jamur tiram akan memiliki potensi pengembangan yang sangat besar.

Kenapa Memilih Usaha Jamur Tiram?




Peluang usaha jamur tiram baik pada subsektor budidaya, pemasaran, maupun pengolahan hasil dapat dilakukan dengan fleksibel dan tidak menyita banyak waktu maupun tenaga. Sehingga peluang usaha ini dapat dijalankan oleh siapapun baik sebagai usaha utama maupun usaha sampingan di rumah. Bahkan peluang usaha jamur tiram ini tidak jarang dipilih oleh ibu-ibu rumah tangga untuk mengisi waktu senggangnya di rumah, karena memang penanganannya yang tidak begitu rumit. Keuntungan lain membidik peluang usaha jamur tiram ini adalah terbukanya pangsa pasar, baik pasar dalam negeri maupun pasar internasional. Peluang pasar yang besar tersebut tentu akan memberikan peluang yang besar pula untuk pertumbuhan dan perkembangan usaha jamur tiram. Kelebihan peluang usaha jamur tiram ini belum tentu terdapat pada peluan usaha yang lain. Ditambah lagi respon masyarakat yang sangat besar terhadap produk jamur tiram, baik dalam bentuk segar maupun olahan.

Dengan memilih usaha jamur tiram baik sebagai usaha utama maupun usaha sampingan, akan memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan aktivitas perekonomian nasional. Sehingga pengoptimalan peluang usaha ini merupakan suatu langkah yang tepat untuk membantu pemulihan perekonomian nasional. Pemanfaatan input produksi menggunakan sumberdaya lokal dan mengandalkan peluang pasar dalam negeri akan memberikan keuntungan tersediri bagi yang memilih peluang usaha jamur tiram ini. Hal ini sudah banyak terbukti, dimana UKM yang memanfaatkan potensi dan peluang lokal ternyata mampu bertahan di tengah-tengah badai krisis nasional. Dengan demikian, mimilih dan membidik peluang usaha jamur tiram bukan saja memberikan solusi dalam perekonomian rumah tangga, tetapi juga membantu memberikan solusi terhadap perekonomian nasional. Ditambah lagi jika usaha jamur tiram yang Anda jalankan telah berkembang, akan menyerap sejumlah tenaga kerja. Dengan prestasi tersebut, tentu saja Anda telah membantu memecahkan masalah besarnya angka pengangguran.

ARTIKEL POPULER