CARA MELEPAS KACA FILM PADA MOBIL

Melepas kaca film pada mobil terutama dilakuan pada mobil-mobil yang kaca filmnya sudah berumur dan akan diganti. Memiliki mobil yang tidak dipasangi kaca film memang sangat tidak nyaman, selain bagian dalam mobil terlihat sangat jelas dari luar, sinar matahari yang masuk juga akan membuat silau penumpang di dalamnya. Selain itu, kaca film yang memiliki penampilan menarik juga akan memberikan nilai estetika tersendiri sehingga tampilan mobil Anda akan lebih prima.

Kaca film yang sudah rusak atau berumur tua, selain mengurangi penampilan mobil Anda juga sudah mengurangi fungsi utamanya, yaitu sebagai pelindung bagian dalam kabin mobil Anda. Beberapa hal yang menunjukkan bahwa kaca film sudah harus diganti adalah munculnya gelembung-gelembung udara pada kaca film, serta pudarnya warna kaca film, misalnya berubah menjadi warna ungu.

Munculnya titik-titik gelembung udara pada kaca film semakin lama semakin melebar. Dengan demikian, mau tidak mau kaca film mobil Anda harus segera diganti. Sementara itu, pudarnya warna kaca film juga bisa diakibatkan bahan celupan non-metalik pada kaca film telah rusak, sehingga berganti warna.

Jika Anda langsung mencopot kaca film dengan cara menariknya begitu saja, maka hasilnya tidak akan sempurna, dan masih terdapat sisa-sisa sobekan kaca film pada mobil Anda. Lalu bagaimana cara melepas kaca film yang sudah rusak pada mobil kita? Di bawah ini akan kami sajikan informasi mengenai cara melepas kaca film pada mobil.

  1. Melepas kaca film pada mobil dengan metode pemanasan



  2. Metode pemanasan ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat pemanas, seperti steamer yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau pada mobil atau bisa juga menggunakan alat sederhana, yaitu hair dryer atau alat pengering rambut yang biasa digunakan di salon-salon. Jika menggunakan hair dryer sebaiknya jarak pemanasan tidak terlalu dekat, karena panas yang dihasilkan dari hair dryer ini terlalu tinggi untuk kapasitas kaca film.

    Panaskan lebih dahulu bagian ujung kaca film hingga terlepas dengan sendirinya dan bisa ditarik menggunakan kuku. Tarik bagian yang terkelupas tersebut secara pelan-pelan sambil terus memanaskan bagian kaca film yang belum terkelupas secara bertahap. Lakukan dengan hati-hati, sambil terus memanaskan bagian yang sedang dikelupas, jangan sampai kaca film pecah.

    Bersihkan sisa lem perekat kaca film yang masih menempel di kaca mobil Anda menggunakan kain halus atau handuk. Tekan dengan keras hingga lem perekat tersebut menempel pada kain atau handuk. Jika tetap belum bisa dibersihkan, panaskan dulu sisa lem perekat tersebut kemudian ulangi menekan dengan handuk hingga bisa menempel dan terangkat.

    Setelah lem perekat kaca film dibersihkan semua, langkah selanjutnya adalah membersihkan kaca mobil menggunakan pembersih kaca yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca dalam rumah Anda.

  3. Melepas kaca film pada mobil dengan metode penyabunan
  4. Metode ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tida memiliki alat pemanas tersebut. Metode ini dilakukan dengan terlebih dahulu membuat goresan menggunaan cutter pada kaca film yang akan dilepas, kemudian tarik pada bagian goresan tersebut. Kaca film tidak akan terkelupas dengan rapi, dan tetap menjadi potongan-potongan. Semprotkan sisa lem perekat dengan air sabun deterjen. Setelah itu, kerok lem tersebut menggunakan cutter. Pastikan semua lem perekat yang masih menempel pada kaca mobil Anda sudah terangkat semua. Bersihkan kaca mobil dengan pembersih kaca.
Demikian informasi yang dapat kami sajikan tentang Cara Melepas Kaca Film Pada Mobil, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER