TIPS KESEHATAN - MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

Tips Kesehatan - Tampil sehat dan bugar adalah impian setiap orang. Namun, kadang kala kita dihadapkan pada kondisi dimana performa dan penampilan kita menjadi tidak bergairah. Kondisi perubahan lingkungan terutama menjelang musim hujan atau kemarau biasanya membuat daya tahan tubuh kita menurun, sehingga tubuh kita menjadi mudah terserang penyakit.

Perlu Anda ketahui, bahwa kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Seseorang bisa mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan milyaran rupiah untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit yang dideritanya. Syukurilah anugerah kesehatan yang telah diberikan. Jangan berlebihan menyikapi persoalan hidup, karena hal itu akan mengurangi rasa nikmat syukur. Bersikaplah sedikit santai dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup yang mencerminkan sebuah keikhlasan, karena hal ini akan turut berperan dalam kesehatan Anda.

Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat menjadi keharusan jika kita ingin tampi sehat dan bugar setiap saat. Berikut ini kami akan menyajikan beberapa tips kesehatan untuk mendukup pola hidup sehat.

Tips Kesehatan 1 – Memilih Menu Makanan Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat




Makanan sangat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran seseorang. Makan yang mengandung banyak kalori tentu saja akan mempengaruhi energi yang dimiliki seseorang. Begitu juga sebaliknya, makanan yang rendah mengandung kalori tentu saja tidak akan mencukupi kebutuhan energi seseorang. Oleh karena itu, memilih menu makanan merupakan tips pertama jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat. Usahakan menu makanan sehari-hari yang Anda konsumsi mengandung banyak gizi dan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, dan cukup air.

Usahakan untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat memacu kadar kolesterol dalam darah. Usahakan untuk selalu berkonsultasi pada ahli gizi mengenai takaran yang proporsional untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, maka secara tidak langsung tubuh akan memproduksi antibodi yang dapat menangkal setiap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Disamping itu, kecukupan gizi juga berfungsi untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak akibat aktivitas sehari-hari.

Jika Anda tidak menerapkan pola konsumsi yang seimbang dengan kebutuhan tubuh Anda, dalam jangka waktu tertentu daya tahan tubuh maupun kondisi kesehatan Anda akan mengalami penurunan. Perlu diketahui, bahwa disfungsi organ tubuh tidak harus terjadi secara mendadak, tetapi bisa terjadi secara berangsur-angsur, yang salah satu penyebabnya adalah akibat menu makanan yang tidak seimbang.

Memang, menentukan takaran yang sesuai untuk kebutuhan tubuh Anda tidaklah mudah, mingingat aktivitas yang dilakukan setiap hari juga membutuhkan energi yang berbeda-beda. Konsultasi kepada ahli gizi akan membantu menentukan takaran tubuh secara umum, meskipun hal itu belum tentu sesuai bila diterapkan oleh seseorang. Namun, dengan mengetahui takaran secara umum, setidaknya kita mampu melakukan kontrol terhadap pola makan. Sebagai referensi untuk menu makanan sehat silahkan kunjungi artikel Aneka Menu Makanan Sehat Yang Paling Direkomendasikan.

Tips Kesehatan 2 – Olah Raga Sebagai Bagian Dari Pola Hidup Sehat

Olah raga merupakan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan untuk menerpakan pola hidup sehat. Dengan melakukan olah raga secara terukur dan teratur tubuh kita akan terasa tetap segar dan bugar. Menurut beberapa penelitian, orang yang melakukan olah raga rutin dapat meningkatkan produktivitas kerjanya, jadi jangan beranggapan bahwa berolah raga itu membuang-buang waktu. Olah raga dapat membantu tubuh untuk membakar lemak, memperlancar peredaran darah, serta meningkatkan fungsi sistem pencernaan, pernapasan, dan ekskretoris. Dengan melakukan olah raga secara rutin, seseorang akan mudah untuk beristirahat dan tidur dengan lebih baik. Tidak bisa disangkal, olah raga memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita. Karenanya, pada artikel kali ini kami memasukkan olah raga sebagai tips kesehatan 2 sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat.

Untuk berolah raga tidaklah membutuhkan biaya yang banyak. Anda bisa melakukan olah raga dengan biaya yang sangat murah bahkan gratis. Setidaknya dalam seminggu Anda harus berolah raga selama 4 jam agar tubuh tetap sehat dan bugar. Jika tidak ingin melakukan olah raga yang berat, lakukanlah olah raga yang ringan. Bahkan disarankan untuk tidak berolah raga melampaui batas kemampuan tubuh. Olah raga ringan, seperti jalan santai, sudah cukup untuk mendukung pola hidup sehat yang Anda terapkan.

Tips Kesehatan 3 – Istirahat Yang Cukup Merupakan Bagian Dari Pola Hidup Sehat

Jangan pernah menyepelekan istirahat jika Anda hendak menerapkan pola hidup sehat. Istirahat janganlah dimaknai sebagai sifat yang malas-malasan. Jika diibaratkan sebuah mesin yang akan terus memanas jika tidak didinginkan, tubuhpun demikian. Tubuh kita akan memanas akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Oleh karena itu, tubuh juga butuh proses pendinginan, yaitu dengan beristirahat. Setelah beristirahat, tubuh Anda akan kembali bugar, sehingga aktivitas yang dilakukan akan lebih efisien. Dengan demikian, pekerjaan yang Anda lakukan juga akan lebih produktif.

Saat seseorang sedang beristirahat, metabolisme di dalam tubuh akan melambat, dan pada saat yang demikian, sel-sel tubuh yang telah rusak akibat aktivitas seharian akan digantikan dengan sel-sel baru. Sebagian besar orang tidak memahami akan hal ini, sehingga terlalu memfokuskan diri pada pekerjaan selama bertahun-tahun dengan istirahat yang kurang. Akibatnya sistem tubuh secara perlahan akan mengalami penurunan fungsinya. Oleh karena itu, meluangkan waktu seminggu sekali untuk berlibur bersama keluarga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Demikian pentingnya fungsi istirahat bagi tubuh Anda, sehingga menjadi tips kesehatan 3 untuk mendukung pola hidup sehat.

Tips Kesehatan 4 – Bekerja Dengan Kenyamanan Bagian Dari Pola Hidup Sehat

Bekerjalah dengan kenyamanan, jangan terlalu terforsir dan dipaksakan hanya karena alasan ekonomi. Sejauh kita masih berada dalam lingkungan masyarakat, tidak ada alasan untuk takut mati kelaparan karena kehabisan biaya hidup. Kualitas hidup sangat ditentukan oleh kualitas pekerjaan kita. Kualitas pekerjaan kita sangat ditentukan oleh tingkat kenyamanan saat melakukan pekerjaan tersebut. Hindari filosofi bekerja karena uang, karena hal ini justru akan membuat kemerdekaan kita kian terampas. Pahamilah kerja sebagai sebuah aktivitas untuk menuangkan diri dalam dunia. Dengan beraktivitas, maka hakekat keberadaan kita sebagai manusia telah terpenuhi, dengan sendirinya, kecukupan dan kebutuhan hidup juga akan terpenuhi. Anda boleh tidak percaya terhadap hal ini, dan silahkan untuk membantah dengan sebuah arguman, “tidak ada orang yang bekerja bukan karena uang!” Anda akan mengalami sendiri, bekerja untuk alasan apapun, pada saatnya uang belum menjadi hak kita, maka ia tidak akan pernah datang. Karenanya, saya menyarankan, jangan bekerja karena uang. Kemerdekaan kita akan terampas, hakekat keberadaan kita akan tercampakkan, dan mental kita akan semakin terperosok untuk selalu dan selalu mengejarnya. Sekali lagi, hidup sehat sangat dipengaruhi oleh kualitas hidup. Kualitas hidup sangat ditentukan oleh kualitas pekerjaan. Dan kualitas pekerjaan sangat ditentukan oleh kenyamanan kita saat melakukan pekerjaan tersebut. Jadi, saran saya, bekerjalah dengan kenyamanan.

Tips Kesehatan 5 – Lingkungan Menentukan Pola Hidup Sehat

Lingkungan merupakan faktor terpenting yang menentukan tingkat kesehatan masyarakatnya. Lingungan yang kotor tentu saja akan memicu timbulnya penyakit. Demikian juga dengan lingkungan yang penuh dengan polusi, tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan manusia disekitarnya. Untuk faktor ini mungkin membutuhkan kesadaran umum yang harus dilakukan oleh semua pihak untuk mulai peduli terhadap lingkungan tempat tinggal kita. Namun, lingkungan dalam perspektif kehidupan sosial dapat kita siasati. Jika lingkungan tempat Anda berinteraksi banyak yang mengkonsumsi alkohol atau makanan yang dapat merusak kesehatan lain, tentu saja Anda bisa mengendalikan diri agar tidak terseret dengan aktivitas yang tidak mendukung pola hidup sehat. Begitu juga jika lingkungan Anda senang begadang, Anda bisa menjaga diri untuk tidak larut dalam kebiasaan-kebiasaan tersebut. Bukan berarti Anda harus menghindarinya, faktor terpenting adalah kemauan Anda untuk mengendalikan diri dengan tetap berinteraksi sebagai mahluk sosial.

Demikian informasi mengenai Tips Kesehatan ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjunganya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER