KANDUNGAN DAN MANFAAT TERONG BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Terong Begi Kesehatan - Terong (solanum melongena) merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman dari keluarga Solanaceae ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tanaman terong berasal dari India dan Sri Langka, dan merupakan kerabat dekat dengan tomat, cabai, kentang, ciplukan, tembakau, dan cepokak. Di dalam buah terong banyak terdapat biji-biji kecil menyerupai biji cabai atau tomat. Biji-biji di dalam buah terong tersebut mengandung alkaloid nikotin, kandungan yang juga terdapat pada tanaman tembakau. Ukuran dan tipe buah berbeda-beda, tergantung pada jenis atau varietas terong yang bersangkutan. Beberapa jenis ada yang berbuah dengan bentuk lonjong memanjang dan besar, ada yang bulat, ada yang lonjong memanjang dan kecil. Warna buah juga berbeda-beda, ada yang berwarna gelap keunguan, hijau muda, merah keunguan, putih, maupun hijau tua.

Buah terong mengandung beberapa zat yang diperlukan untuk menopang kesehatan tubuh, diantaranya adalah skopalamin, skopoletin, striknin, dan skoparon. Zat-zat tersebut diketahui mampu menghambat penyakit sawan, gugup, maupun kejang saraf. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika buah terong sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit kejang, seperti epilepsi. Kemampuan tersebut sangat diyakini terutama dalam pengobatan tradisional.

Berdasarkan beberapa sumber, terong bermanfaat untuk mengurangi resiko kejang, penghambat sel kanker, dan mengurangi resiko gangguan pembuluh darah. Bahkan di Nigeria, buah terong biasa dimanfaatkan sebagai tanaman kontrasepsi, terutama digunakan pada laki-laki. Menurut masyarakat Nigeria, buah terong juga berperan untuk mengurangi rasa gugup. Kemampuan buah terong dalam menekan penyakit gugup telah dibuktikan secara ilmiah dalam beberapa penelitian terhadap marmut yang diberi sari buah terong mentah.



Manfaat lain dari buah terong adalah untuk menekan dan mengurangi penyakit arterosklerosis yang disebabkan oleh terganggunya sistem transportasi zat makanan dan sirkulasi darah pada pembuluh darah arteri. Dengan demikian, buah terong secara tidak langsung dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kerusakan pada pembuluh darah arteri. Gangguan pada pembuluh darah biasanya diakibatkan oleh kandungan kolesterol dan timbunan lemak yang terlalu tinggi di dalam darah. Jika terjadi gangguan pada pembuluh darah tersebut, akan menyebabkan fungsi jantung menjadi tidak optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi penurunan fungsi jantung sebagai organ vital pada tubuh, hal ini sangat membahayakan nyawa seseorang. Oleh karena itu, konsumsi buah terong secara rutin dapat mengurangi resiko serangan penyakit jantung.

Di Korea buah terong kering banyak dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit, misalnya pinggang kaku, encok, dan penyakit nyeri lain. Bahkan pemanfaatan terong sebagai obat tradisional secara empiris telah dilakukan untuk menyembuhkan beberapa penyakit berat, seperti campak, cacar air, gastritis, luka bakar, dan menghentikan ketergantungan pada alkohol.

Beberapa pendapat yang keliru mengenai buah terong yang dapat menurunkan stamina terutama pada pria perlu untuk dikikis. Hal ini sangat berkebalikan dengan khasiat dan manfaat terong yang justru dapat meningkatkan stamina dan gairah, terutama pada pria karena terong memiliki efek afrodisiak setelah dikonsumsi. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan buah terong mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan mineral penting bagi tubuh. Pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa terong memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker. Bahkan buah terong diyakini mampu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti rematik, batuk, penyakit kulit, wasir, hingga penyakit raja singa.

Sementara itu, jus terong dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerusakan pada sel-sel tubuh dengan penyimpangan kromosom yang merupakan sinyal adanya kanker. Hal itu disebabkan buah terong mempunyai kandungan zat tripsin (protease) yang mampu melawan zat-zat yang dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh.

Dengan banyaknya manfaat yang terdapat pada buah terong, tidak ada salahnya untuk memasukkan sayuran ini sebagai salah satu menu sehat keluarga Anda.

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga artikel Kandungan Dan Manfaat Terong Bagi Kesehatan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjunganya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER