PELUANG USAHA BISNIS MAKANAN DARI JAGUNG

Jagung merupakan komoditas pangan kaya akan kandungan karbohidrat. Jagung biasa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan pangan, bahan pembuatan pakan ternak, maupun ikan. Peluang usaha bisnis makanan dari jagung bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil. Sementara potensi keuntungan usaha bisnis makanan dari jagung ini cukup besar. Pada artikel ini, kami akan membahas secara garis besar mengenai peluang usaha bisnis makanan dari jagung yang bisa dijadikan pilihan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Peluang usaha bisnis makanan - jagung bakar

Peluang usaha bisnis jagung bakar ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Bisa jalankan dengan modal yang tidak begitu besar dengan potensi keuntungan yang cukup besar. Usaha bisnis jagung bakar kini marak bermunculan di kota-kota besar. Sasaran pasar bisnis jagung bakar dari semua kalangan, baik anak-anak, remaja, orang tua, ekonomi lemah, hingga ekonomi kelas atas. Pasalnya, jagung bakar kini menjadi salah satu makanan tradisional dengan cita rasa yang cukup digemari oleh masyarakat. Apalagi jika bisnis jagung bakar ini sedikit dimodifikasi dengan menawarkan berbagai pilihan rasa kepada konsumen, tentu akan banyak dicari orang. Memang, makanan tradisional kini mulai banyak bermunculan di kota-kota besar dan memiliki banyak peminat. Tak terkecuali jagung bakar, dengan rasa yang gurih, makanan tradisional ini mulai melambung popularitasnya di perkotaan. Biasanya para pedagang jagung bakar menjajakan dagangannya menggunakan gerobak.

Peluang usaha bisnis makanan - jagung manis

Peluang usaha bisnis jagung manis juga mengalami peningkatan. Bahkan usaha bisnis yang satu ini sudah banyak dijalankan dengan konsep rumah makan semi modern. Beberapa gerai jagung manis di kota-kota besar mulai bermunculan, misalnya di kota gudeg, Yogyakarta, yang marak dengan hadirnya gerai jagung manis. Konsep penjualannya juga dibuat sedikit modern, dengan penyajian menu menggunaan cups atau cangkir. Peluang usaha bisnis jagung manis ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan kerobak.

Peluang usaha bisinis makanan - emping jagung




Emping jagung merupakan produk olahan dari jagung dengan cita rasa yang beragam, mulai dari gurih, manis, hingga pedas. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai cemilan ringan berbahan dasar jagung ini. Jika dibandingkan dengan jagung manis atau jagung bakar, produk olahan ini memang sedikit lebih rumit. Memerlukan proses penanganan sebelum bisa ditawarkan kepada konsumen. Namun, bagi yang menggemari kegiatan pengolahan tentu saja tidak mengalami kesulitan yang berarti. Pekerjaan yang agak membutuhkan sedikit keahlian dalam pembuatan emping jagung adalah proses pemipihan. Jika tenaga kerja belum terbiasa, maka kemungkinan rusak sangat besar, bisa mencapai 30%. Namun, jika tenaga kerja sudah terbiasa dan terlatih, maka kegiatan pemipihan ini tidak begitu menjadi kendala. Emping jagung memiliki prospek yang cukup bagus, disamping produk olahan ini memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding produk lainnya. Bila Anda memiliki keahlian dan hobi dalam bidang pengolahan makanan ringan, memilih peluang usaha bisnis emping jagung sangat menguntungkan. Prosentase keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 30% dari modal.

Peluang usaha bisnis makanan - keripik jagung

Peluang usaha bisnis makanan keripik jagung tidak beda jauh dengan emping jagung. Yang membedakan hanya jenis produk olahan tersebut. Keripik jagung juga memiliki banyak penggemar, sehingga memilih peluang usaha ini sangat berpotensi menjadi besar. Apalagi jika kemasan dibuat lebih elegan, pasti nilai jual produk akan lebih tinggi. Teknis pembuatannya juga lebih mudah dibanding pembuatan emping jagung. Selain itu, keripik jagung merupakan makanan ringan yang sudah memiliki reputasi cukup baik. Di negara Meksiko, keripik jagung menjadi salah satu makanan ringan yang sangat populer, dengan nama keripik jagung Tortila.

Peluang usaha bisnis makanan - susu jagung

Susu jagung merupakan salah satu produk olahan yang belum banyak dikenal di Indonesia. Namun, produk ini sagat populer di negara Thailand. Produk olahan susu jagung bisa menjadi alternatif susu nabati selain susu kedelai. Sementara prospek dan peluang bisnis susu nabati sangat besar, mengingat banyak orang yang alergi mengonsumsi susu sapi, sehingga susu nabati bisa menjadi pilihan. Keuntungan susu jagung adalah tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit kolesterol tinggi. Berhubung merupakan produk yang belum banyak dikenal, pada satu sisi usaha ini memiliki prospek yang cerah, karena pangsa pasar belum tergarap oleh pesaing. Namun, disisi lain, untuk memasarkan produk baru tentu saja membutuhkan upaya promosi yang lebih besar.

Peluang usaha bisnis makanan - bubur jagung

Bubur jagung memiliki segmen penggemar sendiri. Makanan ini tidak hanya ditujukan bagi orang yang sedang menderita sakit atau anak kecil saja, namun, banyak segmen masyarakat yang mulai menyukai bubur jagung. Jika Anda memiliki keterampilan dalam memasak memilik peluang usaha bisnis bubur jagung sangat disarankan. Disamping modal usaha yang relatif terjangkau, keuntungan bisnis bubur jagung juga cukup besar, bisa mencapai 60%.

Peluang usaha bisnis makanan - nasi jagung

Jagung memiliki kandungan kabohidrat cukup tinggi, sehingga bahan pangan ini sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti beras. Nasi jagung banyak terdapat di daerah-daerah yang memiliki lahan dengan keterbatasan saluran irigasi, terutama di pegungunan atau dataran tinggi. Kebanyakan masyarakat dataran tinggi menggunakan nasi jagung sebagai menu pokok sehari-hari. Namun, kenikmatan nasi jagung juga bisa menjadi peluang bisnis tersendiri. Mengingat masyarakat perkotaan tidak sering mengonsumsi nasi jagung, sehingga dengan menawarkan nasi jagung pada mereka, tentu akan mendapatkan respon yang cukup baik. Selain pembuatannya yang mudah, modal kecil, keuntungan yang didapat juga cukup tinggi. Jika Anda memiliki tempat yang cukup strategis untuk berjualan nasi jagung, pilihan peluang usaha bisnis ini sangat menjanjikan.

ARTIKEL POPULER