CARA MEMPERBAIKI KARBURATOR SEPEDA MOTOR

Cara Memperbaiki Karburator Sepeda Motor – Karburator merupakan komponen pengatur suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar pada sepeda motor. Dengan peran tersebut, dapat disimpulkan bahwa karburator memegang peranan penting dalam proses pembakaran. Tidak jarang sepeda motor mengalami kerusakan pada bagian karburator, dan kebanyakan pemilik kendaraan atau sepeda motor tidak mengetahui cara untuk memperbaik karburator tersebut. Pada artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang cara untuk memperbaik karburator pada sepeda motor. Informasi ini sekedar membarikan panduan tentang tata cara perbaikan tersebut, dan mungkin bagi pemula akan sedikit mengalami kesulitan dalam memahaminya, karena memang kami tidak memiliki koleksi gambar yang bisa dijadikan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman. Namun, tidak ada salahnya jika informasi ini tetap kami bagikan dengan harapan bisa membantu pembaca sekalian.

Untuk membantu memahami beberapa komponen yang akan kami sebutkan dalam setiap langkah yang harus dilakukan, sebaiknya baca juga beberapa artikel lain yaitu Mengenal Komponen Karburator Pada Sepeda Motor dan Sistem Bahan Bakar Dan Fungsi Karburator.

Prosedur Perbaikan Atau Service Karburator Sepeda Motor

Pada intinya, perbaikan atau service karburator hanya sebatas melakukan kegiatan pembersihan dan penyetelan karburator. Oleh karena itu, tahapan perbaikan karburator juga akan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pembersihan dan tahap penyetelan.

Tahap Pembersihan Karburator Sepeda Motor




Langkah pertama yang harus dilakukan dalam tahap pembersihan karburator sepeda motor adalah melepas klem penghubung antara venturi dan saringan udara. Setelah itu, lepaskan karburator dari saluran intake. Untuk melepaskannya, bisa menggunakan kunci ring atau kunci pas atau kunci L untuk sepeda motor tipe vega R.

Langkah selanjutnya adalah membuka karburator dengan melepas baut-baut pengikatnya. Lepaskan baut menggunakan obeng yang berukuran sesuai dengan tipe kepala baut. Jangan gunakan alat yang tidak sesuai dengan tipe atau standar, karena dapat merusak kepala.

Setelah karburator terbuka, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melepas spuyer pilot jet dan main jet. Kemudian bersihkan spuyer jet dan main jet tersebut menggunakan kompresor. Pastikan bahwa spuyer jet tidak buntu atau tersumbat. Untuk memastikannya, Anda bisa lubang spuyer tersebut menggunakan kawat kecil, biasanya menggunakan serabut kawat dari sisa kawat gas atau kawat kopling yang sudah tidak terpakai. Gunakan satu serabut saja, karena lubang spuyer sangat kecil.

Jika sudah dipastikan bahwa spuyer jet tidak buntu, maka tahap pertama, tahap pembersihan karburator telah selesai. Rangkai kembali karburator yang telah dibersihkan. Kemudian pasang kembali karburator yang sudah dirangkai ke sepeda motor Anda. Selanjutnya melakukan langkah-langkah pada tahap penyetelan karburator.

Tahap Penyetelan Karburator Sepeda Motor

Setelah karburator terpasang, langkah selanjutnya adalah melakukan penyetelan karburator agar bahan bakar yang digunakan dalam proses pembakaran sesuai dengan kondisi ideal atau standar pada sepeda motor Anda. Untuk melakukan penyetelan karburator, Anda perlu menyalakan mesin sepeda motor terlebih dahulu.

Setelah mesin dinyalakan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutar skrup stasioner hingga putaran mesin idle. Setelah itu, mengatur putaran angin, yaitu dengan cara menutupnya terlebih dahulu ke arah yang berlawanan dengan jarum jam, lalu buka kembali dengan memutar searah jarum jam hingga mesim berada dalam putaran tertinggi. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyetelan ulang pada putaran stasionernya hingga putaran mesin lansam.

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga artikel Cara Memperbaiki Karburator Sepeda Motor, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER