PERAWATAN RUTIN AGAR SEPEDA MOTOR LEBIH AWET

Perawatan rutin terhadap sepeda motor harus dilakukan, sehingga performa kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima dan lebih awet. Apalagi jika kendaraan tersebut digunakan setiap hari untuk perjalanan jarak jauh. Kita semua sadar, bahwa sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat ekonomis, sehingga memungkinkan kendaraan tersebut digunakan sebagai penopang aktivitas masyarakat. Pemakaian terus menerus setiap hari, mengakibatkan umur ekonomis sepeda motor menjadi lebih pendek. Jika perawatan kurang, dan performa kendaraan semakin menurun, jelah hal ini akan mengganggu operasional dan kenyamanan dalam mengendarainya. Oleh karena itulah, perawatan rutin menjadi hal yang penting agar kendaraan operasional tetap tahan lama dan lebih awet.

Secara umum, konsep perawatan ini meliputi perawatan berkala, pendeteksian kerusakan, dan service kendaraan. Jika ketiga hal tersebut bisa dilakukan, bisa dipastikan bahwa umur sepeda motor Anda akan lebih lama, sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk peremajaan juga bisa ditunda. Perawatan berkala dilakukan dengan mengacu pada buku manual yang dikeluarkan oleh agen, biasa disebut Agen Tunggal Pemegang Merek atau ATPM. Jika perawatan berkala tersebut dilakukan sesuai dengan petujuk pada buku manual service, pemakaian dan umur ekonomis pasti lebih lama. Sementara itu, pendeteksian kerusakan pada sepeda motor bisa dilakukan dengan memperhatikan adanya operasional kendaraan yang tidak normal. Operasional yang tidak normal ini merupakan gejala terjadinya kerusakan pada salah satu komponen kendaraan Anda. Misalnya, saat mesin dihidupkan terdengar bunyi gesekan, keluar asap putih untuk motor 4 tak, terdapatnya indikasi kebocoran oli pada salah satu komponen, jika digunakan untuk berjalan terasa oleng. Jika Anda menemukan indikasi operasional yang tidak normal tersebut, segera periksa kendaraan Anda, atau mungkin Anda bisa membawanya ke bengkel. Service kendaraan juga merupakan agenda penting untuk menjaga performa sepeda motor Anda.

Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan sepeda motor




  1. Lakukan perawatan sesuai dengan buku manual service, baik perawatan rutin maupun perawatan berkala pada jangka waktu yang telah ditetapkan dalam buku manual tersebut. Jangan menunda untuk melakukan perawatan atau service jika jangka waktu perawatan sepeda motor Anda sudah tiba.
  2. Anda harus cermat dan waspada terhadap gejala-gejala operasi yang tidak normal, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain. Jika menemui hal yang tidak normal pada sepeda motor Anda, segeralah bawa ke bengkel.
  3. Gunakan peralatan yang benar saat melakukan service terhadap kendaraan. Carilah bengkel yang memiliki perlatan lengkap untuk menangani sepeda motor Anda. Gunakan suku cadang yang original dan sesuai dengan merk maupun tipe kendaraan Anda. Suku cadang dalam kategori fast moving atau suku cadang yang habis dalam waktu pemakaian singkat, harus rutin dilakukan pengontrolan. Misalnya, kampas rem, kampas kopling, aki, busi, filter udara, ban, dan suku cadang yang mudah cepat rusak lain.
  4. Patuhi prosedur service yang terdapat pada buku manual atau buku pedoman service, hindari melakukan jalan pintas saat perbaikan. Usahakan bawa buku pedoman service tersebut setiap Anda ke bengkel.
  5. Akan lebih baik jika Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai keterampilan teknik otomotif roda dua.
Ingat, kendaraan yang memiliki performa baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam mengendarainya. Umur ekonomis sepeda motor yang lebih panjang akan menghemat biaya besar untuk pengadaan atau peremajaan kendaraan operasional.

Demikian informasi singkat yang dapat kami sajikan tentang perawatan rutin sepeda motor, semoga bisa memberi manfaat bagi pembaca sekalian. Salam Tanijognegoro.

ARTIKEL POPULER