CARA MENGHILANGKAN BAU TIDAK SEDAP DI DALAM MOBIL

Bau tidak sedap di dalam mobil kerap mengganggu kenyamanan pengendara dan penumpang lain. Biasanya bau tidak sedap ditimbulkan karena kelembaban yang tinggi, asap rokok, ataupun karpet yang kurang terawat. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kenyamanan di dalam mobil, metinya Anda merawat dan menjaga kebersihan, termasuk di dalam ruangan kabin. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil? Di bawah ini akan kami uraikan langkah-langkah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mobil Anda. Silahkan disimak baik-baik.

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Di Dalam Mobil

Bersihkan mobil, bilamana perlu, bawa ke tempat penyucian atau salon mobil yang terbaik. Keluarkan semua barang-barang di dalam mobil, karpet, alas karet, kertas-kertas, bahkan jika ada waktu luang, sesekali jok juga dilepas. Bersihkan bagian dalam kabin menggunakan pembersih yang berbau wangi, misalnya pembersih kaca. Untuk membersihkan jok dan karpet, gunakan vacuum cleaner. Namun, jika mobil Anda terlebih dahulu di bawa ke salon mobil, biasanya jok dan karpet sudah dibersihkan menggunakan steam cleaner atau pembersih dengan mesin uap.

Periksa seluruh bagian dalam ruangan, jika ditemukan indikasi kebocoran mobil, biasanya rembesan dari jendela atau kaca-kaca mobil, Anda harus menambal sumber kebocoran tersebut. Untuk menambal bisa menggunakan lem aquarium, dan jika sil jendela sudah terlalu tua, sebaiknya diganti dengan yang baru. Kebocoran biasanya menimbulkan kelembaban yang memicul timbulnya bau tidak sedap di dalam ruangan kabin. Periksa juga bagian bagasi, pastikan tidak ada bagian yang bocor pada bagasi.



Karpet dan jok bisa disemprot menggunakan desinfektan, kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Jika belum benar-benar kering, sebaiknya jangan dipasang dulu di dalam mobil. Jika semua barang di dalam kabin sudah dikeluarkan, beri pewangi, tutup semua pintu dan jendela, kemudian nyalakan mesin dan AC mobil. Tinggu beberapa saat hingga pewangi benar-benar mendominasi ruangan kabin.

Periksa juga lubang udara atau air intake yang berperan sebagai ventilasi, kemudian semprot dengan pewangi bagian tersebut. Untuk menemukan letak air intake, Anda bisa mencarinya di buku manual. Jika masih belum menemukan posisi air intake, dan Anda kesulitan mencarinya, matikan mesin mobil dengan kontak berada pada posisi RUN. Pastikan bahwa kipas AC masih berputar. Buka kap mobil, kemudan cari suara gerakan kipas. Jika sudah menemukan, pada bagian itula air intake berada. Setelah lubang tersebut diberi pewangi ruangan, mesin mobil dihidupkan kembali agar pewangi bisa tersedot masuk ke dalam kabin.

Jika membersihkan bagian dalam kabin menggunakan steam cleaner, hindari agar tidak terkena dasboard, karena dashboard sangat rentan terhadap panas. Bagian-bagian lain yang rentan terkena panas steam cleaner adalah sil-sil jendela atau kaca. Penggunaan steam cleaner juga tidak boleh terlalu lama.

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, dan air intake sudah diberi pewangi ruangan, periksalah apakah pewangi yang diberikan telah bekerja dengan maksimal. Matikan kembali mesin mobil, tunggu beberapa saat kemudian rasakan apakah bau wangi sudah mendominasi ruangan mobil. Jika belum, nyalakan sekali lagi mesin mobil dan tunggu beberapa saat.

Setelah semua barang yang dikeluarkan dibersihkan dan dipastikan kering, masukkan kembali ke dalam mobil. Anda bisa merasakan ruangan di dalam kabin jauh lebih segar dibanding sebelumnya dan perjalanan Anda sekarang jauh lebih nyaman.

Demikian informasi yang kami sajikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER