CARA MENGATASI STRES ATAU DEPRESI

Mengatasi stres atau depresi belum tentu dapat dilakukan oleh setiap orang, mengingat live change unit atau tingkat respon seseorang terhadap permasalahan hidup berbeda-beda. Mengatasi stres atau depresi juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani kita. Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan sedikit informasi mengenai cara mengatasi stres atau depresi.

Hidup Dalam Lingkungan Dan Waktu Yang Memicu Tingkat Stres Dan Depresi Tinggi

Kita semua menyadari, dewasa ini, perkembangan sejarah telah mengarahkan hidup manusia untuk saling berlomba dan bersaing satu sama lain, terutama dalam memperebutkan sesuatu yang berujung pada kesejahteraan. Tingginya tingkat persaingan hampir di semua lini kehidupan menimbulkan suatu ketegangan pikiran. Ketegangan pikiran inilah yang memicu timbulnya stres atau depresi pada seseorang. Tanpa manajemen yang baik terhadap stres atau depresi yang kita alami, lambat laun akan mempengaruhi kesehatan kita, paling tidak kemampuan berpikir menjadi berkurang.

Jika Tidak Diatasi, Stres Atau Depresi Akan Memicu Kemandulan Otak




Stres atau depresi yang berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan akan mengakibatkan pelepasan hormon kortisol. Pelepasan hormon ini akan memicu terjadinya kematian sel otak. Sementara itu, banyaknya kematian sel-sel otak seseorang akan membuat kemampuan dan daya pikir orang yang bersangkutan menurun. Dengan demikian tidak mustahil bahwa seorang penderita stres atau depresi cenderung mengalami penurunan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikirnya. Jika Anda mengalami stres atau depresi yang berkepanjangan, kemungkinan Anda akan mudah lupa terhadap suatu hal. Bahkan bukan tidak mungkin akan timbul rasa malas untuk berpikir. Selain itu, orang yang mengalami stres atau depresi dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari juga sulit untuk berkonsentrasi. Itulah mengapa upaya untuk mengatasi stres atau depresi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam hidup.

Bukan Hal Yang Mudah Untuk Mengatasi Stres Atau Depresi

Memang, mengatasi stres atau depresi bukan merupakan persoalan yang mudah untuk dilakukan setiap orang. Butuh kebiasaan dan latihan untuk melakukannya. Paling tidak mencoba merubah kebiasaan hidup sehari-hari merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat stres atau depresi yang dialami seseorang. Bagi kebanyakan orang, stres atau depresi akan menyita energi yang sangat besar, sehingga yang bersangkutan akan mengalami rasa malas yang berlebihan. Oleh karena rasa malas inilah yang membuat kemauan kita untuk melakukan upaya-upaya mengatasi stres atau depresi menjadi menurun.

Cara Mengatasi Stres Atau Depresi

Bagi Anda yang sedang mengalami stres atau depresi berlebihan, perlu keamuan keras untuk mengatasinya. Jika tidak, maka Anda akan semakin larut dalam ketegangan stres atau depresi tersebut. Tumbuhkan kemauan tersebut dan ubah kebiasaan hidup Anda, lalu terapkan beberapa langkah-langkah berikut sebagai cara untuk mengatasi stres atau depresi.

  1. Miliki waktu tidur yang cukup, terutama pada malam hari. Bagi yang memiliki kebiasan bergadang, segera hentikan kebiasaan tersebut.
  2. Lakukan olah raga ringan yang bersifat kardivaskuler, yaitu olah raga yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah, sehingga sistem peredaran darah dalam tubuh Anda menjadi optimal.
  3. Lakukan aktivitas sosial, misalnya dengan meluangkan waktu bersama keluarga dan/atau teman-teman dekat Anda.
  4. Lakukan relaksasi, bisa dengan cara mengikuti olah raga yoga, bermeditasi, atau berdoa. Bagi yang beragama islam, bisa melakukannya dengan dzikir.
  5. Dengarkan musik-musik yang Anda sukai, akan lebih bagus kalau mendengarkan musik klasik.
  6. Luangkan waktu untuk tidur siang, meskipun hanya sebentar. Tidur siang akan membantu Anda untuk sedikit rileks dan memperlancar peredaran darah ke otak.
  7. Luangkan waktu ditengah-tengah pekerjaan Anda selama 10 menit untuk memejamkan mata dan menarik napas dalam-dalam. Akan lebih baik bagi yang menguasai teknik pernapasan, misalnya teknik pernapasan Tao. Aktivitas ini bertujuan memberikan waktu bagi Anda untuk berimajinasi. Dengan berimajinasi, impian Anda akan terbentuk dan pikiran Anda akan semakin rileks.
  8. Luangkan waktu dalam sehari untuk beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan memori otaknya.
  9. Hindari berpikir terlalu berat dan terus-meneru memikirkan sesuatu hal yang mungkin sulit untuk mendapatkan jalan keluar. Luangkan waktu tersendiri untuk berpikir, jika solusi belum ditemukan, bisa dilanjutkan untuk berpikir lain waktu. Ingat, persoalan hidup tidak hanya diselesaikan melalui pikiran Anda. Dialektika hidup dalam sejarah yang akan menuntun Anda menyelesaikan suatu persoalan hidup. Kalau tidak percaya, amati cara Anda menyelesaikan masalah, dan Anda akan membenarkannya.
Demikian informasi singkat yang kami sajikan mengenai Cara Mengatasi Stres Atau Depresi. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER