MENGATUR META DESKRIPSI DINAMIS PADA BLOGGER

Meta deskripsi merupakan elemen yang memberikan penjelasan singkat tentang konten situs Anda, saat situs Anda ditampilkan oleh mesin telusur. Peran meta deskripsi dalam optimasi onpage sangat penting, karena elemen ini akan memberikan informasi kepada robot mesin telusur saat pengguna memasukkan kata tertentu dalam pencariannya di search engine. Oleh karena itu, meta deskripsi sebaiknya mengandung kata kunci yang relevan dengan isi blog Anda. Meta deskripsi ini biasanya hanya dibatasi beberapa karakter saja, kurang lebih sebanyak 160 karakter, bisa berisi satu atau beberapa kalimat singkat. Berdasarkan pengalaman saya, secara pribadi, saya selalu memasukkan meta deskripsi yang saya ambil dari satu atau satu setengah kalimat yang terdapat pada paragraf pertama setiap pos atau artikel. Tentu saja kalimat yang saya ambil adalah kalimat yang mengandung kata kunci tertarget, sehingga saya berharap dapat memperbaiki atau memenangkan persaingan di halaman pertama pencarian google.

Artikel ini terutama akan kami persembahkan untuk saudara-saudaraku, blogger pemula, yang baru saja bergabung dalam dunia blogging. Megatur meta deskripsi bukanlah hal yang sulit. Untuk blog yang berplatform blogger atau blogspot, fitur tersebut sudah disediakan oleh Google. Anda tinggal melakukan pengaturan dari blogger Anda. Bagaimana kita memulai untuk mengatur deskripsi meta tag? Berikut ini kami uraikan sedikit tips sederhana mengatur deskripsi meta tag, tentu saja cara ini saya terapkan pada blog www.tanijogonegoro.com.

Langkah Pertama, Mengaktifkan Dan Membuat Deskripsi Meta Tag Pada Blog Anda

Untuk mengaktifkan dan membuat deskripsi meta tag pada blog, langkah yang dilakukan adalah:



1. Masuk ke akun blogger Anda, kemudian klik Setelan atau Setting.
2. Akan muncul sub tab dibawah tab Setelen atau Setting, kemudian pilih menu Preferensi penelusuran atau Search preferences. Lihat gambar di bawah ini:
Langkah pertama pengaturan deskripsi meta tag pada blogger

3. Akan muncul jendela baru pada browser Anda, kemudian pada bagian Tag meta atau Meta tags klik edit. Lihat gambar di bawah ini:
Klik edit pada bagian meta tag

4. Setelah itu, Anda tinggal mengisikan deskripsi singkat mengenai blog Anda pada kotak yang telah disediakan. Misalnya, pada blog www.tanijogonegoro.com saya mengisikan meta deskripsi berikut, Kami menyajikan informasi tentang Petunjuk Praktis Budidaya Pertanian, Perikanan, Peternakan, serta informasi seputar teknologi dan wisata. Jika sudah selesai, klik Simpan perubahan atau Save change. Lihat gambar di bawah ini.
Pengisian meta deskripsi pada blog

Langkah pertama pengaktifan dan pengaturan deskripsi meta tag untuk blog Anda sudah selesai. Pada homepage Anda sekarang telah memiliki deskripsi meta tag. Langkah berikutnya adalah pengaturan deskripsi meta tag untuk setiap posting atau artikel Anda.

Langkah Kedua, Pengaturan Deskripsi Meta Tag pada Setiap Posting Atau Artikel


Pengaktifan deskripsi meta tag pada setiap posting atau artikel bisa dilakukan melalui pos atau artikel Anda. Setelah Deskripsi meta tag pada blog diaktifkan, maka pada sisi kanan mode edit setiap posting Anda juga akan muncul opsi deskripsi penelusuran. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengisi deskripsi meta tag pada setiap post atau artikel.

1. Masih dalam akun blogger Anda, kemudian klik pada menu Pos atau Entri baru (New post).
2. Jika Anda memilih menu Pos, kemmudian klik edit pada salah satu pos atau entri Anda yang akan ditambahkan meta deskripsi penelusuran. Lihat gambar di bawah ini:
Membuat deskripsi meta tag pada masing-masing pos Anda

3. Pada side bar sebelah kanan tampilan new/edit pos Anda, terdapat opsi menu Deskripsi Penelusuran atau Search Description. Klik pada menu tersebut, kemudian isikan satu atau beberapa kalimat singkat pada alinea pertama posting atau artikel Anda yang mengandung kata kunci tertarget. Kurang lebih sebanyak 160 karakter. Lihat gambar di bawah ini:
mengisi deskripsi meta tag pada masing-masing posting sesuai dengan kata kunci tertarget

4. Jika sudah, klik Selesai, lalu klik Publikasikan.

Dengan demikian blog Anda telah memiliki deskripsi meta tag dinamis. Tinggal menunggu giliran robot mesin telusur untuk meng-crawler halaman posting Anda. Selamat Mencoba, semoga berhasil. Salam Tanijogonegoro!

Nantikan tips seo lainnya, Hanya di TANIJOGONEGORO.COM

ARTIKEL POPULER