CARA MERAWAT MOTOR YANG BAIK

Hampir semua rumah memiliki sepeda motor, namun tidak semua pemilik sepeda motor tahu bagaimana cara merawat motor yang baik. Dalam hal ini, kami akan mengulas tentang perawatan ringan pada sepeda motor. Perawatan paling rutin harus dilakukan adalah menjaga kebersihan motor. Cucilah motor secara rutin, terutama saat musim hujan, sambil mencuci, amati secara sekilas motor Anda, dan lakukan tindakan jika ditemukan kejanggalan yang sifatnya ringan dan bisa ditangani sendiri. Di bawah ini akan kami uraikan mengenai perawatan ringan pada komponen sepeda motor.

Merawat Terminal Aki dan Rumah Aki

Bersihkan rumah aki dan terminal aki secara berkala. Jika terdapat karat-karat, bersihkan karat tersebut, kencangkan baut terminal agar strum yang dihasilkan kuat, sehingga mencukupi pasokan tegangan pada CDI atau sistem pengapian lain.

Merawat Busi

Busi harus dibersihkan secara berkala, komponen ini merupakan komponen pengapian penting dalam sepeda motor. Bahkan pada kondisi atau periode tertentu, busi harus diganti. Sebaiknya lindungi busi dari air hujan menggunakan sealer anti air. Sambungan antara cob busi dengan kabel koil ditutup dapat dengan isolasi, sehingga bisa melindungi sambungan tersebut. Interval pembersihan busi harus lebih sering jika musim hujan atau motor sering melewati genangan air. Untuk motor 4 tak, pembersihan busi secara intensif juga harus dilakukan jika ring piston dan seal klepnya aus. Jika saat dihidupkan terdengar suara seperti letupan, hal itu menunjukkan bahwa busi sudah waktunya diganti.

Cara Merawat Busi
Bersihkan busi menggunakan pembersih busi, dan gunakan ukuran busi untuk mengukur gap, 0,6 mm. Busi harus diganti secara rutin setiap 8.000 km. Gunakan busi yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat motor Anda.

Merawat Rantai




Tingkat ketegangan rantai harus dipantau secara rutin, bisa dilakukan saat mencuci motor Anda. Cara memantai rantai dapat dilakukan dengan menekan rantai sebelah bawah ke atas, toleransi jarak antara rantai dalam kondisi tidak ditekan dengan rantai dalam kondisi ditekan kurang lebih 20-30 mm. Jika lebih besar dari angka itu rantai berarti terlalu kendur, harus dilakukan penyetelan ulang. Berikan pelumas pada rantai menggunakan pelumas khusus rantai.

Merawat Pelek

Pelek harus dikontrol dan dipantau, sehingga keamanan dan kenyamanan saat mengendarai motor lebih terjamin. Pengamatan dilakukan pada lingkar roda, berdirikan posisi kendaraan dengan standar tengah, kemudian roda diputar, amati apakah terjadi spelling atau tidak. Pengamatan juga dilakukan pada jari-jari dan ban. Jika ditemukan kejanggalan, segera bawa ke bengkel untuk memperbaiki atau menyetel pelek sepeda motor Anda. Jika sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya ganti dengan pelek yang baru.

Merawat Tromol

Tromol juga harus dirawat dengan baik, lepas ban Anda dan bersihkan semua kotoran yang menempel pada tromol dengan kain atau lap basah. Frekuensi pembersihan tromol tergantung pada jalan atau rute yang dilalui, jika rute yang dilalui terlalu sering melewati jalan becek, sebaiknya frekuensi pembersihan lebih sering.

Merawat Lampu

Lampu merupakan bagian penting dalam sepeda motor Anda. Peraturan sekarang, pada saat siang hari sepeda motor juga harus menyalakan lampu. Apalagi untuk daerah-daerah yang berkabut, lampu memegang peranan penting demi keselamatan berkendara di jalan.

Perawatan lampu pada sepeda motor bisa dilakukan dengan membersihkan mika lampu depan atau head lamp. Jika kondisi mika lampu ini bersih, nyala lampu akan terlihat lebih terang. Amati kondisi kabel-kabel, dan fitting lampunya. Jika terdapat luka atau lecet pada kabel, segera dibalut dengan isolator.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan mengenai cara merawat sepeda motor, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER