MENGENAL KOMPONEN AC MOBIL DAN MERAWAT AC MOBIL

AC Mobil merupakan komponen standar yang terdapat terutama pada mobil-mobil modern. AC pertama kali digunkaan pada tahun 1940-an, pada waktu itu teknologinya masih sangat sederhana. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi AC pun ikut berkembang, sehingga penggunaan alat pendingin ini bisa diaplikasikan pada mobil. Mengendarai mobil tanpa AC memang sangat menyiksa, terutama di daerah-daerah panas dengan polutan yang tinggi, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota-kota besar lain.

Komponen AC Mobil

Pada dasarnya komponen AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu kompresor, kondensor, evaporator, akumulator, dan klep ekspansi.

Kompresor AC Mobil

Kompresor merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan kompresi gas pendingin. Gas pendingin yang biasa digunakan untuk AC mobil adalah freon. Gas pendingin yang telah dikompresi akan berubah menjadi panas, kemudian akan dialirkan ke kondensor melalui beberapa koil.

Kondensor AC Mobil




Kondensor merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat kondensasi atau pendinginan. Gas panas yang dialirkan dari kompresor akan dipisahkan panasnya, sehingga panas akan keluar dari kondensor. Sedangkan gas yang tersisa akan mengalami proses kondensasi dan diubah menjadi cairan dingin.

Akumulator AC Mobil

Akumulator atau sering disebut dengan reciever-drier berfungsi untuk memastikan bahwa hanya cairan dingin yang dihasilkan oleh kondensor yang akan dikirim ke klep ekspansi.

Klep Ekspansi AC Mobil

Klep ekspansi pada AC mobil berfungsi sebagai pengendali atau pengatur cairan dingin yang akan dikirim ke evaporator. Pada komponen inilah Anda melakukan pengaturan temperatur di panel pengaturan yang biasanya terdapat di dashboard.

Evaporator AC Mobil

Evaporator merupakan komponen akhir pada AC mobil. Komponen ini menerima cairan dingin yang dikirim melalui klep ekspansi. Cairan dingin tersebut akan terdorong oleh kipas dan diubah menjadi angin dingin yang akan dikeluarkan ke ruangan mobil.

Merawat AC Mobil

Untuk menjaga agar kondisi AC mobil tetap dalam kondisi yang baik, sehingga perjalan Anda tidak terganggu, maka perlu dilakukan perawatan secara teratur. Berikut ini kami uraikan beberapa tips untuk melakukan perawatan AC mobil.
  1. Perawatan utama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi AC mobil tetap dalam kondisi yang baik sebenarnya sudah tertera pada buku manual yang Anda terima. Pada buku manual tersebut biasanya disertakan cara perawatan yang harus Anda lakukan, termasuk penggantian beberapa komponen yang sudah melewati batas penggunaan. Baca, pelajari, dan ikuti petunjuk pada buku manual tersebut.
  2. Lakukan pengontrolan secara teratur pada kurun waktu tertentu, misalnya setahun sekali. Pengontrolan bisa dilakukan di bengkel AC mobil yang profesional. Pengecekan biasanya dilakukan pada sabuk penggerak kompresor, level cairan pendingin atau freon, dan selang-selang.
  3. Lakukan pemanasan AC secara rutin, dengan cara menjalankan AC pada pengaturan temperatur paling dingin dan fan paling kencang. Lakukan paling tidak sebulan sekali selama sepuluh menit. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah agar selang-selang tidak cepat mengeras dan sil tidal cepat rusak.
  4. Jika AC digunakan dalam waktu cukup lama, maka Anda perlu menjalankan defrost selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk mengeringkan evaporator sehingga dapat menghindari adanya bau tidak sedap yang keluar dari AC.
Demikian informasi yang dapat kami sajikan tentang Mengenal AC Mobil dan Merawat AC Mobil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER