KANDUNGAN DAN MANFAAT TOMAT

Kandungan dan Manfaat Tomat - Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai manfaat ganda, yaitu sebagai buah maupun sayur. Tanaman tomat banyak dikonsumsi sebagai buah karena rasanya enak, segar serta kaya akan nilai gizi. Buah tomat yang berasa agak asam ini lebih banyak disukai orang ketika telah masak berwarna merah. Tenyata buah dengan warna merah lebih banyak mengandung vitamin A dan vitamin C lima kali lebih banyak daripada buah berwarna hijau. Tingkat kematangan buahnya juga sangat menentukan kandungan vitamin C-nya. Semakin matang buah tomat semakin banyak mengandung vitamin C. Selain mengandung vitamin A maupun vitamin C, buah tomat juga mengandung vitamin B sekalipun dalam jumlah kecil.

Kandungan Buah Tomat

Pigmen warna merah pada tomat banyak mengandung lycopene. Lycopene merupakan zat antioksidan yang berfungsi menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh bisa disebabkan karena polusi udara, sinar ultraviolet, serta akibat rokok.

Manfaat Tomat




Buah tomat ternyata memiliki manfaat banyak sekali, tidak hanya sebagai lalapan ataupun tambahan masakan saja, melainkan bermanfaat serta berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah tomat berasa asam karena mengandung asam sitrat. Rasa keasaman ini justru menambah kesegarannya. Kandungan asam sitrat pada buah tomat dapat meningkatkan selera makan. Segudang manfaat buah tomat bagi kesehatan diantaranya adalah baik dikonsumsi untuk penderita penyakit wasir (haemorrhoid), buah tomat juga baik dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena air tomat dapat melicinkan kulit, terutama kulit muka. Selain itu, manfaat lainnya yaitu mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti sembelit, demam, sariawan, gusi berdarah, menurunkan tekanan darah tinggi, radang usus buntu (sakit kuning), melawan stroke maupun penyakit jantung, memulihkan fungsi lever, mengobati bisul, memar akibat terbentur, serta mampu mengembalikan kulit yang terbakar sinar matahari. Meskipun demikian konsumsi buah tomat tidak dianjurkan bagi orang yang menderita sakit perut maupun sakit maag.

Anjuran Konsumsi Buah Tomat

Konsumsi buah tomat segar setiap pagi sebanyak satu sampai dua buah dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta menekan radikal bebas terutama penyebab kanker. Akan tetapi lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat dalam bentuk olahan segar. Karena ternyata konsumsi buah tomat dicampur dengan masakan atau dihancurkan terlebih dahulu sebelum dimakan lebih banyak mengandung lycopene. Studi menyatakan, lycopene yang dikeluarkan buah tomat olahan lebih banyak dibandingkan dengan buah tomat segar yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.

Namun demikian pada olahan buah tomat yang telah dicampur dengan bahan tambahan pangan seperti pewarna, pengawet sintetis justru dapat merangsang munculnya radikal bebas yang dapat memicu terserangnya penyakit kanker.

Demikian informasi singkat tentang kandungan dan manfaat tomat, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Trimakasih atas kunjungannya, Salam Tanijogonegoro!

ARTIKEL POPULER