INGIN MEMBUAT VIDEO KLIP DENGAN STORY MAKER PADA BLACKBERRY 10?

Anda pengguna BlackBerry, dan ingin membuat video klip sederhana? Jangan khawatir, kini BlackBerry 10 menghadirkan perangkat baru, Story Maker. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat video klip sederhana yang dapat memadukan lagu favorit pengguna sebagai Audio dengan foto maupun video orang-orang terdekat Anda. Story Maker pada BlackBerry 10 memang sebuah fitur yang akan menyuguhkan pengalaman pengguna yang menarik. Bagaimana cara mudah memanfaatkan fitur ini untuk membuat video klip sederhana? Mari kita lihat sedikit informasi yang akan memandu Anda dalam penggunaannya.

Sebelum memulai pembuatan video klip sederhana, sebaiknya Anda menentukan tema cerita yang akan dibuat terlebih dahulu. Tema cerita merupakan elemen penting dalam pembuatan video klip, sehingga saat video tersebut dipertontonkan akan memberi sebuah informasi cerita yang menarik bagi penonton. Pada prinsipnya, penentuan tema bertujuan agar video klip yang dibuat akan menarik jika dilihat orang. Beberapa tema yang bisa digunakan antara lain, cerita cinta, video lucu, atau video keluarga. Setelah menentukan tema, selanjutnya adalah inventarisasi gambar atau video yang akan digunakan, selanjutnya adalah pembuatan menggunakan aplikasi Story Maker. Berikut langkah-langkah pembuatannya.



  1. Untuk membuat video klip ini langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi Story Maker, kemudian klik Create New Story untuk memulai pembuatan.
  2. Selanjutnya adalah memilih media yang akan digunakan sebagai klip pada jendela tampilan Choose Media. Anda bisa memilih foto atau gambar maupun video yang tersimpan dalam perangkat Anda. Foto atau gambar dan Video tersebut yang nantinya akan dirangkai menjadi sebuah klip story. Setelah memilih foto atau video yang diinginkan, selanjutnya klik tombol Next untuk melangkah ke menu berikutnya.
  3. Isi video klip sederhana yang Anda buat dengan soundtrack lagu-lagu favorit. Untuk memastkan lagu atau musik yang akan dipilih, Anda bisa mendengarkannya terlebih dahulu. Jika sudah menentukan pilihan, selanjutnya klik Next.
  4. Akan muncul jendela tampilan Title and Credits. Anda bisa mengisi kolom Title yang telah disediakan, dengan judul video klip yang Anda buat. Title akan ditampilkan pada awal video klip diputar. Kemudaian Anda mengisi kolom Credits dengan salam akhir, misalnya Dibuat Oleh, Nama Anda. Credits akan ditampilkan pada akhir dari cerita atau video klip yang Anda buat. Kemudian klik Done untuk melanjutkan proses atau Previous untuk mengulangi proses pada tampilan sebelumnya.
  5. Video klip yang dibuat telah selesai, Anda tinggal menikmati sambil mengamati jika ada bagian-bagian yang perlu diedit. Apakah tema atau cerita yang dibuat sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika belum, dan harus melakukan perbaikan, maka Anda bisa melakukan editing dengan memilih tombol menu yang terletak pada sudut kanan bawah layar.
  6. Akan muncul jendela tampilan editing. Untuk mengganti media berupa foto atau video yang digunakan, pilih Change Media, kemudian tentukan foto atau video yang akan digunakan. Jika soundtrack musiknya dirasa tidak sesuai dengan tema cerita, Anda bisa melakukan penggantian dengan menekan tombol Change Music, kemudian pilih musik yang lebih sesuai sebagai soundtrack video klip Anda. Untuk mengubah judul, pilih Change Title yang terletak di bawah menu Change Music. Jika urutan gambar atau video tidak sesuai dengan cerita yang Anda buat, dalam hal ini tidak sesuai dengan alur cerita, maka Anda bisa mengganti dengan mengatur ulang susunan video atau foto, pilih tombok Tweak. Jika proses editing telas selesai dilakukan, lalu pilih Save, dan perubahan yang anda buat telah tersimpan.
Demikian informasi pendek yang kami sajikan, semoga dapat membantu Anda. Salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER