RESEP MINUMAN JERUK INSTANT

Resep Minuman Jeruk Instant – Bahan utama yang digunakan sebagai resep minuman jeruk instant adalah jeruk nipis atau jeruk lemon. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berkulit tipis, dan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dengan rasa relatif asam. Jeruk nipis sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk dan turun panas.

Sementara itu, jeruk lemon memiliki bentuk buah agak lonjong, berukuran agak besar dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Seperti halnya jeruk nipis, jeruk lemon juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan sering digunakan sebagai obat tradisional.

Membuat Minuman Jeruk Instant

Jeruk instant merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain enak diminum dengan es, jeruk instant juga enak disajikan hangat-hangat. Untuk membuat jeruk instant tidaklah sulit dan bisa dibuat dengan peralatan yang sangat sederhana. Selain digunakan sebagai persediaan bahan minuman di rumah, jeruk instant juga bisa dijual atau dipasarkan untuk usaha bisnis kecil. Berikut ini kami uraikan cara sederhana membuat jeruk instant.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Jeruk Instant




Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jeruk instant sangat sederhana, biasanya ibu-ibu rumah tangga sudah memiliki peralatan-peralatan tersebut sebagai peralatan standar memasak. Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan:
  1. Wadah berukuran sedang, untuk mencuci semua bahan yang dibutuhkan.
  2. Pisau dapur, untuk memotong jeruk atau bahan-bahan lain.
  3. Talenan, digunakan sebagai alas untuk mengeprak serai.
  4. Ulekan, untuk memukul atau mengeprak serai.
  5. Alat yang dapat digunakan untuk memeras air jeruk.
  6. Galas takar, untuk mengukur atau menakar air yang digunakan untuk merebus.
  7. Ember, untuk membersihkan peralatan yang digunakan.
  8. Panci, untuk merebus semua bahan yang sudah dicampur.
  9. Kompor, untuk pemanas pada saat perebusan semua bahan.
  10. Alat pengaduk, untuk mengaduk pada saat dilakukan perebusan.
  11. Saringan, untuk menyaring kristal jeruk instant yang sudah jadi.
  12. Plastik atau alat kemas lain, untuk mengemas kristal jeruk instant yang sudah siap dijual.

Bahan Membuat Minuman Jeruk Instant

15 buah jeruk nipis atau jeruk lemon, 1 kilogram gula pasir, 6 batang serai, 10 butir buah cengkeh, 5 helai daun pandan, 3 ruas jaru kayu manis atau keningar, dan 200 ml air putih.

Cara Membuat Minuman Jeruk Instant

Jeruk nipis atau jeruk lemon dibelah menjadi dua bagian, kemudian peras dan ambil airnya. Saring air perasan jeruk tersebut, gunakan saringan yang halus agar materi padat bisa tersaring semua. Cuci semua bahan lainnya, seperti serai, buah cengkeh, daun pandan, kayu manis atau keningar. Masukkan semua bahan ke dalam panci kemudian rebus sambil diaduk-aduk hingga larut.

Api yang digunakan untuk merebus jangan terlalu besar. Pengadukan terus dilakukan agar tidak lengket atau gosong. Saat kadar air sudah mulai menyusut, pengadukan harus lebih cepat. Saat bahan sudah mengkristas, perebusan dihentikan. Matikan api dan diamkan hingga dingin. Ayaklah kristal-kriltal jeruk instant tersebut agar diperoleh kristal yang halus dan berukuran rata. Kristal kasar yang tersisa dihaluskan, kemudian diayak lagi hingga selesai.

Jeruk instant siap disajikan, bisa juga disimpan. Jika ingin dijual sebagai usaha bisnis, jeruk instant tersebut bisa dimasukkan dalam kemasan yang menarik.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Resep Minuman Jeruk Instant bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER