RESEP MINUMAN SIRUP POKAK JAHE

Resep Minuman Sirup Pokak Jahe – Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan baku obat-obatan, atau minuman jahe instant, jahe juga dapat diolah dan dijadikan sirup pokak. Jahe memiliki nilai gizi dan nutrisi yang sangat tinggi, serta mengandung zat-zat kimia yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Membuat sirup pokak dengan bahan dasar jahe, akan menambah variasi berbagai olahan dari jahe, sehingga khasiat jahe dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk.

Resep Minuman Sirup Pokak Jahe

Resep minuman sirup pokak jahe sangat sederhana. Bahan tambahan dan perlalatan yang diperlukan juga cukup murah dan mudah didapat. Selain sebagai disimpan sebagai bahan pembuat minuman di rumah, sirup pokak jahe juga dapat diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan. Bagi yang sudah terbiasa dalam olahan makanan, membuat minuman sirup pokak jahe merupakan sesuatu yang mudah. Di bawah ini akan kami uraikan mengenai cara membauat sirup pokak jahe.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk Membuat Sirup Pokak Jahe

Beralatan yang harus disediakan untuk membuat sirup pokak jahe sangat sederhana. Biasanya peralatan tersebut sudah tersedia dirumah sebagai peralatan dapur yang digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk membuat sirup pokak jahe cukup dengan memanfaatkan peralatan yang sudah ada. Anda tidak perlu membeli peralatan-peralatan khusus atau peralatan-peralatan memasak yang sudah modern. Berikut ini beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat sirup pokak jahe.



  1. Timba atau alat lain yang digunakan untuk mencuci bahan-bahan.
  2. Pisau atau alat pemotong lain.
  3. Talenan atau alat lain yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mengeprak rimpang jahe.
  4. Ulekan atau dalam bahasa jawa sering disebut muthu.
  5. Blender untuk menghalusan rimpang jahe.
  6. Gelas takar atau alat pengukur lain.
  7. Ember atau alat lain untuk tempat bahan baku yang telah ducuci.
  8. Panci atau alat lain yang digunakan untuk merebus.
  9. Centong atau alat pengaduk lainnya.
  10. Kompor atau alat lain untuk pemanasan.
  11. Saringan atau alat lain untuk menyaring sirup pokak jahe setelah jadi.
  12. Botol atau alat lain untuk menyimpan sirup pokak jahe setelah jadi.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Sirup Pokak Jahe

5 ons jahe yang sudah tua, 1 kilogram gula pasir, 1 kilogram gual merah, 10 batang serai, 15 butir cengkeh, 8 helai daun pandan, 6 ruas jari kayu manis atau keningar, dan 1.200 mililiter air bersih.

Cara Membuat Sirup Pokak Jahe

Rimpang jahe dikupas hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil agar mudah diblender. Setelah itu, potongan rimpang jahe tersebut dikeprak menggunakan muthu atau alat pemukul lain di atas talenan. Kemudian diulek-uleng agar lebih mudah diblender, kemudian haluskan rimpang jahe tersebut menggunakan blender.

Cuci hingga bersih bahan-bahan lain, seperti daun pandan, serai, cengkeh, dan keningar. Gula merah disisir menggunakan pisau, agar mudah larut pada saat perebusan. Masukkan semua bahan dalam 1.200 mililiter air.

Rebus menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga matang. Pengadukan saat sirup hampir matang harus dilakukan lebih cepat agar tidak lengket atau gosong. Perebusan dihentikan saat sirup pokak jahe sudah berwarna merah kehitaman. Kemudian diamkan hingga dingin.

Setelah sirup dingin, kemudian disaring menggunakan saringan halus, agar material padat tidak ikut terbawa. Sirum pokak jahe sudah jadi, masukkan ke dalam botol untuk disimpan atau jika akan dijual, maka pilihlah botol yang menarik.

Demikian informasi terbaik kami sajikan, semoga artikel Resep Minuman Sirup Pokak Jahe, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER