MANFAAT CIPLUKAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Manfaat Ciplukan Sebagai Obat Tradisional – Ciplukan merupakan tanaman liar yang berasal dari keluarga solanaceae, satu keluarga dengan cabai, terong, maupun tomat. Ciplukan banyak ditemui di sawah-sawah di pedesaan terutama pada musim kemarau. Meskipun tumbuh sebagai tanaman liar dan jarang dibudidayakan, ciplukan ternyata memiliki nutrisi dan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh, terutama kemampuannya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini kami uraikan secara singkat beberapa khasiat ciplukan sebagai obat tradisional.

Khasiat Ciplukan Sebagai Obat Tradisional Penghilang Rasa Sakit

Ciplukan memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit. Tanaman ini memiliki sifat analgetik atau penghilang rasa sakit, sehingga ciplukan dapat dimanfaatkan untuk menggantikan obat penghilang rasa sakit saat tubuh Anda mengalami gangguan kesehatan, misalnya saat Anda mengalami sakit gigi. Dengan mengonsumsi ciplukan, rasa sakit akan cepat berkurang. Karena sifatnya yang alami, mengonsumsi ciplukan untuk menghilangkan rasa sakit tidak menimbulkan resiko seperti yang terdapat pada obat-obat penghilang rasa sakit lain. Oleh karena itu, saat Anda mengalami sakit yang rasa sakitnya tidak bisa ditahan lagi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ciplukan sebagai pengganti obat-obat kimia yang berperan sebagai penghilang rasa sakit. Pemanfaatan ciplukan sebagai obat tradisional yang bersifat analgetik ini bermanfaat untuk menguragi asupan zat-zat kimia sintetis oleh tubuh, hal ini sangat berperan dalam negurangi resiko paparan bahan-bahan kimia di dalam tubuh.

Khasiat Ciplukan Sebagai Obat Darah Tinggi Atau Hipertensi




Ciplukan juga memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat tradisional darah tinggi. Bagi Anda atau famili Anda, yang mengalami penyakit tersebut, bisa diberikan ciplukan sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Untuk membuat ramuan obat tradisional darah tinggi, caranya cukup mudah, yaitu denga merebus 10 gram tanaman ciplukan kering dalam 100 mililiter air selama 10-15 menit. Setelah dingin, minumkan kepada penderita darah tinggi, berikan setiap pagi dan sore masing-masing 100 mililiter air rebusan tanaman ciplukan kering. Air rebusan tersebut sebaiknya langsung diminum, jika didiamkan terlalu lama, mudah terinfeksi patogen. Sehingga sekali membuat ramuan tersebut harus langsung diminumkan. Jika rutin mengonsumsi ramuan ciplukan tersebut, tekanan darah secara berangsur akan pulih.

Khasiat Ciplukan Sebagai Obat Kencing Manis

Ramuan seperti di atas, rebusan 10 gram tanaman ciplukan kering, juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis dan diabetus melitus. Berikan secara rutin kepada penderita kencing manis atau diabetus melitus. Bisa juga dengan merebus bagian akar tumbuhan ini dalam 600 mililiter air hingga air tersisa kurang lebih 200 mililiter. Minumkan satu kali sehari secara rutin.

Ciplukan Sebagai Obat Bisul

Anda pernah mengalami bisulan? Benjolan pada tubuh yang sakitnya luar biasa. Jangan khawatir, ciplukan sebagai salah satu tanaman herbal memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan bisul. Namun, untuk menggobati penyakit bisul, tanaman ciplukan harus dicampur dengan beberapa bahan lain. Cara membuat ramuan adalah, satu genggam daun ciplukan dicampur dengan tiga lembar daun sirih dan garam secukupnya. Tambahkan juga dua sendok teh adas pulasari. Tumbuk semua bahan hingga lembut, kemudian tempelkan tumbukan bahan-bahan tersebut pada bisul. Tempelkan kembali tumbukan tersebut jika templan pertama sudah hilang. Beberapa saat kemudian bisul akan memecah dan mengering.

Selain untuk mengobati bisul, ramuan tersebut juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan borok atau koreng. Tambahkan kapur sirih secukupnya pada ramuan di atas, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Ciplukan Untuk Obat Gusi Berdarah

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah ciplukan selain berkhasiat sebagai antioksidan juga memiliki khasiat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit gusi berdarah. Salah satu penyebab penyakit gusi berdarah adalah kekurangan vitamin C. Makan ciplukan sebanyak 40 butir setiap hari dapat menyembuhkan penyakit gusi berdarah.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Manfaat Ciplukan Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER