CARA MUDAH MENGGUNAKAN GOOGLE PLUS (G+)

Cara Mudah Menggunakan Google Plus (G+) - Google Plus (G+) merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup besar. Jejaring sosial ini memiliki berbagai keunggulan dibanding dengan jejaring sosial lain. Berbagai fitur-fitur menarik tersedia dalam jejaring sosial ini. Selain itu, Google Plus juga dibekali fasilitas untuk berinteraksi dengan setiap orang di dunia, melalui pos yang dibagikan secara publik. Dengan fitur dan fasilitas interaksi global, Google plus menjadi salah satu jejaring sosial yang memiliki potensi pemasaran cukup besar, sehingga bisa dijadikan sebagai media bisnis online yang cukup menjanjikan. Salah satu fitur Google plus terbilang cukup populer adalah tombol +1 dengan berbagai keunggulan, baik konsep maupun teknologinya.

Home atau Beranda G+

Home atau Beranda merupakan tempat untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada dalam lingkaran Anda. Pada halaman ini semua pos yang dibagikan oleh orang-orang dalam lingkaran Anda akan terlihat, baik dalam bentuk teks, gambar, video, tautan, maupun event atau acara. Jika Anda berada dalam lingkaran mereka, konten atau pos yang Anda bagikan baik secara publik maupun terbatas pada lingkaran Anda juga akan muncul pada halaman beranda mereka.

Untuk membagikan pos dari halaman beranda, Anda tinggal memasukkan teks pada kotak yang bertuliskan Share What’s new... atau Bagikan kabar terbaru... Untuk berbagi informasi yang lain, seperti gambar, video, tautan, atau acara, tinggal klik pada masing-masing icon yang ada di bawah kotak dialog tersebut, kemudian masukkan sesuai dengan keinginan Anda. Lihat gambar di bawah ini.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Pengaturan Tampilan Pos Pada Home atau Beranda G+




Secara default, halaman beranda akan menampilkan pos yang dibagikan oleh teman yang ada dalam lingkaran Anda. Untuk melihat pos yang hanya dibagikan oleh lingkaran tertentu, klik pada tab nama lingkaran yang berada pada bagian atas halaman. Misalnya, Anda ingin melihat hanya pos yang dibagikan oleh keluarga, maka klik pada tab lingkaran keluarga. Lihat gambar di atas.

Pengaturan Tata Letak Halaman Beranda

Tampilan tata letak pada halaman beranda juga bisa disesuaikan dengan selera Anda. Secara default, tata letak halaman beranda di Google Plus pada posisi multi-kolom. Tetapi, tata letak tersebut bisa diubah menjadi kolom tunggal, agar pos yang tampil di arus beranda berukuran lebih besar. Untuk mengatur tata letak tersebut, klik pada tab More atau Lainnya, yang terletak pada sebelah kanan tab lingkaran pada bagian atas halaman beranda. Lihat gambar di atas.

Lingkaran Dalam G+

Lingkaran tidak lain adalah daftar orang yang Anda ikuti. Jika Anda menambahkan seseorang dalam lingkaran, maka Anda mengikuti semua posting orang tersebut yang dibagikan secara publik. Begitu juga jika Anda ditambahkan dalam lingkaran orang lain, maka semua posting Anda akan terlihat dalam arus beranda mereka. Anda dapat mengelompokkan daftar orang-orang tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Secara default, lingkaran dalam Google Plus terdiri dari Teman, Keluarga, Kontak, dan Mengikuti. Namun Anda bisa menambahkan lingkaran lain atau mengubah nama lingkaran tersebut. Lingkaran berfungsi untuk berbagi pos, sehingga peran lingkaran sangat penting dalam G+. Semakin banyak orang yang menambahkan kita ke dalam lingkarannya, maka pos kita akan semakin banyak dilihat oleh orang lain. Apalagi jika orang yang melihat posting kita memberikan +1, maka secara otomatis pos tersebut telah direkomendasikan oleh orang yang memberi +1. Semakin banyak orang yang memberikan +1 pada pos kita, itu artinya semakin banyak orang memberikan rekomendasi terhadap pos kita.

Cara Menambahkan Lingkaran Dalam G+

Sebagai pemula, untuk menambahkan orang lain ke dalam lingkaran cukup mudah. Letakkan kursor pada tab menu Beranda yang terletak di sebelah kiri atas halaman, akan muncul pulldown menu, klik Orang atau People. Lihat gambar di bawah.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Setelah itu, muncul jendela baru, yaitu jendela pencarian orang. Anda bisa menambahkan orang yang disarankan atau melakukan penelusuran pada kotak Telusuri siapa saja. Masukkan nama teman yang akan di tambahkan ke dalam lingkaran G+, misalnya . Lihat gambar di bawah.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Pengaturan Profil G+

Untuk melihat profil, letakkan kursor pada tab menu beranda seperti pada bagian menambahkan lingkaran dalam G+ di atas, kemudian klik Profile. Profil G+ merupakan sebuah fitur yang menampilkan informasi detail mengenai seseorang, yaitu tentang orang itu sendiri, pos, foto, you tube, +1, dan ulasan. Lihat gambat di bawah.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Pada halaman Tentang atau About berisi tentang berbagai informasi dasar mengenai diri seseorang, misalnya orang yang menambahkan dan ditambahkan ke lingkaran, pekerjaan, alamat, pendidikan, informasi kontak, dan lain-lain. Sebaiknya isi semua informasi yang diminta pihak Google Plus sesuai dengan identitas Anda, sehingga pihak Googla akan memastikan bahwa Anda merupakan anggota G+ yang bertanggung jawab. Pada halaman ini, pengguna dapat mengedit foto profil dan mengganti gambar latar masing-masing. Klik pada gambar foto profil Anda, kemudian upload foto yang akan ditampilkan sebagai foto profil.

Anda juga bisa melakukan pengaturan apakah informasi yang diberikan akan ditampilkan kepada publik, hanya orang dalam lingkaran, atau hanya diri Anda yang dapat melihatnya. Untuk melakukan pengaturan informasi profil, klik Edit pada setiap bagian yang akan di atur. Akan muncul tampilan jendela pop up, kemudian isi informasi sesuai pada diri Anda, dan atur bagaimana informasi tersebut akan ditampilkan. Lihat contoh di bawah ini.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Pada halaman Pos, akan menampilkan seluruh pos yang pernah Anda bagikan. Pada halaman ini, setiap orang bisa berinteraksi dengan pos yang dibagikan secara publik. Pada halaman Foto, orang dapat melihat semua foto yang dibagikan secara publik, jika pengaturan tampilan foto mengijinkan setiap orang untuk melihatnya. Sementara pada halaman You Tube, akan menampilkan video yang Anda bagikan. Sedangkan pada halaman +1, akan menampilkan semua pos di Google Plus yang telah Anda beri +1. Dan terakhir adalah tab Ulasan, dimana Anda dapat memberikan pendapat atau penilaian terhadap suatu tempat, misalnya Hotel, Restoran, atau Tempat Wisata.

Berinteraksi Dengan Orang Lain Melalui Profil G+ Orang Tersebut

Jika Anda membuka profil orang lain, Anda bisa berinteraksi dengan orang tersebut, baik melalui pos yang dibagikan maupun mengirim pesan dalam bentuk email, pesan biasa, maupun chatting. Untuk berinteraksi dalam pos yang dibagikan, Anda bisa langsung memberikan komentar, +1, maupun membagikan ulang pos tersebut. Untuk mengirim pesan atau chatting, klik pada icon pesan, email, atau hangout. Lihat gambar di bawah ini.
Google Plus bukan sekedar jejaring sosial biasa, ia mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya

Bila icon pada gambar di atas tidak tersedia pada profil seseorang, kemungkinan orang tersebut tidak mengijinkan orang lain untuk mengirimi pesan atau email dari profilnya. Fasilitas hangout juga memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan melalui video dengan maksimal sembilan orang dalam lingkaran Anda.

ARTIKEL POPULER