RESEP MINUMAN KUNYIT INSTAN

Resep Minuman Kunyit Instan – Kunyit sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman temu-temuan yang satu ini sering digunakan sebagai bumbu masak. Kunyit memiliki khasiat yang besar dalam kesehatan manusia. Tanaman ini mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menopang kesehatan. Mengonsumsi kunyit sebagai makanan tentu jarang dilakukan orang, karena rasanya yang tidak enak. Namun, untuk mendapatkan manfaat kunyit yang besar, ada cara yang dapat dilakukan, sehingga kita tidak lagi merasakan rasa tidak enak saat mengonsumsi kunyit. Salah satu cara agar kunyit layak dikonsumsi adalah dengan membuat kunyit instan.

Membuat kunyit instan tidaklah sulit, tidak membutuhkan bahan yang sulit atau mahal, serta dapat dibuat dengan peralatan yang relatif sederhana. Berikut ini kami sajikan resep minuman kunyit instan.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Minuman Kunyit Instan

Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana dan biasanya sudah tersedia di rumah sebagai peralatan standar di dapur, diantaranya adalah:

  1. Baskom atau alat lain yang dapat digunakan untuk mencuci rimpang kunyit dan bahan-bahan lain.
  2. Pisau untuk mengupas dan membersihkan rimpang kunyit serta sebagai alat potong rimpang kunyit dan bahan-bahan lain.
  3. Talenan atau alat lain yang dapat digunakan sebagai alas untuk mengeprak atau memukul rimpang kunyit atau sebagai alas memotong setiap bahan.
  4. Ulek-ulek atau alat lain yang dapat digunakan sebagai pemukul rimpang kunyit
  5. Blender untuk menghaluskan rimpang kunyit setelah dikeprak.
  6. Gelas ukur atau alat ukur lain untuk menakar air yang digunakan untuk merebus bahan.
  7. Ember atau alat lain yang dapat digunakan sebagai wadah semua bahan yang telah dicuci atau dibersihkan.
  8. Panci atau alat lain yang dapat digunakan untuk merebus semua bahan.
  9. Kompor atau alat lain yang dapat digunakan sebagai pemanas pada saat perebusan.
  10. Centong atau alat pengaduk lain untuk mengaduk campuran bahan pada saat perebusan.
  11. Saringan atau alat lain yang dapat digunakan sebagai penyaring kristal kunyit instan yang telah jadi.
  12. Plastik atau alat kemas lain, digunakan untuk mengemas atau menyimpan kunyit instan yang telah jadi atau siap dikemas.

Bahan Resep Minuman Kunyit Instan




Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kunyit instan tidaklah rumit, dan bisa dibeli dengan harga yang murah, diantaranya adalah 1 kilogram kunyit putih, 1 kilogram gula pasir, 6 batang serai, 10 butir cengkeh, 5 lembar daun pandan, 4 ruas jari kayu manis atau keningar, dan 250 mililiter air bersih.

Cara Membuat Kunyit Instan

Membuat kunyit instan cukup sederhana, tidak membutuhkan keterampilan khusus, sehingga bisa dilakukan oleh setiap orang. Berikut ini cara membuat kunyit instan.

  1. Kupas dan bersihkan rimpang kunyit putih, kemudian potong ukuran sedang. Cuci potongan rimpang kunyit putih tersebut, lalu dikeprak hingga remuk atau pecah-pecah. Kunyit putih yang sudah dikeprak kemudian diblender hingga halus. Tambahkan 250 mililiter air pada kunyit putih yang sudah dihaluskan, lalu peras dan saring bubur kunyit putih tersebut.
  2. Bersihkan bahan-bahan lain, seperti daun pandan, kayu putih atau keningar, serai, dan cengkeh, kemudian masukkan semua bahan pada air perasan kunyit putih.
  3. Rebus semua bahan di atas api kecil sambil terus diaduk agar tidak lengket. Pengadukan harus dilakukan semakin cepat pada saat hampir matang agar tidak gosong atau lengket.
  4. Jika sudah membentuk kristal dan berwarna putih sedikit kecokelatan, matikan api dan biarkan kristal kunyit instan dingin.
  5. Haluskan kristal kunyit instan kemudian diayak menggunakan saringan yang agak halus, agar ukuran kristal seragam.
  6. Masukkan kunyit instan yang sudah jadi pada wadah yang sudah disiapkan untuk disimpan, atau bisa juga langsung dimasukkan dalam kemasan jika kunyit instan akan dijual.
Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Resep Minuman Kunyit Instan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER