KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MERAH SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Sebagai Obat Tradisional – Buah ini berasal dari Papua, oleh masyarakat Papua, buah merah lebih dikenal dengan nama kuansu. Buah merah memiliki nama ilmia Pandanus Conoideus yang merupakan keluarga dari Pandanaceae. Bentuk pohon buah merah secara sepintas memang menyerupai pohon pandan, namun, tanaman ini mampu tumbuh dengan tinggi tanaman mencapai 16 meter. Buah merah sangat dikenal memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat tradisional. Berikut ini kami sajikan beberapa khasiat buah merah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebagai Obat Tradisional HIV/AIDS

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji khasiat buah merah terhadap penderita HIV/AIDS. Penggunaan sari buah merah yang dicampur dengan makanan yang mengandung 90% protein dapat membantu perbaikan kondisi penderita HIV/AIDS. Penderita yang diberi ramuan tersebut selama satu hingga dua minggu menunjukkan berbagai indikasi perbaikan kondisi tubuh, diantaranya adalah meningkatnya berat badan, wajah menjadi lebih cerah, batuk-batuk berkurang, dan jamur yang tumbuh pada bagian mulut mulai berkurang. Pemberian sari buah merah juga dapat dikombinasikan dengan kampsul ARV.

Sebagai Obat Tradisional Demam Berdarah

Selain dapat diberikan kepada penderita HIV/AIDS, sari buah merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Diketahui bahwa sari buah merah mampu meningkatkan Hb dan trombosit. Cukup minum 2 kali satu sendok teh setiap hari, reaksi positif bisa dilihat saat penderita demam berdarah buang air besar, yaitu dengan kotoran yang terlihat agak merah. Untuk penyembuhan demam berdarah, reaksi akan lebih cepat jika didukung dengan pemberian jambu biji merah.

Sebagai Obat Tradisional Stroke




Inilah salah satu khasiat buah merah yang paling banyak dikenal masyarakat. Cukup minum sari buah merah setiap pagi dan malam hari menjelang tidur, masing-masing satu sendok makan. Jika ramuan tersebut diberikan pada penderita tekanan darah tinggi, pada hari ketiga hingga kelima sudah terlihat hasilnya. Untuk mempercepat penyembuhan, sebaiknya penderita juga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu, penggunaan sari buah merah juga dapat dikombinasikan dengan obat dokter, satu jam setelah mengonsumsi obat dokter maka dapat dilanjutkan mengonsumsi sari buah merah.

Sebagai Obat Tradisional Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena menumpuknya zat purin dalam tubuh. Oleh karena itu, para penderita asam urat biasanya menghindari makanan berprotein tinggi. Minum sari buah merah setiap pagi dan malam hari masing-masing satu sendok teh. Selain untuk menyembuhkan penyakit asam urat, mengonsumsi sari buah merah dengan dosis tersebut juga dapat menyembuhkan penyakit reumatik dan osteoporosis. Untuk penderita osteoporosis, bisa ditambahkan suplemen yang mengandung kalsium tinggi.

Sebagai Obat Tradisional Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan kandungan gula darah yang sangat tinggi, sehingga tidak jarang para penderita diabetes harus mengurangi konsumsi nasi sebagai sumbar gula. Untuk mengurangi konsumsi gula, ada baiknya penderita penyakit ini mengonsumsi talas, bila perlu tidak usah direbus, tetapi cukup dibakar agar kandungan gula dalam talas menurun. Untuk menyembuhkan penyakit diabetes, cukup mengonsumsi sari buah merah dua kali sehari, masing-masing satu sendok makan. Setelah satu bulan mengonsumsi secara rutin sari buah merah tersebut, dan diimbangi dengan pola makan yang sesuai untuk penderita diabetes, maka kadar gula dalam darah kembali normal.

Sebagai Obat Tradisional Hepatitis

Kabar gembira untuk para penderita hepatitis, diketahui buah merah juga berkhasiat ampuh menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk menyembuhkan penyakit hepatitis A, B, dan C cukup minum sari buah merah sebanyak dua kali satu sendok teh setiap hari. Jika SGOT dan SGPT sudah membaik, dosis sari buah merah bisa dinaikan, menjadi dua kali satu sendok makan setiap hari. Biasanya dalam waktu tujuh hingga sepuluh hari, sudah menunjukkan hasil yang positif, misalnya daya tahan tubuh meningkat dan wajah terlihat lebih cerah.

Sebagai Obat Tradisional Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis yang merupakan salah satu penyakit pengeroposan tulang, disebabkan oleh kekurangan kalsium. Bisayanya penyakit ini dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut. Berdasarkan berbagai penelitian, buah merah kaya akan kandungan kalsium. Dalam 100 gram buah merah, mengandung kalsium hingga 54.000 miligram. Tingginya kandungan kalsium tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah penyakit osteoporosis. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang memasuki usia lanjut, sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi sari buah merah.

Sebagai Obat Tradisional Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol yang sangat tinggi dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung, dan merangsang pengapuran. Selain itu, kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan melemahnya fungsi otak. Sari buah merah menganduk tokoferol yang sangat tinggi. Tokoferol diketahui berperan aktif dalam menetralisir kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi sari buah merah secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Khasiat dan Manfaat Buah Merah Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER