KANDUNGAN DAN MANFAAT MENGKUDU BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan – Mengkudu atau pace memiliki nama latin Morinda citrifolia adalah tanaman dari keluarga kopi-kopian (Rubiaceae) yang berasal dari daerah Asia Tenggara, kemudian menyebar hingga ke Afrika, Australia, bahkan Amerika. Tanaman mengkudu sudah sejak jaman dahulu dikenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia, bahkan oleh bangsa Polinesia tanaman ini sudah digunakan sebagai tanaman obat tradisional sejak ratusan tahun SM. Bahkan oleh Dinasti Han di China, khasiat tanaman mengkudu sebagai obat tradisional sudah tertera dalam naskah-naskah tulisan kuno yang diperkirakan ditulis pada 2000 tahun silam.

Kandungan Senyawa Terpenoid Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Salah satu jenis lemak esensial yang memiliki peran penting bagi tubuh kita adalah senyawa hidrokarbon isometrik. Senyawa hidrokarbon isometrik tersebut dikenal juga senyawa terpenoid. Senyawa terpenoid membantu memulihkan sel-sel tubuh dan proses sintesa organik. Oleh karena itu, buah mengkudu mengandung senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga memiliki khasiat yang besar dalam memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Zat Antibakteri Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan




Zat antibakteri yang terdapat pada buah mengkudu antara alain acubin, asperuloside, alizarin, dan zat-zat antraqinon. Zat antibakteri tersebut sangat manjur untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri-bakteri patogen, bahkan mampu menyembuhkan tubuh yang terserang dua bakteri mematikan, yaitu Salmonella dan Shigella. Zat-zat antibakteri pada buah mengkudu juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan infeksi penyakit kulit, demam, dan berbagai gangguan kesehatan lain yang disebabkan oleh serangan bakteri.

Kandungan Asam Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Beberapa kandungan asam yang terdapat pada buah mengkudu antara lain asam kaproat, asam kaprik, dan asam kaprilat yang merupakan golongan asam lemat, serta asam askorbat. Asam kaproat dan asam kaprik merupakan zat yang menimbulkan bau busuk tajam pada buah mengkudu. Sementara asam askorbat merupakan sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang bermanfaat untuk menetralisir radikal-radikal bebas di dalam tubuh. Jika radikal bebas terlalu banyak dalam tubuh, maka akan membahayakan kekebalan tubuh kita. Dengan demikian, buah mengkudu juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan Scopoletin Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Scopoletin merupakan zat yang berkhasiat ampuh sebagai obat tradisional dan berperan mengikat serotonin, yaitu senyawa kimia yang penting bagi tubuh. Selain itu, scopoletin juga berfungsi menormalkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan, sehingga peredaran darah kembali lancar. Scopoletin dapat juga berperan sebagai pembunuh bakteri dan pembunuh jamur, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bakterisida dan fungisida organik dalam pertanian. Manfaat lain scopoletin adalah berperan sebagai antiperadangan dan antialergi.

Kandungan Zat Anti-kanker Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengkudu juga mengandung zat anti-kanker yang efektif untuk mengendalikan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan temuan dari empat orang ilmuwan Jepang yang secara khusus meneliti zat-zat anti-kanker pada 500 jenis ekstrak tumbuhan. Dari kelimaratus jenis tersebut, zat anti-kanker yang terdapat pada buah mengkudu ternyata memiliki efektifitas yang paling tinggi untuk melawan sel-sel kanker. Oleh karena itu, pemanfaatan buah mengkudu sebagai obat tradisional untuk mencegah serangan penyakit kanker sangat dianjurkan.

Kandungan Xeronine Dan Proxeronine Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Xeronine merupakan alkaloid penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Peran dan fungsi xeronine di dalam tubuh adalah mengatur bentuk dan rigiditas atau kekerasan protein di dalam sel dan mengaktifkan enzim-enzim. Memang, pada dasarnya buah mengkudu tidak mengandung banyak xeronine, namun perlu diingat, bahwa buah mengkudu mengandung Proxeronine dalam jumlah yang sangat besar. Proxeronine adalah prekursor atau pembentuk xeronine. Dengan demikian, mengonsumsi buah mengkuku yang kaya kandungan proxeronine maka kadar xeronine dalam tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena dengan peran xeronine maka fungsi protein akan normal, dan tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Secara umum, buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu antara lain protein, karbohidrat, vitamin-vitamin, serta mineral esensial. Salah satu mineral yang banyak terdapat pada buah mengkudu adalah selenium yang berperan sebagai antioksidan. Dengan demikian, buah mengkudu kaya akan zat-zat antioksidan yang dapat mencegah serangan sel-sel kanker.

Demikan informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Kandungan Dan Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER