KHASIAT MENGKUDU SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DARAH TINGGI

Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Tradisional Darah Tinggi – Kebanyakan masyarakat Indonesi telah mengenal buah mengkudu. Dan khasiat buah mengkudu sebagai tanaman obat tradisional sudah terbukti secara empiris semenjak ribuan tahun silam. Selain bermanfaat bagus bagi kesehatan tubuh, karena kandungan nutrisinya yang lengkap, buah mengkudu juga memiliki khasiat yang ampuh dalam menumpas berbagai macam penyakit, tak terkecuali penyakit tekanan darah tinggi. Banyak pasien atau penderita penyakit darah tinggi yang secara rutin mengonsumsi buah mengkudu secara rutin dan merasakan perubahan yang sangat bagus. Tekanan darah mereka dalam menurun setelah mengonsumsi buah mengkudu, sehingga tidak mengherankan jika buah ini sangat disarankan untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Obat Tradisional Darah Tinggi Yang Sangat Ampuh

Mengkudu merupakan salah satu jenis buah yang berkhasiat tinggi untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Hal tersebut telah diakui oleh berbagai kalangan, bahkan beberapa penelitian ilmiah juga membuktikan khasiat buah mengkudu sebagai obat tradisional darah tinggi. Khasiat tersebut terutama disebabkan kandungan zat scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu. Zat scopoletin merupakan salah satu senyawa yang dapat berperan untuk mengikat serotonin. Sementara serotonin adalah zat kimiawi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.



Menurut Neil Solomon, MD.PhD, seorang peneliti kesehatan dari Amerika, menyatakan bahwa kandungan scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu dapat berfungsi memperlebar atau menormalkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Sehingga aliran dan sirkulasi darah menjadi lancar. Kondisi ini akan mempengaruhi dan membantu meringankan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kerja jantung yang lebih ringan atau tidak terlalu berat akan menormalkan tekanan darah seseorang.

Scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang diujicobakan pada binatang. Selain itu, mengonsumsi buah mengkudu sebagai obat tradisional darah tinggi memiliki keuntungan lain, yaitu kandungan scopoletin dalam buah mengkudu tersebut dapat berinteraksi positif dan bersinergi dengan nutraceuticals lain. Nutraceuticals merupakan jenis makanan yang dapat digunakan sebagai obat tradisional darah tinggi. Kemampuan scopoletin dalam menormalkan tekanan darah juga memiliki ambang tertentu, artinya, jika tekanan darah sudah normal, maka scopoletin dalam buah mengkudu tidak berperan untuk menurunkan tekanan darah lagi, sehingga tekanan darah seseorang akan tetap stabil. Belum pernah ditemukan kasus hipotensi atau tekanan darah rendah akibat mengonsumsi buah mengkudu. Khasiat mengkudu sebagai obat tradisional darah tinggi juga diperkuat dengan beberapa penelitian, antara lain yang dilakukan oleh Stanford University, Hawaii University, University of California, Union College of London, dan University of Meets.

Uji klinis terhadap pasien yang menderita penyakit darah tinggi juga dilakukan oleh Scott Gerson, MD. Para penderita darah tinggi tersebut mengonsumsi sari buah mengkudu secara teratur sebagai obat tradisional, dan tekanan darah mereka selalu normal. Namun, saat mereka berhenti mengonsumsi sari buah mengkudu tersebut, tekanan darah mereka kembali meningkat. Hal ini membuktikan bahwa mengkudu memiliki khasiat yang sangat bagus jika digunakan sebagai obat tradisional darah tinggi.

Selain itu, mengkudu juga berperan aktif secara sinergis dengan mikronutrien lain untuk menghambat aliran darah menuju sel-sel tumor. Dengan demikian, selain efektif sebagai obat tradisional darah tinggi, mengkudu juga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tumor, karena suplai darah yang menuju sel-sel tumor tersebut bisa dihambat.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Tradisional Darah Tinggi, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER