KANDUNGAN DAN MANFAAT JAMBU AIR BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan – Jambu air merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Berbagai varietas jambu air banyak ditemukan di Indonesia. Komoditas buah ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Disamping rasanya yang manis dan segar, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi dalam sebagai buah segar, jambu air juga banyak dijadikan sebagai buah untuk rujak, olahan dalam bentuk sirup, dan asinan. Berikut ini kami ulas kandungan dan manfaat jambu air bagi kesehatan.

Kandungan Dan Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Sesuai namanya, di dalam benak kita mungkin akan mengatakan kandungan tertinggi dalam jambu air adalah air. Air sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup semua mahluk. Hampir tidak ada mahluk hidup yang mampu bertahan hidup tanpa air. Demikian vitalnya peran dan fungsi air, sehingga tubuh akan terasa lemas saat mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Bahkan bukan tidak mungkin jika terjadi dehidrasi yang cukup parah akan mengancam jiwa seseorang.

Jambu air mengadung 93% air, dan kandungan air dalam buah jambu air tersebut bersifat mendinginkan, sehingga sesaat setelah mengonsumsi buah jambu air, tubuh terasa lebih segar. Kandungan air tersebut juga bermanfaat untuk memperlancar kencing, sehingga ginjal Anda akan lebih bersih dan sehat. Dengan demikian, buah jambu air yang dapat memperlancar dan memperbanyak kencing secara tidak langsung juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit batu ginjal.



Kandungan vitamin dalam buah jambu air yang cukup besar adalah vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dalam jambu air cukup tinggi. Vitamin A, selain berperan dalam menjaga kesehatan mata juga dapat berfungsi meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Vitamin A juga berperan dalam meningkatkan fungsi sel darah putih yang dapat bertindak sebagai antibodi dan antivirus.

Sementara itu, kandungan vitamin C dalam buah jambu air juga cukup tinggi, yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan tersebut setara dengan kandungan vitamin C pada jeruk mandarin. Secara umum, vitamin C berperan dalam meningkatkan tingkat serapan terhadap zat besi dan mempercantik kulit. Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan sel tubuh. Antioksidan tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang berpotensi merusak kantung sperma juga dapat dicegah, sehingga buah jambu air juga mermanfaat dalam menjaga kesehatan dan memperbaiki kualitas sperma. Manfaat lain dari vitamin C adalah untuk menjaga dan menjaga kesehatan mulut, gigi, gusi, dan pembuluh kapiler.

Selain kandungan air dan vitamin tersebut, buah jambu air juga mengandung serat yang cukup tinggi dan beberapa mineral penting bagi tubuh, seperti zat besi, kalium, kalsium, phosphor, magnesium, seng, tembaga, mangan, serta beberapa asam terutama asam sitrat dan asam sulfurik. Buah jambu air juga memiliki kandungan protein, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Karena jambu air merupakan jenis buah yang mudah busuk, sebaiknya saat membeli buah ini dalam jumlah yang terukur, tidak terlalu banyak, sehingga terlalu lama disimpan. Selain itu, buah jambu air juga rentan terserang lalat buah, saat telur lalat menetas, akan berubah menjadi larva dalam bentuk ulat atau belatung. Sehingga Anda perlu membelahnya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Kandungan Dan Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER