PENGARUH +1 TERHADAP HASIL PENELUSURAN GOOGLE SEARCH ENGINE

Pengaruh +1 Terhadap Hasil Penelusuran Google Search Engine – Sesuatu yang kadang diabaikan oleh para blogger kita dalam melakukan optimasi blog mereka adalah tombol +1 Google Plus. Sepintas tombol +1 hanya berperan sebagai tombol berbagi ke jaringan sebuah jaringan sosial, dalam hal ini adalah Google Plus. Namun, jika dikaji lebih dalam, +1 ternyata memiliki peran yang signifikan pada hasil pencarian Google Search Engine. +1 akan membantu robot google dalam menyajikan informasi yang dianggap paling relevan dengan kueri kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Dengan kata lain, blog yang memiliki nilai +1 tinggi, akan dianggap memiliki relevansi terhadap informasi yang dicari oleh pengguna. Dalam hal ini, +1 akan menjadi referensi terhadap topik atau konten yang dicari pengguna dari orang-orang yang mereka kenal. Pihak Google sendiri mengakui bahwa nilai +1 pada suatu blog akan menjadi salah satu parameter yang digunakan untuk menampilkan blog tersebut dalam hasil pencariannya. Lihat contoh penerapan tombol +1 pada blog.
Pengaruh +1 pada hasil penelusuran Google. Tombol +1 memberikan pengarus yang signifikan pada penerapan SEO blog Anda.

Bagaimana Pengaruh +1 Terhadap Hasil Penelusuran Google Search Engine?

Pengguna yang masuk ke akun Google dan melakukan pencarian informasi melalui Google Search Engine, maka mereka akan melihat beberapa informasi yang menampilkan +1 pada konten yang ditampilkan oleh hasil penelusuran Google. Pada cuplikan atau deskripsi singkat konten tersebut akan diberi notasi dari pengguna yang telah memberikan +1. Namun, bila pengguna belum memberikan +1 terhadap konten yang ditampilkan, maka pengguna akan melihat seberapa banyak orang atau teman pengguna yang memberikan +1 pada konten tersebut. Lihat contoh tampilan +1 pada hasil penelusuran Google Search Engine.
Pengaruh +1 pada hasil penelusuran Google. Tombol +1 memberikan pengarus yang signifikan pada penerapan SEO blog Anda.

Dengan menambahkan tombol +1 pada situs atau blog Anda, akan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memberikan rekomendasi pada konten atau artikel yang Anda buat. Hal ini memungkinkan teman-teman meraka akan melihat hasil rekomendasi tersebut. Terlebih lagi jika pengguna yang memberikan rekomendasi memiliki jumlah pengikut yang besar dalam lingkarannya. Tentu saja akan menguntungkan sebuah situs, dimana situs tersebut telah direkomendasikan pada banyak orang, sehingga popularitas situs atau blog akan meningkat.

Bagaimana Pengaruh +1 Terhadap Kinerja Situs Dalam Memperebutkan Posisi Strategis Pada Hasil Penelusuran Google?




Dengan mencermati gambar di atas, terlihat bahwa sebuah situs telah direkomendasikan oleh orang atau teman yang telah memberikan +1 pada situs tersebut. Situs yang memperoleh nilai +1 tinggi, akan dianggap oleh robot mesin telusur Google lebih memiliki relevansi dan akurasi terhadap informasi yang dicari pengguna. Dengan asumsi, bahwa mesin pencari akan mendefinisikan konten tersebut memiliki relevansi kesamaan kebutuhan informasi antara pengguna dan pemberi +1. Oleh karena itu, +1 yang diberikan kepada blog kita akan memberikan signal positif pada mesin telusur Google, saat menentukan halaman mana yang paling relevan terhadap informasi yang dicari pengguna. Dengan kata lain, suatu blog yang memperoleh nilai +1 tinggi akan memiliki peluang yang lebih baik dalam memperebutkan posisi SERP (Search Engine Result Page).

Pengaruh Tombol +1 Terhadap Cara Mesin Telusur Google Merayapi Sebuah Blog

Robot mesin telusur Google akan berasumsi bahwa situs atau blog yang mambahkan tombol +1 bersedia dan ingin ditampilkas secara publik, termasuk akan ditampilkan pada hasil penelusuran Google Search Engine. Oleh karena itu, robot penelusuran Google akan merayapi, mengambil, dan menampilkan konten-konten dalam situs atau blog tersebut pada hasil penelusuranya, meskipun pada URL yang diblokir oleh robots.txt. Hal ini sesuai dengan yang tertera pada Google+ Webmaster FAQ, lihat petikan berikut:

When you add the +1 button to a page, Google assumes that you want that page to be publicly available and visible in Google Search results. As a result, we may fetch and show that page even if it is disallowed in robots.txt.

Oleha karena itu, untuk menghindari terjadinya duplikat konten, meskipun telah diblokir oleh robots.txt, sebaiknya tetap gunakan menambahkan link rel="canonical". Dengan penambahan link canonical, Google akan mengaitkan +1 yang diperoleh pada halaman non-canonical ke halaman versi canonical yang dirujuk. Dengan demikian, halaman atau konten Anda akan mendapatkan banyak +1 dari berbagai URL non-canonical.

Cara Menambahkan Tombol +1 Pada Blog

Untuk menambahkan tombol +1 pada blog caranya cukup mudah. Buka blogger Anda, kemudian pilih Layout atau Tata letak. Klik Add Gadget atau Tambahkan Gadget. Pilih HTML/JavaScript, kemudian copy kode JavaScript di bawah ini dan paste pada kotak JavaScript yang baru ditambahkan. Klik Save atau Simpan. Lihat Gambar.

<!-- Place this tag where you want the +1 button to render. -->
<div class="g-plusone" data-annotation="inline" data-width="300"></div>
<!-- Place this tag after the last +1 button tag. -->
<script type="text/javascript">
(function() {
var po = document.createElement('script'); po.type = 'text/javascript'; po.async = true;
po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js';
var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s);
})();
</script>

Pengaruh +1 pada hasil penelusuran Google. Tombol +1 memberikan pengarus yang signifikan pada penerapan SEO blog Anda.

Pemasangan tombol +1 sangat penting dan berperan besar dalam meningkatkan reputasi serta mendongkrak trafik blog Anda. Oleh karena itu, menambahkan tombol +1 merupakan langkah strategis dalam memenangkan persaingan di hasil penelusuran Google Search Engine. Tunggu apa lagi? Optimalkan teknik SEO yang Anda terapkan dengan menambahkan tombol +1.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Pengaruh +1 Terhadap Hasil Penelusuran Google Search Engine bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER