MENGENAL IKAN MAS

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang harganya cukup mahal. Konon, ikan mas sudah dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia sejak dua ratus tahun silam. Namun, secara pasti belum ada data yang menyebutkan kapan tepatnya ikan mas mulai dibudidayakan. Terlepas dari kapan ikan mas mulai dibudidayakan, yang jelas hingga saat ini komoditas perikanan tersebut masih cukup digemari masyarakat, hal ini disebabkan selain cita rasanya yang istimewa, ikan mas juga hampir tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi.

Lingkungan Hidup Ikan Mas

Habitat asli ikan mas adalah perairan dangkal yang mengalir pelan dengan suhu sejuk. Di danau-danau atau di sungai-sungai, ikan ini hidup menepi sambil mencari pakan berupa binatang-binatang kecil. Jentik-jentik nyamuk merupakan pakan alami yang sangat digemari oleh ikan mas. Di tepi-tepi danau maupun sungai ini ikan mas meletakkan telurnya pada rerumputan yang menjorok ke perairan. Lingkungan optimal untuk pertumbuhan dan perkembangannya yaitu perairan yang berada pada ketinggian antara 150-1.000 mdpl dengan suhu antara 20-25°C, dan pH ideal adalah 6,5-7,5.

Jenis Ikan Mas




Membedakan jenis ikan mas sebetulnya cukup sulit, namun ada beberapa ahli yang membedakannya dari segi fisik, misalnya dari bentuk sisik atau warna tubuhnya. Namun, pembagian berdasarkan kriteria tersebut dianggap kurang mengena, dan supaya bisa mendapatkan keturunan murni dari jenis ikan mas, maka seorang pakar perikanan, Dr. A.L. Buschkiel mencoba untuk menetapkan pembagian jenis ikan mas berdasarkan ciri-ciri sisiknya.

Terlepas dari penggolongan jenis ikan mas yang belum ditetapkan secara pasti dari segi biologinya, dipasaran banyak dijumpai berbagai jenis ikan mas, diantaranya adalah ikan mas majalaya, ikan mas punten atau karper, ikan mas kancra domas, sinyonya, fancy carp, kumpai, dll.

Ikan mas majalaya merpakan salah satu jenis ikan mas unggul yang diperoleh dari hasil seleksi yang dilakukan oleh seorang petani di Cipedas, Majalaya, Jawa Barat. Seleksi tersebut dilakukan selama tujuh tahun yang selesai pada tahun 1974. Ikan mas majalaya memiliki warna tubuh hijau kehitaman, bentuk badan relatif lebih pendek dibanding ikan mas lain, memiliki punggung tinggi sehingga tampak membungkuk, gerakannya lebih jinak. Ikan ini memiliki laju pertumbuhan yang cukup baik, sehingga sangat cocok dibudidayakan.

Ikan mas punten atau karper diperoleh dari hasil persilangan yang dilakukan di daerah Punten Jawa Timur, pada tahun 1919-1920. Ikan ini memiliki warna tubuh hijau kehitaman, dengan mata menonjol. Bentuk tubuhnya panjang dengan punggung lebar.

Kancra domas memiliki sisik yang berukuran kecil dengan warna tubuh agak kemerahan. Terdapat garis membujur pada bagian tengah tubuhnya, yang membatasi dengan bagian perut yang berwarna keperakan. Bagian punggung tampak gelap atau hijau kehitaman, dengan susunan sisik kecil-kecil yang tidak teratur.

Sinyonya biasa disebut juga dengan si putri yogya karena memang berasal dari daerah Yogyakarta. Bentuk dan ukuran sisiknya sama seperti ikan mas pada umumnya, dengan warna kuning muda. Mata tidak terlalu menonjol dengan bentuk normal saat masih muda, sedangkan ikan yang sudah tua memiliki mata yang agak sipit.

Fncy carp atau lebih dikenal dengan ikan mas koi, merupakan salah satu jenis ikan mas yang banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias kolam. Warna tubuhnya sangat bervariasi, dengan corak warna yang beragam. Selain itu, bentuk tubuhnyapun agak memanjang, sehingga menyerupai terpedo. Salah satu keunggulan ikan mas koi adalah warna tubuhnya yang sangat menarik, sehingga oleh orang Jepang, ikan ini dijadikan sebagai ikan hias utama.

Klasifikasi Ikan Mas

Klasifikasi ikan mas adalah sebagai berikut:
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Ostariophysi
Famili : Cyprinidae
Genus : Cyprinus
Species : (Cyprinus carpio)

Ikan mas merupakan spesies Cyprinus carpio yang termasuk dalam famili Cyprinidae, dengan bentuk tubuh pipih memanjang. Ikan ini memiliki mulut yang terletak di ujung tengah bagian tubuhnya. Pada bagian mulut tersebut, terdapat dua pasang sungut. Sementara warna tubuhnya sangat bervariasi, ada yang merah, kekuningan, hitam, hitam kehijauan, putih, atau bahkan kombinasi dari warna-warna tersebut. Secara umum, bagian tubuh ikan mas terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, badan, dan ekor.

Kandungan Gizi Dalam 100 gram Daging Ikan Mas

Selain cita rasanya yang banyak digemari masyarakat, ikan mas juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, sehingga menjadi salah satu alternatif bahan pangan sebagai sumber gizi keluarga. Berikut ini kandungan gizi dalam 100 gram daging ikan mas.
Kalori 95 kal, protein 4.5 gram, lemak 0.2 gram, karbohidrat 23.1 gram, kalsium 42 mg, fosfor 134 mg, besi 1 mg, vitamin B1 0.22 mg, air 71 gram.

Dengan komposisi dan kandungan gizi yang lengkap tersebut, ikan mas menjadi salah satu komoditas perikanan yang diperkirakan menjadi andalan sumber gizi bagi masyarakat.

ARTIKEL POPULER