MOBIL SEDAN COROLLA

Mobil Sedan Corolla merupakan produk dan hasil inovasi dalam teknologi otomotif yang dirintis oleh perusahaan raksasa asal Jepang, Toyota. Nama Corolla dapat diartikan sebagai mahkota bunga, sehingga tidak mengherankan jika inovasi maupun pembaruan teknologi yang dikembangkan oleh Toyota selalu mengacu pada keindahan dan kemewahan, layaknya keindahan mahkota bunga. Produk besutan Jepang ini semakin merajai pasar mobil dunia karena memiliki beberapa segmen pasar dari berbagai kelas produknya. Bukan hanya masyarakat Indonesia, tetapi seluruh dunia mengakui eksistensi mobil besutan Toyota mampu mendominasi penjualan dari kelas bawah hingga kelas atas.

Perkembangan Awal Mobil Sedan Corolla

Mobil Sedan Corolla generasi pertama diproduksi pada tahun 1966-1970 bermesin 2K 1100 cc yang diberi kode KE10. Mobil dengan empat pintu tersebut dirakit di Toyota City, Jepang dan Port Melbourne, Australia. Pada perkembangan selanjutnya, Mobil Sedan Corolla generasi kedua diproduksi dalam dua tipe, yaitu tipe dua pintu dan empat pintu. Namun produk generasi kedua memiliki ukuran lebih besar dari generasi pertama. Generasi kedua ini diproduksi pada tahun 1970-1978 dan perakitan dilakukan di Jepang, Australia, maupun Indonesia.

Nama Toyota Corolla semakin melambung saat terjadi krisis bahan bakar sekitar tahun 1974. Ketika itu, kebanyakan penduduk Amerika mulai beralih ke mobil kecil untuk penghematan bahan bakar, sehingga Mobil Sedan Corolla mengalami peningkatan penjualan secara signifikan. Bahkan hingga sampai sekarang, Toyota Corolla telah merajai industri mobil di dunia.

Mobil Sedan Corolla Mulai Mengusung Teknologi Canggih

Setelah melalui berbagai perombakan maupun pembaruan teknologi, Corolla akhirnya mampu menyejajarkan diri dengan deretan mobil-mobil mewah lain dari negara maju. Lonjakan teknologi yang cukup menonjol dari Mobil Sedan Corolla ini terutama setelah diproduksinya generasi keenam pada tahun 1988-1992, yaitu dengan mesin yang cukup populer Twincam 4A-F dan Twincam 4A-G.

Sekitar tahun 1992, di Indonesia diperkenalkan Mobil Sedan Corolla baru, yang cukup dikenal oleh penggemar produk-produk Toyota dengan sebutan Great Corolla. Sedan Great Corolla diproduksi dalam dua model, yaitu Great Corolla SE yang bermesin 2E 1300 cc, dan Great Corolla SE-G bermesin 4A-FE 1600 cc 1.3 SE. Perkembangan selanjutnya, Sedan Great Corolla SE-G kemudian diperbaharui menjadi 1.6 SE, tepatnya pada tahun 1994.

Di Indonesia, kecanggihan teknologi dan kemewahan Corolla semakin menjajarkan namanya dengan mobil-mobil mewah dari negara Eropa maupun Amerika setelah diperkenalkan mesin Twincam 16 valve EFI pada tahun 1996. Produk yang kemudian dikenal dengan sebutan All New Corolla ini tampil dengan tiga varian model, yaitu 1.6 XLi, 1.6 SE-G, dan 1.6 S-Cruise. Dua tahun kemudian, Toyota memperkenalkan produk barunya lagi dengan teknologi lebih mewah, dikenal dengan New Corolla. Mobil Sedan New Corolla menawarkan dua model/tipe, yaitu 1.8 XLi dan 1.8 SE-G.

Inovasi dan lonjakan teknologi tersebut membuat peluncuran produk-produk baru besutan Toyota sangat dinanti-nantikan para pecinta otomotif. Salah satu produk yang cukup populer di telinga masyarakat Indonesia adalah Toyota Corolla Altis. Mobil Sedan Corolla Altis merupakan jenis mobil sedan mewah generasi ke sembilan yang diperkenalkan Toyota di Indonesia sekitar tahun 2000. Dikabarkan bahwa Corolla Altis mampu mendobrak pasar di Asia Tenggara dengan penjualan yang cukup tinggi. Pada tahun 2010, Toyota kembali memperkenalkan produknya kepada masyarakat Indonesia, yaitu Sedan Corolla Altis Facelift. Mobil Sedan Corolla Altis Facelift hadir dengan mesin terbarunya 2ZR-FE Dual VVT-i. Corolla Altis Facelift memperkenalkan dua varian 1.8 E bertransmisi 6 speed manual dan 1.8 G menggunakan transmisi 5 speed CVT automatic. Ternyata, bukan hanya produk Altis saja yang mampu mendulang penjualan tinggi, Toyota Camry yang merupakan mobil sedan kelas menengah pun semenjak tahun 1997 hingga saat ini tercatat sebagai mobil sedan paling laris di Amerika.

Suksesnya berbagai penjualan Sedan di Amerika maupun lainnya tidak membuat Toyota puas sampai disitu. Sesuai dengan namanya Corolla si mahkota bunga, Toyota kembali meluncurkan generasi berikutnya yang penuh keindahan dan kemewahan, bernama Corolla Axio. Mobil Sedan Corolla Axio mulai diperkenalkan ke Indonesia pada Pebruari 2008, bermesin 1ZZ-FE 1800 cc VVT-i 16 valve Corolla Axio menawarkan tiga model yaitu 1.8 V A/T, 1.8 G A/T, dan 1.8 J M/T.

Mobil Sedan Corolla Altis Hadir Dengan Kemegahan Dan Kemewahan

Pada tahun 2013, kemegahan dan kemewahan Mobil Sedan Toyota Corolla Altis telah diabadikan oleh CarandDriver. Dengan tampilan lebih ramping serta feminis semakin memberikan kesan bahwa mobil sedan corolla altis merupakan produk elegan, bukan sekedar membidik pasar menengah, tetapi sudah merambah ke segmen papan atas. Mobil dengan lampu depan ramping serta rumah lampu kabut lebih sporty ini juga telah menggunakan 4 layer.

Kesan kaku dan tegas pada lekukan body memberikan kesan dimensi lebih kompak. Sedan Corolla Altis generasi terbaru ini tampil dengan lekukan samping sejajar dengan tuas bukaan pintu, membujur dari depan ke belakang. Desain body tampak lebih berbeda dari Sedan Corolla altis pendahulunya, terutama pada bagian ujung jendela belakang terlihat patah, serta sudut tajam pada lampu belakang berbentuk asimetris.

Kemegahan Mobil Sedan Corolla Altis generasi terbaru juga bisa dilihat dari desain interiornya. Disematkan LCD display untuk menampilkan iklim dan cuaca terkini, disertai control AC dan keindahan aksen kayu memberi kesan Sedan Corolla Altis semakin elegan. Mengadopsi sistem navigasi maupun kontrol setir dari Toyota Camry menjadikannya semakin tampak berbeda. Dengan perubahan desain cukup ekstrim, diharapkan Mobil Sedan Corolla Altis mampu menandingi berbagai pesaingnya dalam pasar internasional, untuk memperebutkan pangsa pasar kelas atas.

Untuk meraih minat para konsumen, di Malaysia mulai disosialisasikan harga baru sedan dari tipe Corolla. Mobil bertransmisi otomatis ini, diluncurkan dalam tiga varian sekaligus, yaitu Altis 1.8E (AT), Altis 2.0G (AT), dan Altis 2.0V (AT). Varian Altis 1.8E (AT) merupakan tipe terendah dengan banderol harga berkisar 415 juta rupiah. Sedangkan kelas di atasnya adalah Sedan Altis 2.0G (AT) dengan selisih harga cukup tinggi dari kelas dibawahnya. Corolla Altis tipe ini dibanderol harga 450 juta rupiah. Sedangkan kelas termahal dari Altis generasi terbaru adalah Corolla Altis 2.0V (AT), banderol harga 494 juta rupiah. Sementara di Indonesia, PT. Toyota Astra Motor juga memperkenalkan tiga tipe Mobil Sedan Corolla Altis, yakni tipe 1.8E (MT) dibanderol harga 361 juta rupiah, tipe 1.8G (AT) dibanderol harga 383,9 juta rupiah, serta tipe 2.0V (AT) dibanderol harga 416 juta rupiah.

Peluncuran Mobil Sedan Corolla Furia Concept

Sedan Furia Concept diprediksi bakal menjadi sosok mobil masa depan keluaran Toyota Corolla. Diperkenalkan di North American International Motor Show di Detroid AS, produk ini sempat mencuri perhatian semua pihak. Pasalnya, Mobil Sedan Corolla Furia Concept merupakan indikator awal dari tipe kompak yang bakal memetik kejayaan penjualan di masa mendatang. Bill Fay, seorang Wakil Presiden Grup dan Manajer Umum Toyota Division, mengungkapkan bahwa Sedan Furia diluncurkan ke pasaran mengusung kombinasi desain elegan bertema Iconic Dynamism serta terknologi modern terbaru. Keindahan desainnya tampak pada garis body sederhana membujur dari depan ke belakang, desain lampu depan sipit, serta dilengkapi gril dan krom di bagian atasnya. Terkesan tampilan desain bodinya mencerminkan jiwa muda. Tak heran, jika kalangan muda penggemar mobil di Amerika begitu menggandrungi produk besutan Toyota ini.

Tak hanya itu, nuansa muda pada Toyota Furia juga terlihat pada desain body, terutama lekukan-lekukan tajam di bagian pinggir maupun tengah kap mesin, serta sisi kanan kiri bamper depan maupun belakang. Yak, sekilas desain bodynya memang mirip dengan mobil pendahulunya, Mobil Sedan Corolla Camry dan Avalon.

Selain memberikan kesan sporty, Mobil Sedan Corolla Furia Concept juga terlihat begitu dinamis, tampak pada bagasi belakang terdapat bibir spoiler serta menerapkan desain lebih kompak. Lampu belakang berdesain menyerupai lampu depan, telah menggunakan LED. Bagian kolong belakang mobil sedan ini dirancang diffuser serta mengusung knalpot ganda, sehingga mempertegas kesan kekokohannya.

Ketegasan dan kekokohan Sedan Furia tampak pada dimensinya yang lebih besar dibanding mobil produk keluaran Toyota Corolla lain. Dengan panjang 4.620 mm, lebar 1.805 mm, serta tinggi 1.425 mm memberikan kesan longgar serta nyaman untuk dikendarai. Jarak sumbu roda sepanjang 2.700 mm semakin memberikan kesan bahwa Mobil Sedan Corolla Furia Concept memang lebih kokoh.

Mobil Sedan Corolla, mobil masa depan, generasi otomotif terbaik untuk Anda. Mobil Sedan Corolla Altis.

Generasi Baru Mobil Sedan Corolla

Toyota memperkenalkan mobil sedan generasi terbarunya, All-New Corolla yang diperkirakan akan diluncurkan tahun ini. Mobil sedan tersebut memadukan desain dari para pendahulunya, seperti Sedan Corolla Auris, Corolla Rav 4, atau Sedan Corolla Avensis. Desain depan tampak elok menerapkan desain lampu depan menyempit ke belakang. Baik gril maupun garis tengah bercorak krom, yang diperindah lekukan bemper depan pada bagian samping di dekat rumah lampu kabut. Secara sepintas, desain interior mobil sedan ini banyak diadopsi dari Mobil Corolla Auris ditambah beberapa tombol kontrol. Desain dashboard bagian tengah tampak sederhana, tidak dilengkapi monitor audio maupun navigasi, sehingga memberikan kesan lebih luas didalamnya. Sebagai generasi paling bersejarah keluaran Toyota Corolla, mobil sedan generasi terbaru dari segmen C ini mengusung desain body agak besar. Toyota telah memperkenalkan keluaran tipe ini baik di Amerika maupun Eropa. Bahkan rencana peluncuran All-New Corolla menjadi topik pembicaraan hangat, khususnya di kalangan media otomotif di kedua kawasan tersebut.

Menurut keterangan Bob Carter, Senior Vice President Toyota Motor Sales AS, menyampaikan bahwa All-New Corolla akan diluncurkan pada akhir tahun 2013. Keterangan tersebut juga dipertegas oleh salah seorang juru bicara Toyota AS, Mike Michels, yang menyampaikan bahwa Toyota All-New Corolla akan diluncurkan sekitar bulan Desember. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak Toyota mengenai peluncuran Mobil Sedan Corolla terbarunya, namun banyak pihak memperkirakan bahwa generasi terbaru All-New Corolla tersebut akan diluncurkan pada akhir tahun 2013, bahkan beberapa diantaranya memprediksi akan diluncurkan pada SEMA Show 2013. Menampilkan desain lebih trendy juga sporty, mobil sedan ini tak hanya menyasar konsumen kelas atas, tetapi juga kawula muda penggemar mobil produk-produk Toyota.

Mobil Sedan Corolla Ramah Lingkungan

Sementara itu, di Tokyo, Toyota Motor Corporation (TMC) diperkirakan bakal meluncurkan varian Mobil Sedan Corolla Hybrida, yaitu Sedan Corolla Axio. Dari segi pasar, Toyota Corolla Axio sementara ini dirancang untuk membidik pasar Jepang. Keisitmewaan dari Mobil Sedan Toyota Axio adalah mengusung teknologi ramah lingkungan, sehingga tidak mengherankan jika pemerintah setempat membebaskan pajak hingga seratus persen. Mobil sedan ini dirancang menggunakan mesin bensin 1,5 liter, 74 PS serta motor listrik 61 PS dengan konsumsi bahan bakar 33 kpl. Sedangkan untuk catu daya menggunakan baterai nilkel-metal. Mobil Sedan Corolla Axio dibanderol dengan harga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 211,75 juta rupiah. Kinerja dari motor listrik dan kondisi baterai dapat dipantau dari monitor berdimensi 4,2 inchi yang disematkan di tengah-tengah dashboard. Kecanggihan teknologi Sedan Toyota Axio telah dilengkapi lampu depan otomatis, yang dapat menyala sendiri jika kondisi cahaya lingkungan kurang mendukung. Selain itu, Mobil Toyota Axio juga dilengkapi perangkat sensor untuk memberikan peringatan tabrakan.

Mobil Toyota Corolla Versi Anyar

Toyota juga memperkenalkan peluncuran produk anyar lainnya, seperti misalnya Sedan Corolla Hatchback yang membidik pasar Eropa. Peluncuran Mobil Toyota Corolla Hatchback diharapkan mampu bersaing dengan produk mobil mewah lainnya, seperti VW Golf maupun Ford Focus. Desain mobil Toyota ini sepintas sangat mirip dengan Auris. Perbedaanya tampak pada desain kaca belakang dekat pilar C. Selain itu, dimensi kaca belakang juga agak disusutkan, sehingga tampak lebih kecil.

Corolla sedan terbaik masa kini, terus melakukan pembaruan dan inovasi teknologinya.

ARTIKEL POPULER