PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER (HARDWARE DAN SOFTWARE)

Perangkat Jaringan Komputer merupakan komponen atau peralatan yang diperlukan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dalam jaringan komunikasi data, baik dalam bentuk Peer to Peer, Local Area Network (LAN), maupun Internet. Berdasarkan jenisnya, komponen perangkat jaringan komputer tersebut terdiri dari dua macam, yaitu komponen hardware yang terdiri dari file server, workstation, media, node, serta Network Interface Card (NIC) dan komponen software, yaitu sistem operasi.

Jaringan Komputer Peer to Peer

Jaringan komputer Peer to Peer merupakan hubungan komunikasi dua komputer atau lebih,dimana dalam hubungan tersebut semua komputer berkedudukan sama. Dengan kata lain, setiap komputer bisa berkomunikasi secara mandiri tanpa pelayanan dari sebuah server. Tata laksana sistem komunikasi data ini diatur sepenuhnya oleh perangkat lunak yang digunakan.

Jaringan Komputer Local Area Network

LAN merupakan bentuk hubungan antar kamputer dalam jaringan terbatas, misalnya dalam satu gedung. Sistem ini bekerja secara hirarkis, artinya membutuhkan satu komputer sebagai pelayan yang dikenal dengan file server atau biasa disebut dengan istilah server.

Pengembangan sistem LAN ini dinamakan dengan MAN atau Medium Area Network, dimana kapasitas jaringan sudah lebih besar dibanding LAN, misalnya antar beberapa gedung. Pada area lebih luas lagi, biasa disebut dengan istilah WAN atau Wide Area Network.

Jaringan Komputer Internet




Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking yang merupakan sistem jaringan global di seluruh dunia. Jaringan ini sangat luas, tidak lagi mengenal jarak. Jika sebuah komputer sudah terhubung dengan jaringan internet, berarti sudah bisa terhubung dengan komputer lain di seluruh dunia. Standar koneksi antar satu komputer dengan komputer lain di Internet disebut TCP/IP.

File Server Sebagai Perangkat Jaringan Komputer

File Server merupakan komputer pengendali, pengawas, serta pelayan sejumlah komputer dalam suatu jaringan. Biasanya File Server bersifat dedicated, yaitu khusus digunakan oleh sistem pengendali. Oleh karena peran server sebagai pengendali begitu berat, sehingga dibutuhkan komputer dengan spesifikasi handal, jauh di atas komputer-komputer client. Dalam jaringan internet, perangkat File Server ini biasa disebut Proxy Server.

Workstation/Client Sebagai Perangkat Jaringan Komputer

Workstation atau dikenal juga dengan istilah Client, adalah sejumlah komputer yang terhubung serta dilayani oleh File Sever. Komputer-komputer ini merupakan komputer pekerja di bawah pengawasan dan pelayanan file server. Status sebagai client terjadi saat komputer tersebut dalam keadaan terhubung dalam jaringan. Sedangkan pada saat off-line ia akan menjadi komputer mandiri, bekerja secara utuh pada sumberdayanya sendiri.

Media Sebagai Perangkat Jaringan Komputer

Media merupakan alat dalam bentuk apapun, berperan sebagai penghubung antar komputer dalam suatu jaringan. Media dapat berupa kabel maupun gelombang. Media berupa kabel antara lain twisted pair, coaxial cable, fiber optic, maupun ISDN. Sementara media dalam bentuk gelombang misalnya gelombang radio, dan komunikasi via satelit.

Media perangkat jaringan komputer berupa Twisted Pair terdiri dari dua macam, yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) yaitu kabel tanpa pelindung dari rajutan kawat tembaga halus, dan STP (Shielded Twisted Pair) kabel berpelindung rajutan kawat tembaga.

Media perangkat jaringan komputer berupa Coaxial Cable memiliki fisik lebih kokoh dibanding Twisted Pair, memiliki kualitas lebih baik, serta mampu mendukung komunikasi data berkecepatan 30-100 Mbps.

Sementara itu, Fiber Optic merupakan perangkan jaringan sangat canggih tidak menggunakan teknologi elektris, tetapi menerapkan teknologi optis. Ketahanannya terhadap gangguan listrik dari luar sangat tinggi, selain itu, perangkat jaringan ini juga memiliki kemampuan unjuk kerja sangat tinggi, yaitu lebih dari 500 Mbps, serta jarak komunikasi data hingga mencapai 100 kilometer. Namun, harga fiber optic tergolong sangat mahal.

ISDN atau Integrated System Digital Network, merupakan pengembangan teknologi dengan memanfaatkan kabel telepon. Hanya saja jika kabel telepon biasa bekerja secara analog, ISDN sudah bekerja secara digital. Cara kerjanya pun cukup rumit. Dalam perkembangan teknologi internet, penggunakan teknologi ISDN sangat dibutuhkan.

Network Interface Card (NIC) Sebagai Perangkat Jaringan Komputer

Network Interface Card (NIC) atau Kartu Pengendali Komunikasi , bertugas melaksanakan semua prosedur komunikasi atau biasa disebut protokol, sehingga terjalin hubungan kerja yang baik antara perangkat keras pada suatu komputer dengan perangkat keras pada komputer lainnya.

Sistem Operasi Sebagai Perangkat Jaringan Komputer

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak penyelenggara sistem jaringan komputer. Tanpa Sistem Operasi maka semua perangkat terpasang tidak akan bisa bekerja, sehingga tujuan membangun sebuah jaringan menjadi gagal. Sistem Operasi juga memungkinkan sebuah jaringan berkomunikasi dengan jaringan lainnya. Dengan kata lain, Sistem Operasi dapat berperan sebagai penghubung antarjaringan.

ARTIKEL POPULER