RESEP MASAKAN IKAN

Resep Masakan Ikan – Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan protein. Bahkan kebanyakan ikan konsumsi, terutama ikan air tawar, memiliki kandungan kolesterol rendah. Tentu saja aman dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kolesterol. Resep masakan ikan, selain mudah dibuat, juga mudah mendapatkan bahan bakunya. Demikian juga dengan cita rasanya yang digemari masyarakat.

Pada artikel ini, kami akan menyajikan beberapa resep masakan ikan yang bisa dijadikan referansi bagi pembaca sekalian. Selain untuk melengkapi menu masakan di rumah agar lebih bervariasi, juga dapat digunakan sebagai menu tambahan pada usaha warung makan atau restoran. Resep masakan ikan ini merupakan kumpulan dari beberapa ahli masak yang cita rasanya cukup teruji.

Resep Masakan Ikan Pepes 1

Bahan yang diperlukan :
2 ekor ikan dengan berat kurang lebih 700 gram
4 lembar daun pisang batu
4 ikat daun kemangi, petik daunnya kemudian dicuci
10 batang daun bawang, potong dengan ukuran 3 cm
2 buah jeruk nipis

Bumbu :
10 buah bawang merah, iris tipis
2 buah bawang putih ukuran sedang, iris tipis
10 buah cabai merah keriting atau sesuai selera, iris tipis
4 ruas kunyit, iris tipis
4 ruas jahe, iris tipis
2 iris tipis lengkuas
20 buah cabai rawit atau sesuai selera, iris kecil-kecil
4 batang serai yang dipotong kecil-kecil
1 sendok teh asam
Garam halus secukupnya
2 iris gula merah
6 sendok makan minyak goreng bekas atau jelantah

Cara Membuat



Ikan dibersihkan, buang sisik, insang maupun isi perutnya. Kemudian lumuri dengan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Diamkan selama setengah jam agar aroma jeruk nipis meresap ke dalam tubuh ikan, setelah itu cuci kembali hingga bersih.

Ambil setengah bagian dari garam, asam, gula jawa atau gula merah, dan minyak jelantah. Lumuri ikan dengan bumbu-bumbu tersebut agar lebih meresap.

Ambil semua bumbu yang sudah disiapkan, tambahkan sisa setengah bagian dari garam, asam, gula jawa, dan minyak jelantah. Campur semua bahan tersebut hingga merata.

Masukkan campuran bumbu tersebut ke dalam perut dan kepala ikan secukupnya. Setengah dari sisa bumbu diletakkan di atas lembaran daun pisang batu yang telah dibersihkan sebelumnya. Letakkan ikan diatas bumbu tersebut, kemudian lumuri bagian atasnya dengan setengah dari sisa campuran bumbu. Bungkus menggunakan daun pisang batu, agar tidak terbuka, bisa dikunci dengan biting.

Panggang ikan yang sudah terbungkus daun pisang batu di atas bara hingga matang. Pemanggangan biasanya berlangsung selama kurang lebih 40 menit. Hidangkan pepes ikan tersebut selagi hangat dengan nasi putih hangat.

Selain cara tersebut, resep masakan ikan pepes juga bisa dibuat dengan cara lain. Berikut ini cara membuat pepes ikan vesrsi lainnya.

Resep Masakan Ikan Pepes 2

Bahan Yang Diperlukan :
2 ekor ikan masing-masing seberat satu kilogram
2 buah jeruk nipis yang diperas airnya
20 bawang merah
4 siung bawang putih
100 gram kemiri
4 cm kunyit
10 lembar daun salam
8 batang serai dikeprek
6 buah tomat ukuran sedang, disisir tipis-tipis
4 ikat daun kemangi, petik daunnya kemudian dicuci
Daun pisang untuk membungkus ikan
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Ikan dibersihkan, buang isi perutnya, sirip, dan sisiknya. Belah memanjang bagian bawah perut ikan. Setelah bersih, olesi ikan tersebut dengan air perasan jeruk nipis. Diampkan selama 15 menit agar bau amis hilang. Setelah itu, cuci kembali ikan hingga bersih.

Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan garam. Menghaluskan bumbu bisa menggunakan muthu dan cobek atau bisa juga diblender. Setelah halus, campurkan bumbu lain hingga merata.

Oleskan bumbu yang sudah siap dan tercampur rata pada bagian luar daging ikan dan sebagian sisanya dimasukkan ke dalam perut ikan. Diamkan selama 15 menit agar meresap ke dalam daging. Letakkan ikan di atas daun pisang, kemudian taburkan kemangi di atasnya. Bungkus hingga rapat menggunakan daun pisang tersebut. Gunakan penjepit dari biting. Kukus selama 30 menit, kemudian angkat, dan panggang menggunakan arang hingga airnya mengering. Pepes ikan siap dihidangkan.

Resep Masakan Ikan Pepes 3

Bahan Dan Bumbu yang diperlukan :
1 ekor ikan berat kurang lebih 350 gram
25 gram kemiri
5 gram kunyit
5 gram serai, potong kecil-kecil lalu dikeprek
5 gram bawang merah
5 gram bawang putih
2 lembar daun salam
3 gram ketumbar dan jinten
1 buah jeruk limau
Garam dan lada atau merica bubuk secukupnya
Daun pisang kluthuk

Cara Membuat :
Bersihkan ikan, belah bagian perutnya kemudian keluarkan semua kotorannya, buang sisik dan siripnya. Beri guratan pada kedua sisi tubuhnya agar bumbu lebih meresap.Tabur dan lumuri tubuh ikan menggunakan lada, garam, dan air perasan jeruk limau hingga merata.

Kemiri disangan atau digoreng tanpa minyak beberapa saat, kemudian haluskan bersama bersama bumbu lain dengan cara diulek menggunakan cobek. Tambahkan sedikit air kemudian masukkan daun salam dan daun serai. Panaskan hingga mendidih bumbu tersebut, kemudian angkat dan dinginkan.

Setelah dingin, lumuri ikan dengan bumbu tersebut, masukkan sisa bumbu pada bagian perut ikan. Kemudian bungkus menggunakan daun pisang kluthuk yang telah dibersihkan sebelumnya.

Panaskan pan, lumuri dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Setelah cukup panas, masukkan bungkusan ikan tersebut kemudian tutup rapat. Ikan harus sering dibolak-balik agar matang merata. Setelah cukup matang, angkat dan sajikan pepes ikan tersebut dalam keadaan panas dengan nasi putih panah. Lebih nikmat disajikan bersama sambal bawang atau sambal terasi.

Resep Masakan Ikan Kuah Super Pedas

Bahan Yang Diperlukan
I ekor ikan mas berukuran 1 kg
2 buah jeruk nipis, peras dan diambil airnya
2 sendok makan minyak zaitun
½ cm rimpang jahe, iris tipis-tipis
2 batang serai, potong-potong kemudian dikeprek atau dimemarkan
2 batang daun bawang, iris kecil-kecil
2 buah tomat, iris tipis memanjang
Garam dan air secukupnya

Bumbu
25 buah cabai rawit merah (lombok setan), iris kecil-kecil
6 butir bawang merah yang dihaluskan
2 siung bawang putih yang dihaluskan
2 cm kunyit yang dihaluskan

Cara Membuat
Bersihkan ikan, buang isi perut dan sisiknya, beri guratan pada bagian sisi tubuhnya agar bumbu meresap. Kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Panaskan minyak zaitun dengan api sedang, tumis semua bumbu, jahe, dan serai. Setelah mengeluarkan bau harum, masukkan semua bahan kecuali air. Diamkan beberapa saat sambil dibolak-balik. Masukkan air sampai ikan terendam, kemudian ditutup. Setelah mendidih dan ikan matang, kemudian diangkat dan sajikan dalam kondisi panas bersama nasi putih hangat.

Resep Masakan Ikan Santan Kacang Panjang

Bahan Yang Diperlukan
3 ekor ikan segar masing-masing kurang lebih 200 gram
1 buah jeruk nipis, peras dan diambil airnya
10 helai kacang panjang
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih ukuran sedang
8 buah cabai merah keriting
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 butir kelapa yang sudah tua, parut dan peras diambil santannya dengan 500 ml air
3 lembar daun jeruk purut
2 batang serai, potong kecil-kecil kemudian di keprek
1 lembar daun kunyit berukuran sedang
3 potong asam kandis
2 sendok makan air asam jawa

Cara Membuat
Cuci dan bersihkan ikan, buang isi perut dan sisi, kemudian buat guratan menggunakan pisau di bagian sisi tubuh ikan. Taburi dan oleskan garam dan air perasan jeruk nipis hingga merata ke seluruh tubuh ikan. Diamkan selama 15 menit agar bau amis hilang.

Gerus semua bumbu, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe, kunyit, garam secukupnya. Setelah itu, kacang panjang dipotong-potong dengan ukuran 6 cm.

Masukkan bumbu tersebut pada santan, tambahkan daun jeruk, serai, daun kunyit, asam kandis dan asam jawa. Panaskan dengan api sedang hingga mendidih, lalu masukkan ikan dan biarkan hingga ikan matang dan berubah warna. Setelah matang, masukkan kacang panjang, diamkan beberapa saat hingga kacang panjang agak layu. Lalu angkat dan sajikan hangat-hangat bersama nasi putih hangat. Lebih nikmat dengan sambal terasi.

Resep Masakan Ikan Oven

Bahan Yang Diperlukan
1 ekor ikan seberat 1 kg
2 siung bawang putih, haluskan
2 sendok makan air perasan jeruk nipis
Margarin secukupnya
1 batang serai, potong kecil-kecil kemudian dikeprek
2 buah tomat, potong tipis memanjang

Bumbu
10 butir bawang merah
½ ruas jari jahe emprit
20 cabai merah keriting
Garam secukupnya

Cara Membuat
Ikan dibersihkan, buang isi perut dan sisiknya, potong dengan ukuran sesuai selera, tabur dan lumuri hingga merata menggunakan air perasan jeruk nipis dan gerusan bawang putih. Diamkan selama 45 menit agar bumbu meresap.

Olesi pinggan tahan panas menggunakan margarine, kemudian masukkan ikan kedalamnya. Panggang dengan api sedang hingga ikan matang dan airnya mengering.

Haluskan semua bumbu, kemudian panaskan margarine dengan api sedang untuk menumis bumbu, hingga baunya harum. Masukkan serai dan tomat, aduk hingga merata dan diamkan hingga matang. Tuangkan bumbu tersebut di atas ikan yang telah dioven. Masakan siap dihidangkan, sebaiknya sajikan saat masih panas.

Resep Masakan Ikan Rujak

Resep masakan ikan ini pada dasarnya mengkombinasikan ikan bakar dan bumbu rujak. Berikut ini cara membuat resep masakan ikan rujak.
Bahan Yang Diperlukan:
2 ekor ikan berukuran kuran lebih 500 gram
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
7 butir kemiri
10 buah cabai merah keriting
½ jari kunyit
1 jari lengkuas
2 lembar daun jeruk nipis
1 batang serai, potong-potong kemudian dikeprek
Air asam dan terasi secukupnya
Garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Daun pisang secukupnya

Cara Membuat
Bersihkan ikan, buang isi perut dan sisiknya, buat guratan di bagian sisi tubuhnya agar bumbu lebih meresap.

Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk nipis dan serai, bisa diulek atau menggunakan blender. Tambahkan air asam, terasi, gula pasir, serai dan daun jeruk nipis. Oleskan bumbu ke seluruh tubuh ikan hingga merata, sisanya dimasukkan ke bagian perut. Bungkus ikan menggunakan daun pisang hingga rapat, kemudian dibakar di atas arang hingga matang. Masakan siap dihidangkan, sajikan saat masih panas.

ARTIKEL POPULER