PERTOLONGAN PERTAMA PADA KERACUNAN

Pertolongan Pertama pada Keracunan - Keracunan merupakan masalah vital yang membutuhkan waktu singkat dalam penangannannya. Keracunan dapat disebabkan oleh banyak hal, baik keracunan bahan kimia (termasuk pestisida) maupun keracunan makanan. Apapun penyebabnya, masalah keracunan harus segera diatasi. Pertolongan pertama perlu dilakukan untuk menolong penderita keracunan ini. Pertolongan Pertama Pada Keracunan yang akan saya uraikan di sini adalah keracunan yang disebabkan oleh alkohol, ammoniak, aspirin (acetosal), jodium, lysol, veronal, varium, kina, madat (candu), air keras, karbol, bensin, minyak tanah, insektisida, arsenicum (racun tikus), tempe bongkrek, jengkol, jamur, udang, daging atau ikan busuk, makanan.

Keracunan Alkohol

Pada penderita keracunan alkohol, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberinya minuman kopi pahit, mengusahakan penderita untuk memuntahkan isi perut, serta mendinginkan kepala dengan es batu.

Keracunan Ammoniak

Pertolongan pertama pada penderita keracunan ammoniak cukup dengan memberinya air putih yang telah dicampur dengan air jeruk atau cuka atau asam yang diperas.

Keracunan Aspirin (acetosal)




Usahakan penderita keracunan aspirin ini untuk muntah, dan berikan minuman air santan kelapa atau norit. Atau dapat juga diberikan air susu.

Keracunan Jodium

Usahakan penderita keracunan jodium ini untuk muntah, dan kemudian berikan minuman air tepung beras.

Keracunan Lysol

Berbeda dengan pemberian pertolongan pada penderita lainnya, pertolongan pertama keracunan lysol ini diusahakan untuk tidak muntah, serta diberikan minuman santan kelapa, atau minyak kelapa. atau dapat juga diberikan susu.

Keracunan Veronal, Varium

Penderita keracunan veronal, verium dan sejenisnya diberi minum air putih sebanyak-banyaknya, harus diusahakan untuk muntah-muntah, kemudian berikan norit serta garam inggris. Pemberian garam inggris tersebut bertujuan untuk mencuci perut.

Keracunan Kina

Penderita keracunan kina dapat ditolong dengan memberinya norit, mengusahakan untuk muntah, serta mencuci perutnya menggunakan garam inggris.

Keracunan Madat (Candu)

Usahakan untuk muntah dalam memerikan pertolongan pada penderita keracunan candu (madat). Selain itu juga beri minuman kopi pahit dan berikan napas buatan jika napas terlihat berhenti.

Keracunan Air Keras, Karbol

Siapkan air susu sebanyak-banyaknya untuk menolong keracunan air keras atau karbol, kemudian berikan tablet kapur. Namun jika tidak ada susu dalam jumlah banyak dapat diberikan air putih sebanyak-banyaknya. Setelah itu cuci perut penderita menggunakan garam inggris.

Keracunan Bensin, Minyak Tanah

Keracunan bensin atau minyak tanah dapat dengan memberinya minuman susu, santan kelapa, norit dan minuman kopi pahit.

Keracunan Insektisida

Pada penderita keracunan insektisida, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengusahakan penderita untuk muntah, meminumkan susu atau santan kelapa, memberinya norit, serta mencuci isi perut dengan garam inggris. Atau dapat juga dengan memberi minuman air kelapa hijau dicampur garam secukupnya.

Keracunan Arsenicum (Racun Tikus)

Seperti halnya keracunan aspirin, penderitan keracunan arsenicum (racun tikus) dapat ditolong dengan mengusahakan penderita keracunan arsenicum (racun tikus) ini untuk muntah, lau berikan minuman air santan kelapa atau norit. Atau dapat juga diberikan air susu.

Keracunan Tempe Bongkrek

Pada penderita keracunan tempe bongkrek dapat ditolong dengan beberapa cara, yaitu dengan memberinya norit dan minyak kelapa untuk cuci perut, memberi minuman kopi pahit hangat, minuman santan kelapa yang dilanjutkan dengan minum air kelapa muda hijau, memberi minuman ramuan dari rumput jarum yang telah direbus, atau dapat juga diberi minuman hangat arang kayu yang telah dicampur madu.

Keracunan Jengkol

Penderita keracunan jengkol juga dapat ditolong dengan beberapa cara, diantaranya dengan memberi norit dan air perasan daun kaki kuda atau daun belimbing muda, memakan daun genjer atau daun labu sebagai lalapan, ramuan hangat arang kayu jati, atau perasan buah pepaya muda yang telah diberi garam secukupnya, minuman kopi dicampur putih telur dan madu.

Keracunan Jamur

Beberapa cara untuk mengatasi keracunan jamur, diantaranya memberi minuman telur ayam yang telah dikocok untuk memuntahkannya dan dilanjutkan dengan pemberian minuman air kelapa muda atau santan kelapa, minuman ramuan dari rumput jarum yang telah direbus dan diberi madu, atau perasan bidara upas ditambah santan kelapa dan telah ditambah madu murni.

Keracunan Singkong

Minuman air kelapa hijau sebanyak-banyaknya dicampur garam dapur secukupnya dapat menetralkan racun akibat makan singkong. Biasanya singkong ini berjenis singkong gadung atau kara (terutama kara bengkuk). Selain itu dapat juga dengan mencampur air kelapa hijau dengan gula aren atau gula kelapa.

Keracunan Udang

Ada tiga cara untuk menolong masalah ini, yaitu dengan meminumkan ramuan dari bawang putih dan jinten yang telah diperas menggunakan santan kelapa dan ditambahkan madu murni, ramuan air kelapa muda dicampur minyak kelapa dan madu murni, memberi minuman sampai kenyang dari ramuan telur ayam yang telah dikocok untuk memuntahkannya (dapat juga susu sapi mentah) dan dilanjutkan dengan pemberian minuman air kelapa muda atau dapat juga dengan ramuan perasan bonggol pisang ditambah garam secukupnya.

Keracunan Daging atau Ikan Busuk

Cara mengatasi keracunan daging atau ikan busuk adalah dengan memberinya minuman santan kelapa kental yang disusul minum air kelapa hijau. Pada air kelapa hijau dapat juga ditambahkan 20 gr bolusalba (kaolin).

Keracunan Makanan

Beberapa cara mengatasi keracuanan makanan, diantaranya adalah dengan membuat pasien muntah dan memberinya norit, menyuruh penderita makan buah kelapa dan gula merah, memberi minuman santan kelapa, atau ramuan akar kayu urip dan akar kayu ules yang telah direbus terlebih dahulu.

ARTIKEL POPULER