HP ANDROID MURAH, ALCATEL ONE TOUCH D920, BAGAIMANA PERFORMANYA?

Rupanya smartfren mulai gencar bermain dalam teknologi komunikasi. Hal ini terlihat dari peluncuran beberapa produk yang ikut meramaikan persaingan pada segmen smartphone. Kali ini Smartfren meluncurkan produk dengan paket bundling, HP Android murah dengan tipe keluarannya Alcatel One Touch D920. Produk yang dirancang untuk menggerus segmen pengguna low end tersebut ditawarkan dengan harga di bawah 1.8 jutaan. Paket bundling yang disertakan juga cukup menggiurkan konsumen. Beberapa perusahaan telekomunikasi asal negeri tirai bambu juga digaet untuk mendukung kesuksesan peluncuran produk tersebut, diantaranya adalah Alcatel, Huawei, dan Hisense. Kerjasama dengan beberapa produsen ponsel dari China tersebut telah melahirkan ponsel Android murah dengan kemampuan dan kapasitas kinerja setara dengan ponsel-ponsel Android kelas menengah. Bagaimana review ponsel Android murah ini? Mari kita lihat.

Seperti halnya ponsel-ponsel besutan China pada umumnya, desain body Alcatel One Touch D920 ini juga banyak terbuat dari bahan plastik. Bentuk body nya terbilang cukup unik, bagian bawah ponsel ini agak menipis, sehingga mirip dengan bentuk desain Xperia Go. Memiliki panjang 147 mm, lebar 78 mm dan ketebalan 10 mm.

Bagian samping bodi dikelilingi oleh sejumlah port koneksi dan beberapa panel kontrol, diantaranya adalah port audio, port micro USB, tombol power/lock screen, lubang mic, dan volume rocker. Sedangkan kamera utama diletakkan pada bagian belakang berdampingan dengan LED flash dan loudspeaker. Sementara untuk slot RUM, SIM card, dan microSD terletak pada bagian dalam, sehingga Anda harus membuka cover bagian belakang terlebih dahulu dengan mencongkel pada lubang kecil yang sudah disediakan.



Sebagai ponsel Android murah, Alcatel One Touch D920 ini telah didukung dengan seperangkat hardware dengan spesifikasi yang cukup handal. Setidaknya jika dibanding dengan ponsel-ponsel besutan vendor lokal, Alcatel lebih unggul, terutama dengan menggunakan prosesor keluaran Qualcomm Snapdragon seri MSM8625QRD5 yang memiliki stabilitas kinerja cukup bagus.

Dibekali dengan dua pilihan jaringan, CDMA-GSM dengan dua slot SIM Card. Kedua mode tersebut bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan SMS. Untuk slok CDMA (RUIM) telah mendukung jaringan CDMA 2000 1x EVDO Rev. A yang memiliki kecepatan setara dengan jaringan 3G. Sementara itu, untuk slot SIM Card GSM hanya mendukung jaringan 2G/EDGE/GPRS.Hal yang menarik dari ponsel Android dual SIM ini, pada slot CDMA tidak dilock untuk kartu Smartfren, padahal ponsel ini merupakan besutan dari operator CDMA, Smartfren. Selain itu, ponsel ini juga dijual dengan paket bundling Smartfren dengan bonus volume data 24 GB selama 12 bulan. Bonus 24 GB tersebut diberikan setiap pengisian ulang 50 ribu rupiah sebesar 2 GB. Sehingga untuk 12 kali pengisian dalam satu tahun mendapatkan bonus data sebesar 24 GB.

Dimensi
147 x 78 x 10 mm.
Hardware
Prosesor Dual Core 1.2 GHz, Qualcomm Snapdragon seri MSM8625QRD5, GPU Adreno 203, RAM 767 MB, memori internal 4 GB, memori eksternal microSD up to 32 GB. Baterai Li-Ion 1000 mAh.
Sistem operasi
Android v4.1.2 Jelly Bean.
Display
Layar TFT Capacitive, ukuran 5 inches, resolusi 480 x 800 piksel WVGA, 5 point multitouch.
Kamera, Video, dan Multimedia
Kamera utama 5 MP, auto focus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, ISO, Eksposure Mode, Macro, Redeye Reduction, HDR. Kamera sekunder 1.3 MP. Video recorder 720p. Music player, radio FM, video player, gudang music, viki, Ucam Picture Editor.
Jaringan dan Konektivitas
Dual On CDMA-GSM, CDMA 2000 1x EVDO Rev. A, Quad band GSM, GPRS, EDGE, Wi-Fi 802. 11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, Bluetooth Tethering, Micro USB v2.0, USB Tethering, GPS.

ARTIKEL POPULER