APLIKASI ANDROID SEMAKIN MELEMAHKAN KINERJA PONSEL ANDA?

Banyak penggemar ponsel berbasis Android yang dibuat kesal dengan melemahnya kinerja ponsel akibat terlalu banyaknya aplikasi Android yang diinstal. Pada dasarnya, kinerja ponsel Android akan melemah jika terlalu banyak membuka aplikasi pada saat yang bersamaan. Namun, tidak sedikit pula yang membuka hanya satu atau dua aplikasi tetapi kinerja ponselnya semakin lelet. Perlu untuk diketahui, jika Anda terlalu banyak menginstal aplikasi ke dalam ponsel Android maka akan berakibat berjalannya backgroud proses meskipun aplikasi tersebut tidak dibuka. Jika aplikasi Android yang Anda masukkan terlalu banyak, maka background proses yang berjalan juga banyak, sehingga akan membuat kinerja ponsel Anda menjadi lambat. Selain itu, banyaknya background proses yang berjalan juga akan mengurangi daya baterai. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi persoalan tersebut? Mari kita lihat beberapa tips yang barangkali dapat membantu Anda mengatasi aplikasi Android yang memperlambat kinerja ponsel.

Cara yang paling praktis untuk mengatasi aplikasi Android yang memperlambat kinerja ponsel Anda adalah dengan membuang aplikasi-aplikasi tersebut. Lakukan uninstall terhadap aplikasi yang sudah tidak terpakai. Untuk mempercepat proses uninstal terhadap aplikasi Android bisa dilakukan dengan menggunakan software uninstaller, misalnya program Uninstall Master. Jika menggunakan program Uninstall Master, beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:



  1. Download dan instal program Uninstall Master. Anda bisa browsing untuk menemukan software uninstaller tersebut.
  2. Setelah Uninstall Master terpasang pada ponsel Anda, maka segera jalankan dan buka aplikasi Uninstall Master.
  3. Kemudia pada jendela Uninstall Master, pilih aplikasi Android yang akan dihapus atau sudah tidak digunakan lagi.
  4. Langkah berikutnya adalah konfirmasi penghapusan aplikasi telah dipilih dengan mengklik uninstall.
  5. Akan muncuk jendela baru yang menawarkan untuk memindah aplikasi ke recycle bin. Jika Anda menghendaki untuk memindahkannya ke Recycle Bin, dengan tujuan aplikasi tersebut suatu saat dapat dimasukkan kembali (reinstall) maka berikan tanda centang pada kotak disebelah kiri pertanyaan tersebut, lalu klik OK.
  6. Proses uninstalasi sedang berjalan, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  7. Pada tahap selanjutnya akan muncul kotak dialog Superuser Request yang meminta untuk memberikan ijin agar proses penghapusan bisa dilanjutkan. Pada kotak dialog ini klik Allow. Satu hal yang perlu untuk diketahui, bahwa proses penghapusan aplikasi yang memerintahkan Move to recycle Bin, membutuhkan rooting ponsel Anda terlebih dahulu sebelum melakukan uninstalasi. Cara paling mudah untuk melakukan rooting pada ponsel Anda adalah menggunakan UnlockRoot program. Anda bisa browsing untuk mendapatkan softwarenya. Dengan melakukan Rooting, Anda memiliki kebebasan untuk masuk ke dalam sistem operasi Android Anda. Dengan memiliki aksek masuk ke dalam sistem, Anda bisa mengatur segala sesuatu, misalnya menambah, mengurangi atau mengubah file atau data-data yang dalam kondisi default (belum di Root) tidak bisa diakses.
  8. Langkah terakhir adalah konfirmasi bahwa proses uninstalasi selesai, Anda tinggal klik OK untuk menyelesaikannya.

Sekarang proses penghapusan aplikasi Android telah selesai, silahkan dicoba menjalankan aplikasi lain pada ponsel Anda. Amati kinerjanya, apakah sudah lebih cepat? Tentu saja. Jika Anda menghendaki aplikasi Android yang telah dihapus akan diinstal kembali, maka tinggal masuk ke Tab Recycle Bin, kemudian pilih aplikasi yang dikehendaki dan klik restore.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan, semoga dengan informasi kecil ini dapat membantu Anda mengatasi kendala ponsel yang melambat. Salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER