KRITERIA BIBIT CABAI UNGGUL

Untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas produksi yang tinggi dalam usaha budidaya cabai, maka salah satu upaya perbaikan dalam teknik budidaya adalah dengan pemilihan varietas unggul. Bibit cabai yang memenuhi kriteria sebagai bibit unggul akan menghasilkan produksi lebih baik dibanding dengan menggunakan bibit cabai dari varietas biasa. Tanaman cabai yang memiliki sifat unggul adalah tanaman yang produktifitasnya tinggi, tahan serangan hama penyakit, masa berbuah cepat, frekuensi pemanenan lebih tinggi, memiliki bentuk seragam, dan memiliki daya simpan yang lama.

Lihat Mengenal Tanaman Cabai


Bibit cabai unggul memiliki produktifitas tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap buah cabai yang terus meningkat, serta untuk meningkatkan efisiensi penggunaan lahan, maka dibutuhkan teknik budidaya cabe secara intensif, salah satunya adalah dengan penggunaan bibit cabai unggul yang memiliki produktifitas tinggi. Dengan pendekatan ini, diharapkan dalam areal budidaya yang sempit bisa dihasilkan produksi buah cabai yang tinggi. Hal ini tentu saja bisa diterapkan pada penanaman cabai yang dilakukan di pekarangan-pekarangan rumah, meskipun hanya bersifat hobi, atau hanya bersifat untuk memenuhi skala kebutuhan rumah tangga, namun jika menggunakan bibit cabai unggul dengan produktifitas tinggi maka hasil yang akan diperoleh juga tinggi.

Bibit cabai unggul memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan OPT




Tanaman cabai merupakan tanaman rentan terhadap serangan hama penyakit atau organisme pengganggu tanaman (OPT). Bahkan tidak sedikit areal pertanaman cabai hancur terserang hama maupun penyakit. Oleh karena itu, penggunaan bibit cabai unggul yang memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan hama penyakit akan memperkecil biaya produksi, terutama biaya terhadap kebutuhan pestisida, dan akan lebih berpeluang menghasilkan tanaman sehat, sehingga produktifitas tanaman akan tetap stabil.

Bibit cabai unggul memiliki umur panen pendek

Selain ketahanan terhadap serangan hama maupun penyakit, keberhasilan budidaya cabai juga bisa dipengaruhi oleh faktor umur panen. Tanaman cabai dengan umur panen lebih panjang akan memiliki resiko terserang hama dan penyakit lebih besar dibanding dengan tanaman cabai yang memiliki umur panen pendek (genjah). Selain itu, tanaman cabai dengan umur panen panjang juga akan lebih banyak membutuhkan pemeliharaan, sehingga biaya pemeliharaan semakin meningkat. Umur panen tanaman cabai selain dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, juga dipengaruhi oleh faktor genetik bibit cabai yang digunakan. Tanaman cabai yang ditanam di dataran rendah memiliki umur panen lebih pendek dibanding dengan tanaman cabai yang ditanam di dataran tinggi. Penggunaan bibit cabai unggul dengan umur panen pendek atau genjah, dapat meningkatkan peluang keberhasilan budidaya.

Bibit cabai unggul memiliki frekuensi pemanenan lebih tinggi

Jika frekuensi pemanenan bisa lebih tinggi maka peluang petani untuk mendapatkan hasil tinggi samakin terbuka. Faktor yang mempengaruhi frekuensi pemanenan diantaranya adalah keseragaman tingkat pemasakan buah, lokasi penanaman, perlakuan pemupukan atau penggunaan hormon tumbuhan (ZPT), dan pengendalian hama penyakit tanaman cabe. Bibit cabai unggul yang memiliki ketahanan terhadap serangan hama penyakit akan memiliki peluang untuk dipanen lebih lama. Dengan demikian produktifitas tanaman cabai tetap tinggi.

Bibit cabai unggul memiliki keseragaman bentuk tinggi

Keseragaman bentuk akan mempengaruhi permintaan konsumen terhadap buah cabai yang bersangkutan. Cabai yang memiliki keseragaman bentuk bervariasi biasanya lebih tidak disukai konsumen. Sehingga penggunaan bibit cabai unggul dengan keseragaman bentuk tinggi akan meningkatkan daya serap konsumen terhadap buah cabai. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan harga jual akan lebih terbuka.

Bibit cabai unggul memiliki daya simpan lebih lama

Buah cabai yang memiliki daya simpan lama akan lebih digemari konsumen dari pada buah cabai berdaya simpan pendek. Selain itu, penggunaan bibit cabai unggul dengan daya simpan lebih lama akan berpengaruh pada peningkatan harga jual buah cabai hasil panen. Dengan demikian, peluang petani untuk mendapatkan tambahan keuntungan juga lebih tinggi.

ARTIKEL POPULER