TIPS MEMILIH DAN MEMBELI MOBIL BEKAS

Memilih dan membeli mobil bekas harus dilakukan dengan teliti. Salah-salah kita malah memperoleh mobil bekas yang sering keluar masuk bengkel gara-gara kondisinya kurang baik. Oleh karena itu, dalam memilih dan membeli mobil bekas harus menetapkan parameter-parameter atau kriteria standar mobil yang akan kita beli. Lalu, apa saja dan bagaimana menetapkan kriteria mobil yang masih layak? Dan bagaimana cara memilih atau membeli mobil bekas? Berikut ini kami sajikan sedikit ulasan yang bisa digunakan sebagai patokan dalam memilih atau membeli mobil bekas.

Tetapkan Tujuan Sebelum Membeli mobil bekas

Sebelum memilih atau membeli mobil bekas, sebaiknya Anda menentukan tujuan membeli mobil bekas tersebut. Apakah mobil bekas yang akan kita beli untuk kegiatan bisnis, mobil keluarga, atau bahkan mobil angkutan barang. Pastikan bahwa Anda telah menetapkan tujuan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya, sehingga pada saat kita memilih mobil bekas tersebut, sudah ada gambaran sebelumnya. Mobil apa yang akan kita pilih? Selain menentukan jenis juga harus disesuaikan dengan keadaan keuangan atau faktor finansial Anda. Setelah Anda menetapkan tujuan untuk membeli mobil bekas dan telah menentukan jenis mobil yang disesuaikan dengan keadaan keuangan, maka langkah selanjutnya sangat membutuhkan ketelitian dan kepintaran Anda dalam membeli mobil bekas.

Kumpulkan Informasi Harga Mobil Bekas




Setelah memutuskan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial, sebaiknya Anda melakukan pengumpulan informasi mengenai harga mobil bekas terlebih dahulu sebelum melakukan survey pencarian terhadap tipe atau jeni mobil yang dikehendaki. Harga mobil bekas sangat bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah permintaan konsumen terhadap suatu jenis mobil bekas, umur mobil bekas, kondisi fisik maupun mesin mobil bekas, dan minat konsumen terhadap mobil bekas yang bersangkutan. Pengumpulan informasi harga mobil bekas akan membantu dalam melakukan estimasi penawaran terhadap mobil bekas yang dijual. Setelah memperoleh beragam informasi mengenai harga mobil bekas, Anda baru melakukan pencarian mobil yang dikehendaki.

Tanyakan Kelengkapan Surat-Surat Saat Membeli Mobil Bekas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas atau memeriksa seberapa jauh kondisi mobil bekas, sebaiknya Anda tanyakan dulu kelengkapan surat-suratnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pembelian mobil bekas yang diperoleh dengan cara tidak benar. Tentu saja untuk menghindari terjadinya resiko Anda terlibat sebagai penadah, jika mobil yang akan dijual adalah hasil curian atau penggelapan atau tidak kejahatan lain. Beberapa surat penting yang harusnya tersedia saat membeli mobil bekas adalah BPKB, Faktur, dan STNK. Periksa surat-surat tersebut, apakah sudah sesuai dengan kondisi mobil yang ditawarkan atau belum. Pemeriksaan bisa dilakukan pada nomor rangka dan nomor mesin. Nomor rangka dan nomor mesin harus sesuai antara yang tertera pada BPKB dan rangka maupun mesin mobil. Faktur pembelian mobil bekas yang bersangkutan juga harus ada, hal ini bertujuan untuk menghindari pembelian mobil bekas dengan BPKB palsu. Jika Anda terjebak membeli mobil bekas dengan BPKB palsu, akan beresiko tersangkut dengan tindak pidana. Hal ini tidak jarang terjadi pada seseorang yang membeli mobil bekas tetapi tidak mengetahui kelengkapan surat-surat yang harus tersedia. Pemeriksaan surat selanjutnya adalah STNK. Periksa pada bagian tanggal masa berlaku STNK serta pajak. Usahakan untuk membeli mobil dengan STNK yang masih berlaku dan pajak yang harus dibayarkan tidak terlambat. Bila perlu, periksalah surat-surat tersebut ke Samsat terdekat.

Pemeriksaan Kondisi Fisik Mobil Bekas Yang Akan Dibeli

Setelah pemeriksaan surat-surat selesai, Anda baru memeriksa sejauh mana kondisi mobil bekas yang ditawarkan atau yang akan dibeli. Beberapa hal penting harus dilakukan untuk memeriksa kondisi mobil bekas tersebut. Beberapa parameter standar yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam memilih mobil bekas diantaranya adalah Menentukan Standar Body Mobil Bekas, Menentukan Standar Kondisi Kaki Mobil Bekas, dan Menentukan Standar Mesin Mobil Bekas.

Ketelitian Dan Kecermatan Memeriksa Kondisi Mobil Bekas

Body mobil bekas yang masih baik tentu saja akan memberikan penampilan dan kenyamanan bagi penggunanya. Anda tentu tidak akan nyaman jika mengendarai mobil dengan suara yang berisik. Selain itu, body mobil yang masih baik akan memberikan prestis tersendiri bagi pengendaranya, apalagi jika Anda masih muda, tentu membutuhkan penampilan mobil yang oke. Oleh karena itu, bodi mobil yang baik menjadi parameter penting dalam memilih mobil bekas. Begitu juga untuk kaki mobil, jika Anda mengendarai mobil yang memiliki kaki tidak sehat, maka bukan saja akan mengurangi kenyamanan Anda, tetapi juga akan beresiko bagi pengendara atau penumpangnya. Hal ini juga belaku bagi mesin mobil. Anda tentu akan berkali-kali keluar masuk bengkel jika membeli mobil dengan kondisi mesin yang sudah tidak sehat. Dengan demikian, ketiga parameter tersebut harus terpenuhi, sehingga mobil bekas yang Anda beli akan memberikan manfaat yang besar.

Sebagai pertimbangan juga dalam membeli mobil bekas, ada baiknya Anda menyisakan anggaran sekitar 10% untuk cadangan perawatan setelah mobil tersebut di tangan Anda. Demikian informasi yang bisa kami sajikan. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.

ARTIKEL POPULER