MENGENAL TEKNOLOGI HDMI (HIGH DEFINITION MULTIMEDIA INTERFACE)

Bayak perangkat-perangkat smartphone dan tablet canggih yang sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi HDMI (High Definition Mulitmedia Interface). Fitur tersebut kini menjadi sangat populer di kalangan penggemar teknologi. Kehadiran teknologi HDMI memberikan kenyamanan bagi para pengguna smartphone dan tablet canggih dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengalihkan tampilan pada perangkat tersebut ke layar HDTV.

Mengenal lebih dekat fitur HDMI

HDMI merupakan sebutan yang ditujukan untuk perangkat antarmuka yang disebut High Definition Mulitmedia Interface. Perangkat tersebut merupakan teknologi yang dikembangkan untuk menghubungkan peralatan High-Definition (HD) pada HDTV, seperti LCD dan LED TV ke perangkat-perangkat yang lebih kecil seperti, kamera, camcorder, tablet, smartphone, serta semua perangkat yang kompatible dengan signal HD.

Sebagai fitur standar dalam berbagai perangkat elektronik, HDMI telah memiliki spesifikasi yang dilisensi oleh lebih dari 1.200 perusahaan. Dengan keunggulannya, teknologi HDMI mampu memberikan performa yang sangat jernih, baik dalam bentuk digital audio maupun video hanya menggunakan kabel tunggal. Terasa kurang lengkap jika perangkat elektronik tidak dilengkapi dengan fitur yang mampu mengemas fungsi kabel sekaligus menyediakan kenyamanan dan kepuasan bagi penggunanya. HDMI kini menjadi sebuah standar yang harus tersedia pada berbagai perangkat elektronik, karena fitur yang satu ini mampu berperan sebagai transmiter HDTV ATSC serta mendukung 8 chanel, 192 kHz, digital audio kompresi, dan semua format kompresi.

Teknologi HDMI dan Teknologi Analog




Dibandingkan dengan perangkat antarmuka analog, teknologi HDMI memiliki beberapa keunggulan. HDMI tidak memerlukan proses konversi digital seperti pada perangkat analog, sehingga ia mampu menyediakan kualitas yang terbaik. Dengan kulitas tampilan yang baik dan resolusi tinggi, 1080p, HDMI mampu menampilkan video yang jernih dan dapat meminimalkan cahaya yang berlebihan. Selain itu, teknologi ini telah didesign sedemikian rupa, sehingga mampu meminimalisir kompleksitas kabel pada perangkat elektronik karena dalam teknologi HDMI telah digabungkan interface audio video dan multichanel ke dalam sebuah kabel tunggal. Hal ini tentu sangat memudahkan pengguna dalam aplikasinya.

Keunggulan lain pada teknologi HDMI adalah kemampunannya dalam mendukung sistem komunikasi dua arah, antara sumber video dengan HDTV, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi secara otomatis dan fasilitas one touch play. Dalam menyediakan kenyamanan pada pengguna perangkat elektronik, kecanggihan teknologi interface HDMI juga dilengkapi dengan kemampuannya untuk mendukung HDCP yang memiliki akses ke HD premium, dengan demikian, HDMI sekaligus berperang sebagai sebuah perangkat interface yang mendukung HD content-ready.

Versi Keluaran Teknologi HDMI

HDMI 1.1

Perangkat HDMI versi 1.1 didesain untuk mendukung aplikasi pada Audio DVD.

HDMI 1.2

Perangkat ini dibuat untuk melengkapi fungsi HDMI versi 1.1 dengan beberapa fitur tambahan. Modifikasi yang dikembangkan pada HDMI versi 1.2 terutama dengan melengkapi teknologi yang mampu mendukung format One Bit Video, seperti pada Super Audio DSD (Direct Streaming Digital).

HDMI 1.3

Modifikasi dan kemajuan teknologi yang terus dikembangkan telah melahirkan generasi HDMI versi 1.3. Peningkatan single bandwidth hingga mencapai 340MHZ (10,2 Gbps) menjadikan perangkat interface ini mampu mendukung perangkat HD canggih, dengan tampilan resolusi yang lebih tinggi, dengan kemampuannya mendukung kedalaman warna 10-bit, 12-bit, dan 16-bit (RGB maupunYCbCr), dan frame rate yang tinggi. Dengan dilengkapi mini konektor, HDMI ini mampu mendukung koneksi untuk perangkat-perangkat kecil, seperti camcorder HD dan kamera, sehingga pengguna dapat mengaplikasikan konektivitas tanpa batas. Mengembangkan versi pendahulunya yang mampu mendukung digital audio terkompresi dan format Dolby®Digital dan DTS®, HDMI versi 1.3 memiliki kemampuan untuk mengkompresi format audio digital Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio™.

HDMI 1.4

Perangkat interface yang dirilis pada tanggal 28 Mei 2009 ini meningkatkan resolusinya hingga 3840 x 2160p (Quad HD) pada 24 Hz/30 Hz atau 4096 x 2160p pada 24 Hz, yang merupakan resolusi pada teaer digital. Pengguna juga dapat berbagi koneksi internet antara dua perangkat HDMI yang terhubung, karena fitur pada HDMI versi 1.4 memiliki kemampuan untuk melakukan konensi 100 Mbit/s. Berbekal pada kemampuan tersebut, HDMI versi 1.4 support dengan teknologi Audio Return Channel (ARC). Dengan demikian HDMI versi 1.4 dapat berberan sebagai ethernet channel atau sering juga disebut HDMI Ethernet Channel (HEC).

HDMI 1.4a

HDMI 1.4a melengkapi fiturnya dengan dua tambahan format 3D wajib untuk isi siaran. Perangkat digital interface yang satu ini dirilis pada tanggal 4 Maret 2010.

ARTIKEL POPULER